sign up SIGN UP

LIFE

Alami Krisis Keuangan? Jangan Panik, Atasi dengan Tips Ini

Penny Fatikasari | Jumat, 22 May 2020 07:00 WIB
Alami Krisis Keuangan? Jangan Panik, Atasi dengan Tips Ini
caption
Tanpa disadari krisis keuangan bisa datang kapan saja dan dalam situasi apapun. Namun jangan panik, karena kamu bisa mengatasinya dengan tips ini.

Krisis keuangan memang kerap menjadi mimpi buruk bagi setiap orang yang mengalaminya, misalnya karena pemutusan hubungan kerja (PHK), membayar hutang-hutang yang harus segera di lunaskan, biaya medis keluarga yang mahal bahkan keadaan mendesak lainnya yang bisa menguras saldo tabungan. Namun, jangan panik dahulu kamu bisa memperbaiki krisis keuanganmu untuk mengatasinya dengan tips berikut ini.
 


Catat Pengeluaran Harian


Foto: https://www.rawpixel.com/

Dalam sehari pasti kamu akan mengeluarkan sejumlah uang, baik untuk kebutuhan harian di rumah maupun untuk dirimu pribadi. Sebaiknya setiap mengeluarkan uang, kamu harus mencatat apa saja yang telah kamu keluarkan. Supaya enggak lupa, kamu bisa mencatatnya di buku khusus atau di note handphonemu. Dari hal itu, kamu bisa mengetahui kebutuhan apa saja yang telah kamu keluarkan.

Dengan begitu pun kamu bisa mengerem kebutuhan yang tidak kamu butuhkan sepenuhnya di hari-hari berikutnya. Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi krisis keuangan dan menjadikanmu tetap belajar berhemat.
 


Cari Modal Tambahan


Foto: https://www.rawpixel.com/

Ketika dihadapi dengan situasi buruk sekalipun, kamu tidak boleh putus asa bahkan bersedih hati. Memang semuanya tidak begitu mudah, akan tetapi kamu juga perlu menyambung hidup sehari-hari bukan? Banyak kebutuhan yang harus kamu penuhi, baik itu untuk membayar sewa rumah, biaya bahan pokok, bahkan biaya tak terduga lainnya.

Kamu juga bisa mensiasatinya dengan mencari modal tambahan. Di balik kesusahan yang sedang dialami, akan ada jalan bagi mereka yang mau berusaha dan nggak mudah menyerah. Masih banyak peluang yang bisa kamu temukan, misalnya dengan bekerja sebagai freelancer atau bekerja paruh waktu.

Apabila kamu memiliki keterampilan khusus, maka jangan sungkan untuk kamu jadikan penghasilan. Dengan begitu kamu akan mendapatkan fee yang bisa kamu jadikan modal usaha ataupun ditabung untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari.
 



Atur Keuangan Lebih Efektif


Foto: https://www.rawpixel.com/

Selalu lakuakan evaluasi keuangan agar kamu tidak mengalami kerugain yang berkepanjangan. Maka dari itu, kamu pun harus terus mencari solusinya. Kamu juga bisa mengubah strategi keuanganmu agar lebih efektif. Namun sebelum memulainya, kamu harus memiliki tekat yang kuat untuk memulainya ya? Selamat mencoba!
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id