sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Fakta-Fakta Film Tilik, dari Budaya Hingga Isu Hoax!

Izzul Millati Umami | Jumat, 28 Aug 2020 18:00 WIB
Fakta-Fakta Film Tilik, dari Budaya Hingga Isu Hoax!
caption
Jakarta -

Film Pendek berjudul Tilik menarik perhatian masyarakat. Film pendek ini menceritakan tentang sekelompok ibu-ibu yang akan menjenguk Bu Lurah di rumah sakit dengan menaiki truk terbuka. Nah, yang membuat film ini makin greget dan lucu adalah sosok Bu Tejo yang memiliki karakter suka menyebar gosip, ceplas ceplos, julid dan menjadi komando rombongan ibu-ibu.

Uniknya, dalam perjalanan menuju rumah sakit, Bu Tejo justru membuat rumor gosip tentang Dian, seorang kembang desa yang ia sebarkan pada ibu-ibu lain yang membuat Yu Ning tak terima. Bu Tejo bahkan sempat menjadi trending di Twitter dan wajahnya banyak dijadikan meme. Banyak masyarakat yang dibuat penasaran oleh film ini. Berikut 6 fakta film Tilik yang lagi hits.


1. Diproduksi Tahun 2018

Produksi Tahun 2020
Produksi Tahun 2020

Ladies, film pendek Tilik merupakan film garapan  produksi  Ravacana Film dengan sutradara Wahyu Agung Prasetyo dengan penulis script Bagus Sumartono. Film tersebut telah diproduksi pada tahun 2018 silam dan tayang  perdana di Youtube  saat HUT RI ke 75 pada 17 Agustus 2020. Bahkan belum genap sepekan, film pendek berbahasa Jawa telah ditonton lebih dari 5 juta orang.

2. Sosok Bu Tejo dan Tanggapannya

Bu Tedjo dan Tanggapannya
Bu Tedjo dan Tanggapannya

Karakter Bu Tejo dalam film ini mendadak viral. Yups, sosok Bu Tejo dianggap melekat dalam karakter ibu-ibu yang suka menggosip dan julid. Siapa sangka ternyata Bu Tejo dimainkan oleh sosok bernama Siti Fauziah Saekhoni. Ia bahkan tak percaya jika sosoknya akan sepopuler ini. Sosok yang akrab disapa Ozie ini mengaku sampai ingin menangis saking terharunya.

“Matur nuwun saya ucapkan kepada semua teman teman yang sudah mengapresiasi film tilik sedemikian rupa, sehingga saya sampai detik ini masih ndredeg dan pengen nangis nulisnya,” tulis ozie seperti dikutip dari Instagram pribadinya @ozie_zie.

3. Sang Sutradara Tak Pernah Tau Ada Budaya Tilik

Sutradara Tilik
Sutradara Tilik

Ternyata Sutradara film ini, yakni Wahyu Agung Prasetyo tak pernah tau dan tak pernah melihat langsung  jika di Jawa ada budaya yang bernama Tilik. Agung, sapaan akrabnya mengetahuinya setelah Bagus Sumartono, selaku penulis menceritakannya. Hingga, ia merasa bahwa Tilik harus difilm an. Bahkan, Agung sampai melakukan observasi tentang budaya Tilik, loh.

4. Angkat Isu Hoax

Angkat Isu Hoax
Angkat Isu Hoax

Selain menghibur, film ini juga mengandung pesan moral yang relate dengan zaman sekarang. Karakter Bu Tejo menganggap bahwa internet berisi mengenai berita yang akurat. Sedangkan, karakter Yu Ning mengajarkan bahwa tak semua informasi dari internet itu benar dan valid kebenarannya. Tentu, fenomena berita hoax sedang melejit. Apalagi banyak masyarakat yang tak menyaring informasi dari internet atau cross check terlebih dahulu.

5. Para Pemeran Tilik Baru Pertama Kali Main Film

Ladies tentu tau bahwa film tilik tak dibintangi oleh artis pesohor tanah air. Orang-orang yang terlibat dalam memerankan film ini adalah asli orang-orang kampung sekitar. Hal ini dilakukan untuk menjadikan pengalaman baru untuk para pemain.

Bahkan, pemeran sopir truk dalam film ini yaitu mas Gotrek cukup kaku saat sesi pembacaan naskah. Namun, saat memainkan perannya justru mas Gotrek sangat natural dan luwes.

6. Peroleh Banyak Penghargaan Bergengsi

Penghargaan
Penghargaan

Film Tilik mendapatkan banyak apresiasi positif dari masyarakat. Jadi wajar dong, jika film pendek ini menyabet banyak penghargaan diantaranya adalah Winner Piala Maya 2018. Selain itu, Tilik juga masuk dalam nominasi Official Selection World Cinema Amsterdam 2019 dan Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018. Keren banget, yah!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id