sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

4 Film untuk Pahami Rasisme dan Sejarah Kulit Hitam di Amerika

Intan Dwi | Minggu, 14 Jun 2020 16:45 WIB
4 Film untuk Pahami Rasisme dan Sejarah Kulit Hitam di Amerika
caption

Hingga saat ini masih banyak orang yang mengalami perlakuan rasis, mulai dari diperlakukan berbeda, kekerasan, dan hal-hal yang tidak mengenakan lainnya. Salah satu perlakuan rasis yang saat ini sedang menjadi topik hangat adalah pembunuhan terhadap George Floyd, Breonna George, dan Ahmaud Arbery.

Banyaknya kasus pembunuhan terhadap orang kulit hitam membuat komunitas kulit hitam di Amerika dan seluruh dunia memprotes dan menuntut perubahan. Buat kamu yang belum mengetahui sejarah rasisme dan komunitas kulit hitam di Amerika dan ingin tahu lebih banyak tentang kondisi mengerikan ini, 4 film di bawah ini bisa membantumu untuk lebih paham. 

Malcolm X (1992)

image
Malcolm X/imdb.com

Film ini dibuat sebagai penghormatan kepada aktivis kulit hitam yang kontroversial dan pemimpin perjuangan untuk pembebasan kulit hitam. Mengisahkan seorang pria Muslim kulit hitam yang sedang berada di titik terendahnya karena harus menjalani masa penahanan selama 10 tahun. Film ini memberikan pandangan lebih dekat pada filosofinya dan mengapa ia bekerja begitu keras untuk pembebasan orang-orang kulit hitam.


I Am Not Your Negro (2016)

image
I An Not Your Negro/imdb.com

I Am Not Your Negro adalah sebuah film yang disutradarai oleh Raoul Peck yang diangkat dari manuskrip Remember This House yang belum selesai ditulis oleh kritikus sosial, James Baldwin. Manuskrip Remember This House sendiri berisi kumpulan catatan dan surat yang ditulis oleh Baldwin pada pertengahan 1970-an.

Film yang berdurasi 93 menit ini dinarasikan oleh aktor Samuel L. Jackson dan menceritakan sejarah rasisme di Amerika. Kamu akan mendapat gambaran tentang apa artinya menjadi orang kulit hitam di Amerika hingga bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu.

Just Mercy (2019)

image
Just Mercy/imdb.com

Jika kamu ingin mempelajari dan mengetahui lebih lanjut mengenai rasisme di Amerika, wajib tonton film Just Mercy. Film ini mengisahkan kisah nyata seorang pengacara bernama Bryan Stevenson (Micheal B. Jordan) yang menangani kasus pertamanya.

Kasus tersebut dilakukan oleh seorang pria bernama Walter McMillian (Jamie Fox) yang dijatuhi hukuman mati karena membunuh seorang gadis berusia 18 tahun. Meskipun ada bukti yang menunjukkan bahwa dirinya tidak bersalah atas kasus ini, keadilan begitu sulit didapatkan oleh Walter. Ketika Bryan berjuang mencari keadilan untuk Walter, ia terlibat dalam manuver hukum, politik, dan rasisme.

The Black Power Mixtape 1967-1975 (2011)

image
The Black Power Mixtape 1967-1975/imdb.com

Saat kamu menonton film dokumenter yang disutradarai oleh Goran Olsson ini, kamu bisa mempelajari mengenai Black Power Movement di Amerika. Film ini membahas evolusi gerakan Black Power dari tahun 1967-1975 yang dilihat melalui jurnalis dan pembuat film Swedia. Film ini menggabungkan rekaman-rekaman arsip dari tahun 1960-1975 selama gerakan anti-war dan black power. Cuplikan dalam film ini diambil oleh wartawan Swedia yang ada di Amerika saat itu.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id