sign up SIGN UP

4 Drama Korea Populer Namun Kena Denda, Ada yang Dinilai Terlalu 'Sadis'

Neysa Alicia | Rabu, 17 Nov 2021 11:00 WIB
4 Drama Korea Populer Namun Kena Denda, Ada yang Dinilai Terlalu 'Sadis'
Di luar kepopularitasannya, tidak sedikit drama Korea populer yang mendapat denda dari KCSC/ foto: tvN Drama
Jakarta -

Hampir seluruh drama Korea memiliki jalan cerita yang menarik, dan berhasil menuai kesuksesan dengan mendapat apresiasi di ajang penghargaan. Namun ternyata diantara banyaknya judul drama populer tersebut, tidak sedikit yang mendapat kritik hingga harus membayar denda ke Korean Communications Standards Commision (KCSC), seperti empat judul drama berikut ini. 

1. The K2

foto: tvN Drama
Drama Korea The K2/ foto: tvN Drama

Drama yang dibintangi Ji Chang Wook dan YoonA SNSD ini jadi salah satu drama yang sukses di tahun 2016. Bahkan lewat drama ini, Ji Chang Wook juga sukses meraih popularitas dengan berhasil menambah fans internasional.

Bercerita tentang kisah cinta antara bodyguard dengan sang bos yang penuh intrik, The K2 harus membayar denda ke KCSC karena sebuah adegan perkelahian Ji Chang Wook di kamar mandi umum, meskipun adegan tersebut sudah disensor.

2. The Last Empress

foto: SBS Drama
Drama The Last Empress/ foto: SBS Drama

Buat kamu yang sudah menonton The Last Empress, pasti merasa wajar mengapa drama yang dibintangi oleh Jang Na Ra dan Shin Sung Rok ini mendapat kritik dan denda dari KCSC. Bercerita tentang kehidupan di dalam istana kerajaan modern Korea, drama ini memang memiliki banyak adegan kekerasan dan perkelahian yang brutal atau sadis.

Bahkan meskipun sebenarnya jalan cerita drama ini menarik untuk diikuti, tidak sedikit penonton yang mengaku "ketakutan" melihat adegan demi adegan dalam drama ini.

3. It's Okay To Not To Be Okay

foto: tvN Drama
It's Okay To Not Be Okay/ foto: tvN Drama

Meskipun jadi drama yang sukses membuat penonton baper hingga gagal move on, It's Okay To Not To Be Okay juga mendapat sanksi dan harus membayar sejumlah denda ke KCSC, lho.

Hal tersebut dikarenakan dialog yang diucapkan oleh pemeran utama perempuan, Seo Yea Ji, yang menggunakan kata-kata tidak senonoh, dan tidak pantas mengenai salah satu bagian fisik laki-laki. KCSC menganggap dialog tersebut sama seperti pelecehan seksual dan memiliki dampak buruk bagi penonton dan konten yang tidak sesuai standar penyiaran.

4. The World of The Married Couple

foto: JTBC Drama
Drama The World of The Married Couple/ foto: JTBC Drama

Drama yang satu ini memang pantas mendapat rating tertinggi sepanjang sejarah TV kabel di Korea. Bercerita tentang kehidupan rumah tangga yang penuh lika-liku, The World of The Married Couple sukses membuat penonton terutama para ibu-ibu di Indonesia terpancing emosi.

Meskipun sukses meraih penghargaan, drama ini juga harus mendapat denda oleh KCSC. Banyak adegan kekerasan, serta adegan kurang bermoral yang bertentangan dengan ketetapan kriteria produksi. 

---------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id