sign up SIGN UP

Mindset Cerdas Psikologi Uang yang Bikin Cuan Terus Mengalir

Dian Aprilia | Selasa, 06 Jul 2021 16:30 WIB
Mindset Cerdas Psikologi Uang yang Bikin Cuan Terus Mengalir
caption

Keuangan atau finansial memang menjadi hal yang penting bagi setiap orang. Pasalnya uang menjadi alat tukar guna memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Mulai dari kebutuhan pokok, sekunder hingga tersier. Jadi penting bagi setiap orang untuk mempelajari cara mengelola keuangan yang benar.  

Cara mengatur keuangan tidak hanya dibutuhkan konsistensi dalam mencatat daftar pengeluaran, rutin investasi atau berhemat. Melainkan ada hal mendasar yang perlu diketahui agar mengelola uang dengan tepat yakni mindset cerdas perihal psikologi uang. Berikut ini beautynesia.id telah merangkum mindset cerdas psikologi uang yang perlu kamu miliki:

Pelajari Pola Umum dan Terapkan Sesuai Konteks

Cara mengatur keuangan dengan pelajari pola umum
Cara mengatur keuangan dengan pelajari pola umum/pexels.com/Lukas

Salah satu kesalahan cara mengatur keuangan yang sering dilakukan orang adalah terobsesi dengan strategi-strategi rinci dari orang-orang tertentu. Padahal belum tentu strategi tersebut sesuai dengan kondisi internal dan eksternal diri sendiri. Misalnya orang lain memiliki privilege koneksi, pendidikan dan lingkungan yang bagus.

Jika menerapkan konsep tersebut mentah-mentah, bisa jadi kamu malah gagal dan tak mendapat apa-apa. Untuk itu, hanya ikuti pola-pola kesuksesan yang umum saja, lalu modifikasi sesuai dengan kondisi yang kamu miliki. Contoh, membuat jadwal sehari-hari untuk menentukan aktivitas yang kamu lakukan.

Keberuntungan Berperan dalam Kesuksesan Finansial

Cara mengatur keuangan dengan keberuntungan
Cara mengatur keuangan dengan keberuntungan/pexels.com/Serpstat

Cara mengatur keuangan yang selanjutnya adalah menyadari bahwa keberuntungan berperan dalam kesuksesan finansial. Ada kalanya seseorang yang menghadapi kesuksesan akan berbangga diri karena menganggap hal itu adalah buah dari kerja kerasnya. Sementara jika gagal, ia berujar hanya sedang tak beruntung.

Sedangkan saat melihat orang lain yang gagal, mudah menuduh mereka bermalas-malasan. Jika orang lain sukses, menganggap hal itu hanya keberuntungan saja. Padahal tidak bisa dipungkiri kita banyak menemui berbagai keberuntungan dalam menghasilkan uang.

Pengalaman Pribadi Penting untuk Membuat Keputusan Finansial

Cara mengatur keuangan dengan pengalaman pribadi
Cara mengatur keuangan dengan pengalaman pribadi/pexels.com/energepic.com

Ada sebuah istilah yang menyebutkan bahwa pengalaman adalah guru yang berharga. Pengalaman juga berharga untuk menentukan cara mengelola keuangan yang tepat dan sesuai konteks.

Sehingga penting untuk merenungi berbagai pengalaman yang pernah dialami terkait keuangan. Misalnya, kegagalan karena bisnis yang tak terencana, hutang yang menumpuk, omzet besar tapi tak bertahan lama dan lainnya. Dari berbagai pengalaman tersebut, kamu bisa mendapatkan intisari dari kesuksesan finansial jangka panjang.

Rasa Iri dan Gengsi Bikin Keuangan Kacau

Cara mengatur keuangan dengan kurangi iri dan gengsi
Cara mengatur keuangan dengan kurangi iri dan gengsi/pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara mengelola keuangan selanjutnya adalah menghindari perasaan iri dan gengsi. Perasaan iri dan gengsi bisa menjerumuskan seseorang untuk berbuat gegabah. Salah satu contohnya adalah dalam proses investasi saham. Sebagian investor pemula mencoba membeli saham dengan tujuan agar bisa kaya dan melebihi kekayaan orang lain.

Hal ini bisa mendorong seseorang menggunakan seluruh uang yang dimilikinya untuk investasi. Bahkan tak sedikit orang yang memilih berhutang dan menggunakan dana pendidikan anak untuk investasi saham. Dalam jangka pendek, saham tersebut bukannya membawa keuntungan justru kerugian besar.

Mengelola Uang Sama Pentingnya dengan Mengumpulkan Uang

Cara mengatur uang dengan cara cerdas
Cara mengatur uang dengan cara cerdas/pexels.com/Liza Summer

Cara mengelola keuangan sering tak dianggap penting, sehingga banyak yang memutuskan untuk fokus mengumpulkan uang banyak. Padahal uang banyak sekalipun tak akan menimbulkan kebahagiaan jika tak pintar menjaganya.

Untuk itu, setiap orang perlu mempertahankan perasaan ketakutan jika uang hilang secara tiba-tiba dan dalam jumlah banyak. Hal ini akan membantu agar bertindak dengan lebih hati-hati dan rasional.

Itulah 5 cara mengelola keuangan dengan menanamkan mindset cerdas psikologi uang. Hal ini akan membuatmu bertindak lebih terukur, terarah dan tidak asal-asalan. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id