sign up SIGN UP

FASHION

Tutorial Bikin Masker Kain Sendiri Tanpa Dijahit, Bisa Bantu Cegah Virus Corona!

Anindya Milagsita | Minggu, 03 May 2020 02:00 WIB
Tutorial Bikin Masker Kain Sendiri Tanpa Dijahit, Bisa Bantu Cegah Virus Corona!
caption
Ladies, kewajiban pakai masker buat mencegah corona harus diterapkan. Kesulitan buat dapatkan masker bedah, jangan jadi halangan ya. Yuk beralih ke masker kain yang bisa kamu bikin sendiri di rumah. Caranya mudah dan tanpa mesin jahit lho. Ini dia DIY masker wajah kain yang bisa dibuat hanya dalam 1 menit!

Dilansir dari Haiibundasebuah akun YouTube bernama Japanese Creations membagikan tutorial masker kain buat mencegah corona yang mudah dibuat. Hanya dalam waktu satu menit, kamu bisa membuat sendiri masker kain untuk dipakai saat berada di luar rumah. Kamu cukup menyiapkan kain berbentuk segi empat, karet rambut, dan kancing besar untuk membuat DIY masker wajah kain yang satu ini. 


Langkah Pertama




Foto: https://www.haibunda.com/

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat masker wajah kain buat mencegah virus corona adalah menyiapkan sebuah kain segi empat. Kamu bisa memanfaatkan scarf, sapu tangan, ataupun potongan kain yang dibentuk segi empat. Pastikan kain berukuran 20 inci x 20 inci. Kamu bisa memakai jenis kain katun dan hindari yang berbahan terlalu stretch. 


Langkah Kedua




Foto: https://www.haibunda.com/

Tutorial DIY masker wajah buat mencegah corona yang selanjutnya siapkan tiga buah karet rambut polos dan dua kancing blazer atau kancing yang berukuran besar. Kalau udah taruh dan sendirikan bahan-bahan itu, kembali lagi ke kain. Kemudian lipat kain bagian atas ke arah tepat di tengah-tengah. Lakukan hal yang sama dengan kain bagian bawah. 
 



Langkah Ketiga




Foto: https://www.haibunda.com/

Setelah dilipat ke arah tengah, balik kainnya hingga terlihat sisi belakang. Lakukan lipatan yang sama dalam posisi kain yang seperti gambar di bawah ini. Lipat sisi atas ke arah tengah dan lipat juga sisi bawah ke arah tengah. 
 


Langkah Keempat




Foto: https://www.haibunda.com/

Tutorial DIY masker wajah buat mencegah virus corona selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membalik kain hingga sisi bagian depan terlihat. Pastikan sisi-sisinya terlipat dengan rapi ya, Ladies. 


Langkah Kelima




Foto: https://www.haibunda.com/

Kalau udah rapi lipatannya, saatnya memasang karet rambut. Masukkan masing-masing satu karet rambut di sisi kanan dan juga kiri. 


Langkah Terakhir




Foto: https://www.haibunda.com/

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melipat sisi kiri sampai ke arah dalam sampai ikat rambut berada di ujung. Lakukan hal yang sama untuk sisi sebelah kanan. 
 


Tips Tambahan




Foto: https://www.haibunda.com/

Last but not least, buat kamu yang memakai hijab lakukan tips ini agar DIY masker wajah ini worth it dan nyaman dipakai. Caranya dengan memotong karet rambut dan masukkan dua kancing blazer atau kancing besar ke dalamnya. Setelah masuk ikat kembali karet rambut. Kaitkan karet masker sebelah kiri dan kanan di masing-masing kancing. Pemasangan kancing ini bertujuan untuk mengaitkan kedua tali masker di bagian belakang kepala.
 


Nah, itu tadi DIY masker wajah kain buat mencegah virus corona yang bisa kamu bikin sendiri di rumah. Masker kain ini bisa dicuci kembali lho, jadinya bisa dipakai buat jangka waktu yang panjang. Jangan lupa ikuti anjuran pemerintah buat ganti masker tiap empat jam ya, Ladies. Untuk memudahkan bikin DIY masker wajah kain sendiri, kamu bisa lihat videonya di bawah ini. Selamat mencoba di rumah.


[Gambas:Youtube]

How To Make a Pleated Face Mask // Washable, Reusable, No-Sewing Requiredhttps://www.youtube.com/
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id