sign up SIGN UP

FASHION

Wajib Bawa di Tas, 5 Produk Ini Bisa Jadi Penyelamat Saat Baju Tiba-Tiba Sobek!

Henny Alifah | Selasa, 02 Feb 2021 15:30 WIB
Wajib Bawa di Tas, 5 Produk Ini Bisa Jadi Penyelamat Saat Baju Tiba-Tiba Sobek!
caption
Jakarta -

Celana jeans yang kekecilan, lengan baju yang terlalu panjang, dan berbagai pakaian jadi yang kurang ideal dipakai adalah beberapa masalah kecil yang berpotensi merusak suasana dan agenda. Namun, jika tak sempat ke penjahit atau tak sempat menjahit atau takut terhadap jarum jahit, hal ini akan membuat kamu kesulitan dalam memperbaiki penampilan baju.

Kabar baiknya, ada beberapa trik memperbaiki baju tanpa harus dijahit, tanpa menggunakan jarum jahit. Beberapa produk kini dibuat untuk mempermudah siapa saja dalam memperbaiki baju sendiri di rumah dalam sekejap. Misalnya, seperti berikut ini.

1. Hem tape

Hem tape
Hem Tape/ Foto: Instagram.com/_hollywoodfashionsecrets

Hem tape merupakan perekat dua sisi dengan daya tahan kuat yang mudah digunakan. Biasanya dikemas dalam bentuk roll atau lembaran. Produk ini bisa jadi solusi sementara maupun permanen untuk masalah pakaian seperti celana atau rok yang kepanjangan. Kalau kepepet, hem tape juga bisa jadi cara memperbaiki pakaian robek.

2. Fashion tape

Fashion tape
Fashion tape/ Foto: Instagram.com/boobou__

Siapapun yang mengenakan gaun tanpa tali ke pesta prom pasti tahu kekuatan indah dari boob tape. Selain dapat menutup puting dan menjaga baju tidak jatuh melorot, selotip dua sisi yang ajaib ini juga memiliki kegunaan lain layaknya hem tape. Kalau kancing kemejamu tidak rapi menyatu dan meninggalkan lubang menganga, kamu bisa gunakan fashion tape untuk memperbaiki penampilannya.

3. Waist extender

Waist extender
Waist extender/ Foto: Amazon.com/More of Me to Love

Ada yang pernah mengalami ini? Jeans favorit yang baru beli tahun, bahkan bulan, kemarin ternyata tak lagi muat di pinggang. Atau, perut membuncit setelah makan bikin celana jadi terasa sempit. Masalah ini bisa diatasi dengan memakai waist extender, yang dengan cerdik dapat memperpanjang lingkar pinggang. Produk ini hadir dalam bentuk yang beraneka macam dan dapat langsung memberikan satu inci ekstra ruang bernapas.

4. Bobby pins

Bobby pins
Bobby pins/ Foto: Instagram.com/emma_gharris

Jepit rambut? Yup, aksesori yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki penampilan pakaian. Misalnya untuk mengencangkan beberapa bagian dengan cara melipatnya lalu dikunci dengan jepit rambut.

5. Fabric glue

Fabric glue
Fabric glue/ Foto: Instagram.com/naturacraft

Dengan formula yang dibuat khusus untuk kain, lem ini bisa digunakan sebagai pengganti mesin jahit. Dengan kata lain, lem ini bisa jadi cara memperbaiki baju robek, memperbaiki ujung baju yang terurai, dan masih banyak lagi.

Tak hanya jadi cara untuk memperbaiki baju robek, lem ini juga bisa digunakan untuk membuat sesuatu yang perlu dijahit seperti sarung bantal dan masker. Kalau bosan dengan baju lama, kamu pun bisa menempel bordir atau hiasan apapun di atasnya dengan menggunakan lem kain.

Kelima produk ini biasanya dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Ternyata, ada banyak alternatif bebas stres, mudah, dan murah untuk mendapatkan perbaikan baju bak profesional. Terutama buat kamu yang suka DIY, siap sedia kelima produk ini di rumah akan sangat membantu dalam berkarya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id