sign up SIGN UP

LIFE

4 Tanda Kamu Dewasa Secara Finansial, Cek Yuk!

Penny Fatikasari | Senin, 07 Sep 2020 22:30 WIB
4 Tanda Kamu Dewasa Secara Finansial, Cek Yuk!
caption

Semakin dewasa, kamu akan lebih memahami tentang pentingnya mengatur keuangan. Dengan bertambahnya usia, seseorang akan jadi lebih bijak dan bertanggung jawab dalam mengelola keuangan, baik pada diri sendiri maupun kepada keluarga.

Semakin dewasa pun kamu akan lebih mengutamakan hal-hal penting atau yang menjadi prioritas. Ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kamu dewasa secara finansial, Ladies.

Apakah tanda-tanda ini ada di kamu? Cek yuk!


Bebas Hutang

bebas hutang
Bebas Hutang/ Foto: Freepik.com

Biasanya, ketika seseorang mengalami kesulitan keuangan, salah satu jalan yang dipilih adalah berhutang, baik kepada sahabat, keluarga, perbankan ataupun platform digital yang menyediakan jasa pinjaman uang. Jika kamu kerap terlambat membayar hutang pada perbankan maupun pinjaman online, tentunya kamu bisa mendapatkan tambahan bunga yang lebih besar.

Kendati kamu meminjam uang dengan kerabat atau keluarga, tentunya ada perasaan tidak enak dan perasaan malu. Bahkan bisa mengakibatkan hubungan yang buruk jika tidak mampu atau telat bayar.

Nah, salah satu tanda bahwa kamu dewasa secara finansial adalah kamu bebas dari hutang atau pinjaman online. Daripada berhutang, lebih baik menabung ataupun memprioritaskan kebutuhan yang lebih penting.

Punya Tujuan Jangka Panjang

punya tujuan jangka panjang
Punya Tujuan Jangka Panjang/ Foto: Freepik.com

Tanda selanjutnya bahwa kamu sudah dewasa secara finansial adalah memiliki tujuan jangka panjang. Tentunya kamu memiliki mimpi yang ingin kamu wujudkan ke depannya, bukan? Misalnya ingin menikah dengan seseorang yang kamu cintai dengan hasil tabunganmu sendiri, memiliki rumah idaman, atau ingin memberangkatkan haji kedua orang tuamu.

Mungkin kamu punya banyak mimpi dan cita-cita indah yang ingin kamu wujudkan. Bermimpi sendiri adalah suatu hal yang baik dan bisa memotivasi diri untuk mewujudkannya.

Memiliki tujuan jangka panjang akan membuatmu melakukan tindakan yang dibutuhkan untuk mewujudkan mimpi-mimpimu. Kamu bisa mulai mencicil secara perlahan, lama-kelamaan semua harapanmu akan tercapai satu per satu. Kuncinya fokus dan yakin, maka semesta akan berpihak padamu.

Nongkrong dan Belanja Berlebihan Sudah Tak Menarik Bagimu

nongkrong dan belanja tak menarik
Nongkrong dan Belanja Berlebihan Sudah Tak Menarik Bagimu/ Foto: Freepik.com

Jika kamu berada di posisi ini dan memilih lebih baik mengumpulkan pundi-pundi uang untuk masa depanmu, maka bisa dikatakan bahwa kamu sudah dewasa secara finansial. Melihat teman-teman nongkrong di kafe fancy, checkout keranjang belanja di e-commerce, atau jalan-jalan ke tempat kekinian sudah tidak lagi menjadi prioritas.

Kamu yang sedang gencar menyiapkan kebutuhan masa depan adalah tanda kamu dewasa secara finansial. Ketika orang lain baru ingin memulai mengelola finansial, kamu sudah berada jauh dari mereka dan tinggal menunggu menikmati masa pensiun.

Selalu Siap Dana Darurat

selalu siap dana darurat
Selalu Siap Dana Darurat/ Foto: Freepik.com

Terakhir, kamu dewasa secara finansial jika kamu selalu siap dana darurat, Ladies. Tidak harus nunggu kamu memiliki pekerjaan tetap atau naik jabatan, kamu sudah harus memiliki dana darurat di usia muda.

Jangan menunggu nanti karena keadaan darurat bisa datang kapan saja di situasi yang tidak terduga. Sebaiknya selalu siapkan dana darurat, ya.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id