sign up SIGN UP

Cuma Habiskan Uang Bulanan, 4 Jenis Barang Ini Sebaiknya Tidak Perlu Dibeli Setiap Bulan

Rani Mutiara | Selasa, 03 Aug 2021 17:30 WIB
Cuma Habiskan Uang Bulanan, 4 Jenis Barang Ini Sebaiknya Tidak Perlu Dibeli Setiap Bulan
caption

Siapa disini yang mudah sekali tergiur promo awal bulan? Tau nggak sih, kalau sekarang ini sudah banyak toko yang menggunakan awal bulan sebagai waktu yang tepat untuk mengadakan promo.

Hal ini dikarenakan mayoritas pembeli mendapatkan gajinya di awal bulan sehingga promo tersebut dapat menarik perhatian pembeli. Eitss, sebelum kamu tergiur dengan promo awal bulan tadi, sebaiknya 4 jenis barang berikut perlu kamu pertimbangkan sebelum dibeli setiap bulannya.

1. Parfum

Parfum | Foto : freepik/rawpixel.com
Parfum | Foto : freepik/rawpixel.com

Keberadaan parfum memang cukup esensial untuk sehari-hari karena dapat meningkatkan kepercayaan diri ketika bertemu dengan orang lain. Tapi jika stok parfum di rumahmu masih cukup beberapa bulan ke depan, sebaiknya kamu bisa tunda dulu untuk membeli parfum di bulan ini.

Apalagi di masa-masa PPKM seperti ini, dimana kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aja dan lebih banyak bertemu dengan orang lain secara virtual. Bukankah penggunaan parfum juga akan semakin jarang?

2. Baju, Tas, dan Sepatu

Baju, tas dan sepatu | Foto : freepik/svetlanasokolova
Baju, tas dan sepatu | Foto : freepik/svetlanasokolova

Melihat tren pakaian yang selalu berubah setiap periodenya tentu saja sering menarik perhatian kita hingga timbul rasa takut kehabisan. Tapi sebelum membeli pakaian baru, coba ingat-ingat kembali pakaian yang kamu punya di rumah.

Jika selama ini kamu tidak ada kesulitan seperti tiba-tiba sepatu rusak ataupun nggak punya tas yang bisa digunakan ketika mau ke kantor, sebaiknya pertimbangkan kembali apakah membeli tas dan sepatu di saat-saat seperti itu adalah suatu kebutuhan atau jangan-jangan hanya keinginan sementara? Jika kamu terlalu sering membeli pakaian baru setiap bulannya, kamu bukan hanya menghabiskan uang aja, melainkan kamu juga harus mengeluarkan lebih banyak biaya dan tenaga untuk menyiapkan tempat penyimpanan mereka.

3. Kosmetik

Makeup dan skincare | Foto : freepik
Makeup dan skincare | Foto : freepik

Kosmetik disini mencakup skincare dan makeup yang kamu punya di rumah. Kebanyakan kosmetik memiliki ukuran yang cukup digunakan untuk pemakaian di atas 1 bulan.

Sebelum memutuskan untuk membeli stok baru, kamu wajib memeriksa terlebih dahulu stok skincare dan makeup yang kamu punya di rumah. Jika stoknya masih bisa menutupi pemakaian selama 1-2 bulan ke depan, ada baiknya kamu tidak membeli stok baru dulu.

4. Aksesoris

Aksesoris | Foto : freepik/master1305
Aksesoris | Foto : freepik/master1305

Salah satu barang yang sangat tidak perlu kamu beli setiap bulannya yaitu aksesoris, baik itu kalung, gelang, kacamata, pita rambut maupun lainnya. Hal ini dikarenakan keberadaan aksesoris sebenarnya tidaklah terlalu dibutuhkan oleh kebanyakan orang, terutama oleh kamu yang nggak bekerja di bagian fashion. Karena selain bakal jarang kamu gunakan, mengoleksi terlalu banyak aksesoris justru malah menyita banyak bagian dari tempat penyimpananmu dan bakal sering kamu lupakan juga keberadaannya.

Itulah tips keuangan terkait 4 jenis barang yang sebaiknya tidak kamu beli setiap bulannya apalagi jika tidak terlalu dibutuhkan. Karena selain hanya menghabiskan uangmu saja, menyimpan terlalu banyak barang dengan manfaat dan bentuk yang sama hanyalah memakan tempat penyimpananmu saja.

Sebaiknya, gaji yang kamu dapatkan dialokasikan saja ke kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, uang pulsa dan internet dan kebutuhan yang lebih penting lainnya ya. Belajar untuk mengatur keuangan sebaik mungkin mulai sekarang yuk, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id