sign up SIGN UP

FASHION

Tren Fashion 2021: Desain Minimalis dan Warna Ceria Mendominasi, Pengaruh dari Tren New Normal 2020

Nisrina Salsabila | Kamis, 10 Dec 2020 10:00 WIB
Tren Fashion 2021: Desain Minimalis dan Warna Ceria Mendominasi, Pengaruh dari Tren New Normal 2020
caption
Jakarta -

Memasuki penghujung tahun 2020, para pelaku industri fashion segera bersiap untuk menghadirkan koleksi-koleksi terbaru mereka yang sesuai dengan tren fashion 2021. Tak dipungkiri, adanya pandemi di tahun ini telah mempengaruhi minat masyarakat dan haluan tren fashion 2021. Buktinya saja, pada pagelaran Jakarta Fashion Week 2021 kemarin, koleksi yang ditampilkan kebanyakan adalah baju berdesain sederhana namun tetap nyaman dipakai.

Meski nantinya fashion item baru akan terus bertambah, tapi untuk saat ini setidaknya ada beberapa tren yang diprediksi akan memenuhi 2021. Diantaranya berlanjut dan berkembang dari tren fashion 2020, dengan bahan yang lebih nyaman dan desain yang fleksibel.  

Pantone Warna 2021

tren fashion 2021
Tren pantone 2021/Foto: Pinterest/@realsimple, @bommerri1, @pantone

Tren 2020 yang akan terus mendominasi di tahun depan adalah penggunaan warna monokrom, tone warna netral, juga pastel. Contohnya seperti lilac, lavender, mint, hijau lumut, olive, camel, kuning, burnt orange, dan biru langit. Setelah banyaknya dinamika yang kita alami sepanjang tahun 2020, hal-hal minimalis adalah yang kita inginkan dan pilihan warna-warna cerah dinilai dapat memberikan kenyamanan tinggi. 

Outerwear

tren fashion 2021
Outerwear yang hits 2021/Foto: Pinterest/@footwearnews, @dailymail, @marieclaire

Trench coat, cardigan, dan leather jacket menjadi outerwear/luaran yang dominan pada koleksi autumn/winter 2020. Tren 2021, outerwear masih menjadi fashion item andalan lantaran bisa di-mix and match berkali-kali dengan fashion item lainnya untuk acara santai hingga formal.

Selain itu, outer dijadikan solusi tepat untuk meng-cover pakaian yang lebih minim. Tren oversized boyfriend blazer dengan bantalan bahu yang terinspirasi tahun 80-an mampu ciptakan siluet yang membuatmu tampak lebih jenjang. Kombinasikan dengan trouser atau celana bermuda untuk mendapatkan tampilan yang effortlessly chic.

Motif Bold

tren fashion 2021
Motif bold seperti polka dot/Foto: https://misguidedus.com/Pinterest/instyle

Bold print dan bold motives seperti polka dot kembali hype di tahun 2021. Motif polka dot ini diprediksi akan muncul sesuai dengan pantone warna 2021 sebagai ekspresi meringankan suasana hati dan mengingatkan kita untuk tetap semangat menghadapi hari. Kamu bisa padukan polka dot short jumpsuit, oversized denim jacket sebagai outer, dan boots untuk menghasilkan casual look.

One Set

tren fashion 2021
Busana one set masih mendominasi tren 2021/Foto: Instagram/mirach.studio/dwihandaanda/sanskerta___

Masa pandemi menuntut kita untuk lebih kreatif dalam mix and match pakaian rumah yang bisa kita kenakan untuk keluar rumah, maupun sebaliknya. Set piyama berbagai motif sampai dress rumahan dengan desain sederhana yang cantik menjadi fashion item yang banyak dicari di tahun 2020. Kebiasaan dan tren mode indoor-outdoor fashion masih akan eksis di tahun 2021.

Apabila baju rumahan/homewear sekarang desain cutting lehernya benar-benar seperti piyama, maka ke depannya akan ada modifikasi detail dan cutting pada bagian kerah, lengan atasan, dan celana. Intinya, homewear nantinya akan diubah menjadi look yang high fashion.

Statement Accessories

tren fashion 2021
Tren aksesori 2021 untuk membantu menonjolkan tampilan/Foto: https://rover.ebay.com/Pinterest: @mangofashion, @popsugar, @whowhatwear, @StyleByJ9, @ShopAtForest

Aksesori yang lebih playful mampu menyeimbangkan preferensi pakaian yang lebih minimalis. Fringe bag dengan rumbai yang panjang akan cocok dikenakan untuk hampir semua acara, sekaligus memberikan statement yang berani.

Aksesori lainnya yang akan hadir di tahun 2021 antara lain knee high boots putih, baguette bag warna pastel, headscarf sutra bermotif bunga, pola rumit, atau warna bold, serta aksesori-aksesori lainnya dengan sentuhan tone warna biru.

Masker

tren fashion 2021
Tren Masker 2021 lebih futuristik/Foto: Instagram/rinaldyyunardi

Setelah pandemi mulai memudar di tahun 2021 (semoga saja), penggunaan masker bukan hanya dilihat sebagai aksesori, tetapi merupakan fashion item baru yang akan terus ada. Tren penggunaan masker di tahun mendatang adalah masker berteknologi tinggi, yaitu masker yang mulai berbentuk transparan serta cenderung berdesain futuristik dari berbagai material namun tetap breathable.

Satu hal lagi, berbeda dari tahun 2020, di 2021 pemakaian masker akan lebih disesuaikan dengan warna tas atau sepatu yang mencerminkan kesenadaan dari tampilan total.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id