sign up SIGN UP

Krisis Uang Akhir Bulan, Ini 4 Cara Bijak Menolak Teman yang Suka Meminjam

Ruhil Anadiah Sabrina | Kamis, 29 Jul 2021 13:15 WIB
Krisis Uang Akhir Bulan, Ini 4 Cara Bijak Menolak Teman yang Suka Meminjam
caption

Kalau memasuki akhir bulan ngaku aja, kalian pasti ada yang mengalami krisis uangkan? Gaji belum juga cair, tapi banyak cicilan yang harus dibayar. Belum lagi nih, kalau ada teman yang tiba-tiba cari hutangan.

Wah, kalau sudah begini jadi sebel sendiri bukan? Mau menolak tapi sungkan dan kasihan, tapi diri sendiri juga sedang krisis pendapatan. Eits, nggak perlu ragu untuk menolak apabila kamu nggak bisa membantu. Nah berikut empat cara bijak menolak teman yang suka meminjam uang. Coba diikuti yuk, Beauties!

1. Jangan Ragu untuk Bilang Tidak

jangan ragu untuk bilang tidak
jangan ragu untuk bilang tidak/pexels.com/ Cliff Booth

Cara bijak pertama menolak teman yang suka meminjam yaitu, jangan ragu untuk bilang tidak. Kadang nih kalau teman berhutang, kita jadi kasihan untuk menolaknya. Padahal kita sendiri juga sedang butuh uang tersebut, apalagi di akhir bulan seperti ini.

So, nggak usah merasa bersalah kalau memang nggak bisa memberi pinjaman, kamu bisa menolak secara halus dan jelaskan alasan logis kamu nggak bisa membantunya. Dengan demikian semoga dia mengerti dan bisa menerima alasan tersebut. 

2. Bantu Dia untuk Mencari Alternatif Lain

bantu cari alternatif lain
bantu cari alternatif lain/pexels.com/ Karolina Grabowska

Kalau nggak bisa membantunya secara langsung dengan memberi pinjaman, kamu bisa mencarikan solusi atau alternatif lain. Nah kamu bisa mengarahkan dia untuk cari pinjaman ke teman yang ekonominya lebih berada misalnya.

Selain itu kalau temanmu punya bakat tertentu seperti desain, ajaklah untuk membuka jasa desain atau bisa membantunya menjual barang-barang yang sudah nggak terpakai lagi. Dengan demikian pelan-pelan bisa menghasilkan uang. Ingat setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, tinggal kita mau mencarinya atau tidak. 

3. Jelaskan Alasan Logis Kenapa Kamu Nggak Bisa Meminjamkan Uang

jelaskan alasan secara logis
jelaskan alasan secara logis/pexels.com/EKATERINA BOLOVT

Untuk menghindari yang namanya kesalahpahaman, kamu perlu menjelaskan alasan logis kenapa nggak bisa meminjamkan uang. Misalnya karena ada cicilan yang harus segera dibayar, uang tersebut digunakan untuk biaya pendidikan, digunakan untuk berobat, untuk membayar kontrakan, karena kamu memang sedang menghemat uang, atau alasan yang lain. Nah tujuan memberi penjelasan ini untuk menghindari kesalahpahaman atau konflik yang mungkin bisa saja terjadi. 

4. Bersikap Tegas Padanya

bersikap tegas padanya
bersikap tegas padanya/pexels.com/Liza summer

Untuk menghindari supaya nggak dimanfaatkan berkali-kali dalam meminjam uang, kita perlu bersikap tegas padanya. Apalagi nih kalau temanmu ini punya kebiasaan menumpuk hutang, di mana pinjaman yang dulu belum juga dibayar sampai sekarang. Di saat kamu mengikuti berbagai cara hemat uang, eh malah teman ingin pinjam uang. Nggak enak bukan?

Nah kalau si dia merayumu terus, mengeluarkan kalimat-kalimat sedih, janganlah mudah luluh. Sesekali perlu kamu tegasi, supaya nggak jadi kebiasaan. Tapi ingat lakukan dengan cara yang baik tanpa menyakiti perasaannya ya!

Itulah Beauties empat cara bijak menolak teman yang suka meminjam uang. Semoga tips di atas bisa membantumu untuk manage uang di akhir bulan.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id