sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Diulangi Lagi, Ini Contoh Cara Menabung yang Salah Besar!

Dian Aprilia | Rabu, 31 Mar 2021 21:00 WIB
Jangan Diulangi Lagi, Ini Contoh Cara Menabung yang Salah Besar!
caption

Seringkali setelah menabung, kita merasa tenang dan nyaman karena sudah memiliki cadangan dana. Padahal, ada kalanya kita melakukan kesalahan saat menabung. Alhasil, tabungan tersebut tidak memberikan kenyamanan dan jaminan keamanan di masa depan.

Untuk itu, kamu perlu menghindari dan tidak mengulangi lagi kesalahan menabung berikut ini:

Menabung Tanpa Tujuan

Menabung tanpa tujuan
Menabung tanpa tujuan/pexels.com

Kesalahan pertama yang seringkali dilakukan adalah menabung tanpa tujuan. Kamu tidak memiliki fokus atau motivasi dalam menabung, dan hanya menjalani kebiasaan menabung sebagai ‘ikut-ikutan’. Hal ini akan membuatmu tidak konsisten dan semangat dalam menabung. Alhasil nominalnya pun jadi sekadarnya, sesuai dengan sisa dana gaji.

Berbeda halnya jika kamu menetapkan tujuan sebelum menabung. Misalnya untuk dana darurat, tabungan liburan, dana pensiun dan lainnya. Maka kamu bisa menabung dengan lebih konsisten dan semangat. Selain itu, nominal dananya pun bisa optimal dan sengaja disisihkan demi tercapainya tujuan tersebut.

Tidak Memiliki Anggaran

Tidak memiliki anggaran
Tidak memiliki anggaran/pexels.com

Setiap bulan gaji selalu habis untuk kebutuhan, keinginan, dan berbagai pengeluaran lainnya. Hal ini sebenarnya tak melulu karena gaji pas-pasan. Bisa jadi kamu memang tidak menganggarkan ‘pengeluaran tabungan’. Alhasil, menunggu sisa gaji dan senantiasa tidak ada sisa setiap bulan.

Untuk itu, sebaiknya setiap bulan kamu melakukan budgeting bulanan, dan menempatkan tabungan serta investasi sebagai pengeluaran utama. Hal ini akan bikin kamu, jadi lebih disiplin dalam menabung dan pengeluaran jadi lebih terkontrol.

Tidak Konsisten

Tidak konsisten
Tidak konsisten/pexels.com

Kesalahan yang ketiga adalah tidak konsisten. Misalnya, bulan ini nabung, bulan depan waktunya jalan-jalan, bulan depannya lagi ada kebutuhan mendesak dan lainnya.

Konsisten sangat diperlukan dalam menabung, sebab dengan konsisten kamu akan belajar mengontrol dan mengerem keinginan sendiri untuk hidup yang lebih baik di masa depan. Hal ini bisa bikin kamu semangat dan tidak ogah-ogahan dalam menabung.  

Tidak Punya Tabungan Terpisah

Tidak punya tabungan terpisah
Tidak punya tabungan terpisah/pexels.com

Idealnya kamu memiliki rekening tabungan secara terpisah dengan rekening yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebab hal ini bisa bikin pengeluaranmu jadi lebih terkontrol dan mudah untuk dievaluasi setiap bulan.

Kamu juga bisa memeriksa dengan mudah jumlah tabunganmu jika rekening terpisah. Selain itu dengan perbedaan rekening ini, kamu jadi tidak gampang menggunakan uang tabungan untuk kebutuhan sehari-hari.

Merasa Harus Menabung dalam Jumlah Besar

Menabung dalam jumlah besar
Menabung dalam jumlah besar/pexels.com

‘Uang cuma 100 ribu, gak usah ditabung ah, nanti aja kalau sisanya banyak’ Siapa bilang, menabung harus nominal besar. Pasti kamu pernah dengar istilah ‘sedikit-sedikit nanti jadi bukit’. Nah menabung juga seperti itu. Tidak perlu banyak, bahkan 10 ribu sehari pun bisa jadi 3,6 juta loh dalam setahun.

Jadi tidak perlu minder jika tabunganmu sedikit, lakukan saja secara konsisten agar bisa terkumpul banyak dan lebih semangat lagi dalam menabung.

Itulah 5 cara menabung yang salah yang perlu kamu hindari dan tidak mengulangi lagi, agar dana tabungan bisa terkumpul banyak dan menjadi cadangan di masa depan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id