sign up SIGN UP

LIFE

5 Bisnis Sampingan Ini Cocok untuk Kamu yang Masih Kuliah

Ade Irma Suryani | Senin, 14 Sep 2020 18:00 WIB
5 Bisnis Sampingan Ini Cocok untuk Kamu yang Masih Kuliah
Berbisnis Sampingan/Foto: Pexels.com
Jakarta -

Sebagai seorang mahasiswa, barangkali mungkin kamu pernah terbesit sebuah keinginan untuk berbisnis sampingan, apalagi setelah melihat beberapa temanmu yang juga memiliki bisnis sampingan. Namun, terkadang hal ini juga bisa membuatmu bingung tentang pilihan bisnis sampingan apa yang bisa kamu pilih. Terlebih lagi, sebagai mahasiswa kamu juga merasa tidak memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis. 

Nah, tak perlu khawatir. Karena kamu tetap bisa memulai berbisnis sambil kuliah dengan modal sedikit atau bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali. Seperti halnya dengan 5 bisnis sampingan berikut ini. 

 


1. Online Shop

Online shop bisa jadi bisnis sampingan buat anak kuliah.
Online Shop/Foto: Pexels.com 

Bisnis online shop saat ini memang begitu banyak diminati oleh para wanita dari berbagai kalangan. Baik itu mulai dari anak sekolah, pegawai kantoran, bahkan hingga ibu rumah tangga. Nah, tidak ada salahnya jika kamu juga ikut mencobanya sebagai bisnis sampingan. Kamu dapat memilih menjual berbagai macam produk apa saja yang kamu inginkan. Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tidak banyak dan waktunya pun lebih fleksibel. 

 

2. Makanan 

Bisnis sampingan buat anak kuliah juga bisa berupa menjual makanan.
Makanan/Foto: Pexels.com

Bisnis sampingan yang satu ini cocok buat kamu yang jago dalam mengolah makanan seperti kue atau apapun yang sejenis itu. Namun jika kamu tidak ahli dalam hal tersebut, kamu juga bisa mencoba menjual makanan milik orang lain. Kamu pun juga dapat memasarkannya lewat online seperti melalui instagram dan lain sebagainya. Meskipun keuntungan yang didapat mungkin sedikit, namun jika kamu serius dan aktif memasarkannya dengan baik, bukan tidak mungkin keuntungan yang kamu dapat bisa menjadi lebih banyak. 

 

3. Penulis Lepas

Bisnis sampingan seperti penulis lepas bisa dipilih anak kuliah.
Penulis Lepas/Foto: Pexels.com

Bagi kamu yang memiliki kegemaran atau hobi dalam menulis, menjadi penulis lepas sepertinya bisa menjadi bisnis sampingan yang sangat cocok untukmu. Apalagi bisnis seperti ini hampir tidak memerlukan modal, kecuali laptop atau komputer, koneksi internet, dan tentu saja kreativitas dalam menulis. Selain itu, menjadi penulis lepas tidak terikat oleh waktu, artinya bisa kamu lakukan kapan saja dan tentunya juga tidak akan mengganggu perkuliahanmu. 

 

4. Les Privat

Salah satu bisnis sampingan yang bisa dipilih anak kuliah seperti les privat.
Les Privat/Foto: Pexels.com 

Bisa dikatakan bisnis berupa les privat merupakan bisnis sampingan yang tidak memerlukan modal sama sekali. Hal ini hanya membutuhkan keterampilan atau keahlianmu dalam suatu bidang tertentu. Misalnya dalam hal mata pelajaran di sekolah, seperti mengajari matematika, kimia, fisika, atau bahasa Inggris. Kamu pun tinggal menentukan target dalam memberikan les privat, apakah khusus untuk pelajar SD, SMP, atau SMA. Selain semakin dapat mengasah ilmumu, bisnis sampingan ini juga bisa menjadi sangat menguntungkan ketika di musim ujian seperti UN. 

 

5. Desain Grafis

Salah satu bisnis sampingan yang cocok untuk anak kuliah adalah seperti desain grafis.
Desain Grafis/Foto: Pexels.com

Keahlian desain grafis saat ini memang begitu banyak diminati dan menjadi salah satu jasa yang  dibutuhkan oleh banyak orang. Nah, buat kamu yang memiliki keahlian di bidang ini, sebaiknya manfaatkan sebagai bisnis sampinganmu. Kamu dapat menggunakan keterampilanmu dalam mendesain bermacam hal, baik itu desain kaos, desain kartu undangan, desain website, dan lain-lain sebagainya. Jika hasil desainmu bagus dan menarik, tentunya hal ini akan menarik minat banyak orang untuk menggunakan jasamu. Pastinya keuntungan yang kamu dapatkan juga akan banyak.
 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id