sign up SIGN UP

Kiat Kelola Gaji Pas-pasan Agar Bisa Terus Berkembang, yang Baru Kerja Wajib Tahu

Novianty Aulia | Selasa, 07 Sep 2021 13:00 WIB
Kiat Kelola Gaji Pas-pasan Agar Bisa Terus Berkembang, yang Baru Kerja Wajib Tahu
caption

Tak sesederhana kelihatannya, mengelola keuangan terasa sangat sulit terlebih untuk gaji yang pas-pasan. Semakin banyaknya kebutuhan yang tidak diimbangi dengan pengelolaan yang tepat seringkali menjadi penyebab utama mengapa keuangan cepat menipis jauh sebelum hari gajian berikutnya tiba.

Tentu, dibutuhkan pengaturan finansial yang tepat untuk mengimbangi ketimpangan antara kebutuhan dan gaji yang kamu miliki. Dengan perencanaan yang benar, kesempatan meningkatkan kemampuan finansial semakin terbuka dan menguntungkan diri kamu di kemudian hari.

Berikut Ini Beautynesia telah merangkum 6 kiat jitu mengelola keuangan meski gaji yang masih pas-pasan. Seperti apa ya? Yuk simak artikelnya berikut ini.

Segera Menabung Setelah Dapat Gaji

Hindari kebiasaan menunda untuk menabung. Segeralah menyisihkan uang setelah mendapatkan gaji.
Jangan menunda-nuda untuk menabung/Foto:Freepik.com/Freepik


Kondisi finansial yang pas-pasan sering dijadikan sebagai alasan untuk tidak menabung. Nyatanya, bisa atau tidaknya menabung tergantung dari bagaimana kamu menahan diri saat mengelola gaji yang diterima.

Beauties, sebelum segala godaan muncul, ada baiknya kamu langsung menyisihkan sebagian uang ketika gaji baru diterima. Jadi jangan menunggu sisa uang setelah dipakai buat belanjakan kebutuhan dan keinginan, baru ditabung.

Selain mendisiplinkan diri, hal ini menjadi salah satu langkah mudah untuk tetap bisa menabung walaupun dengan gaji yang tidak terlalu banyak.

Menyusun Prioritas Pengeluaran

Segeralah menyusun anggaran pengeluaran dengan mengurutkannya dari sesuatu yang penting hingga yang dapat ditunda.
Pastikan anggaran pengeluaran teralokasi dengan tepat/Foto:Freepik.com/Katemangostar


Menuruti segala keinginan memang tidak ada habisnya. Tergoda sedikit saja dapat membuat keuangan menipis jauh sebelum tanggal gajian. Guna menghindari hal tersebut, penting bagi kamu untuk membuat anggaran pengeluaran sesuai dengan prioritasnya.

Beauties, terlebih dahulu kamu harus dapat membedakan mana pengeluaran primer, sekunder serta tersier. Susunlah dari awal dengan mengurutkan pengeluaran dari yang paling penting hingga yang masih bisa ditunda.

Daftar tersebut tentunya dapat memudahkan kamu ketika berbelanja sehingga pengeluaran dapat diatur dengan tepat tanpa ada kebutuhan yang tertinggal. Gaji yang kamu miliki pun dapat teralokasikan secara seimbang.

Sebisa Mungkin Jangan Berhutang

Sebaiknya kamu menjauhkan diri dari godaan berhutang atau penawaran membayar setelah berbelanja.
Jauhkan diri dari godaan berhutang/Foto:Freepik.com/Freepik


Seringkali sebagian dari kamu terjebak dalam penawaran menarik, seperti promo. Mulanya memang biasa, namun jika dibiarkan terlalu lama malah menyeret kamu ke dalam lubang hutang yang sangatlah merugikan.

Dilansir dari laman Buzzfeed, berhutang dapat menjadi kesalahan terbesar ketika mengelola uang. So, daripada merugi di kemudian hari, lebih baik kamu menerapkan prinsip hidup secara sederhana dan menyesuaikannya  dengan kemampuan finansial yang kamu miliki. Berhutang sesekali memang tidak apa, tetapi dengan catatan hanya untuk hal penting dan langsung dibayarkan.

Jangan sampai kamu rela berhutang hanya untuk memenuhi ego semata ya, Beauties.

Jeli Terhadap Tawaran Promo

Lebih jeli dalam mencari beragam penawaran menarik untuk menekan pengeluaran
Manfaatkan promo dan discount menarik/Foto:Freepik.com/Rawpixel.com


Ingin tetap berbelanja ini itu tetapi terbentur budget yang pas-pasan? Jangan sedih, manfaatkanlah berbagai promo menarik untuk menekan pengeluaran.

Ya, di beberapa tanggal tertentu kerap dijadikan sebagai hari promo besar-besaran yang ditawarkan oleh beragam toko baik secara online ataupun offline. Cukup siapkan gadget serta kuota internet untuk berselancar sambil mencari promo-promo menarik di media sosial.

Jangan lupa pastikan kebutuhan primer sudah terpenuhi terlebih dahulu ya, Beauties, sebelum beranjak pada kebutuhan atau keinginan tersier.

Investasi Sesuai Kemampuan

Jika kamu tertarik dengan dunia investasi, kamu bisa memulainya secara kecil-kecilan dan menyesuaikan dengan kemampuan finansialmu.
Tidak ada salahnya untuk memulai invetasi/Foto:Freepik.com/Rawpixel.com


Kata investasi kerap dikaitkan dengan modal serta dana yang sangat besar. Pemikiran ini membuat sebagian dari kamu kerap ragu bahkan takut untuk berinvestasi dengan modal yang yang pas-pasan. Padahal, sudah banyak sekali pilihan investasi yang memberikan penawaran untuk penghasilan kecil sekalipun.

Sejatinya, investasi adalah kegiatan untuk meningkatkan peluang finansial kamu ke depannya. Seperti dilansir dari laman All Business, investasi sekecil apapun tentunya akan tetap menguntungkan jika dilakukan secara bijak dan tepat.

Jadi Beauties, tidak perlu lagi ragu untuk berinvestasi mulai dari sekarang. Cobalah untuk mencari tahu instrumen investasi seperti apa yang sesuai dengan kemampuan finansial agar tidak menjadi beban untuk kamu sendiri.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id