sign up SIGN UP

FASHION

Wah, Ternyata 5 Hal Ini Dapat Membuat Warna Cat Rambut Kamu Cepat Pudar

Ika Dyah | Selasa, 31 Jul 2018 07:00 WIB
Wah, Ternyata  5 Hal Ini Dapat Membuat Warna Cat Rambut Kamu Cepat Pudar
caption
Mewarnai rambut sudah seperti bukan tren lagi, melainkan kebutuhan wanita masa kini. Namun, apakah kamu sudah melakukan perawatan yang tepat untuk rambut kamu yang diwarnai? Berikut 5 hal yang ternyata bisa membuat warna cat rambut cepat pudar.

1. Terlalu Sering Keramas


Rambut sehat bukan didapatkan dengan terlalu sering keramas. Terlebih ketika rambut kamu diwarnai, maka kamu tidak boleh terlalu sering keramas karena justru akan membuat warna cat rambut cepat pudar.  Biasanya setelah mewarnai rambut, dalam beberapa hari ke depan dianjurkan untuk tidak langsung mencucinya. Hal tersebut bertujuan agar warna rambut tidak cepat pudar karena bahan kimia pada pewarna rambut biasanya rentan terhadap air. Kamu bisa mencuci rambut atau keramas  hanya ketika rambut sudah terasa berminyak atau setidaknya tiga hari sekali. Jika terpaksa sebelum waktunya keramas rambut terasa berminyak, kamu bisa gunakan dry shampoo khusus untuk rambut yang diwarnai.

 


Foto: https://wow.tribunnews.com

2. Mencuci Rambut dengan Air Panas


Perawatan alami rambut tidak hanya dengan memakai bahan-bahan alami, tapi bisa juga dengan melakukan hal sederhana seperti tidak mencuci rambut menggunakan air panas. Mungkin banyak orang berpikir kalau air panas dapat membuat rambut sehat dan bersih, namun kenyataannya air panas hanya akan mengaktifkan kelenjar sebaceous yang dapat mengeluarkan minyak pada rambut dan membua pori-pori. Minyak inilah  yang dapat membuat warna pada rambut cepat pudar. Sebaiknya gunakan air dengan suhu normal agar molekul warna pada rambut tidak cepat hilang.

 


Foto: https://estidei.ru

3. Terlalu Sering Memakai Alat Styling Rambut


Selain air panas untuk keramas, hal lainnya yang bisa membuat warna cat rambut kamu cepat pudar adalah panas dari beberapa alat styling rambut seperti hair dryer dan catokan rambut. Panas yang berlebihan terutama akibat dari alat styling rambut dapat menghancurkan molekul dalam warna rambut. Jika kamu terpaksa memakai alat styling rambut, maka usahakan agar suhu dari alat yang digunakan tidak terlalu tinggi. Selain menghindari pemakaian styling rambut, tentunya kamu juga bisa melakukan beberapa perawatan alami untuk rambut agar warna cat rambut lebih tahan alami. 

 


Foto: https://kawaiibeautyjapan.com

4. Tidak Menggunakan Shampo Khusus


Mau rambut sehat meskipun diwarnai? Pilih shampo khusus untuk rambut yang diwarna ya, Beautynesian! Menggunakan shampo sembarangan bukan hanya melemahkan akar rambut, tetapi juga membuat cat rambut cepat pudar. Sebaiknya pilih shampo yang mengandung vitamin dan protein khusus untuk menjaga agar warna rambut tahan lebih lama. Rambut yang sering diwarnai memang perlu perlakuan khusus. Selain shampo khusus pastikan kamu juga memakai produk penyubur rambut atau perawatan alami untuk rambut.

 


Foto: https://id.pinterest.com

5. Sering Terpapar Sinar Matahari Langsung


Selain pemilihan shampo khusus dan perawatan rambut dengan produk penyubur rambut, kamu juga perlu menghindari paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari ternyata juga dapat merusak matriks rambut sehingga mampu memudarkan warna rambut dan membuat rambut kering, kusam dan rapuh. Jika kamu berada di luar ruangan, hindarkan rambut dari paparan sinar matahari berlebihan atau gunakan kondisioner tanpa bilas. Kamu bisa juga melindungi rambut dengan menggunakan topi atau payung. 

 


Foto: https://www.tampilcantik.com

Oh iya, mau mendapatkan banyak hadiah menarik besar-besaran dari Beautynesia seperti paket makeup dan skincare? Cek di sini untuk ikutan sekarang juga! https://beautynesia.id/giveaway
Nah, kalau kamu membutuhkan review tentang makeup, skincare dan fashion, kamu bisa tanya-tanya dan mendiskusikannya di beautynesia.id/forum lho.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id