sign up SIGN UP

LIFE

Si Boros Wajib Tahu, Coba Hindari Kebiasaan Ini Supaya Keuangan Aman Terkendali

Penny Fatikasari | Rabu, 17 Jun 2020 23:00 WIB
Si Boros Wajib Tahu, Coba Hindari Kebiasaan Ini Supaya Keuangan Aman Terkendali
caption
Jakarta -

Nggak semua orang terampil mengelola keuangannya dengan baik. Tak peduli seberapa besar gaji yang kamu miliki, jika kebiasaan hidupmu terkesan boros pun uangmu bisa saja akan mudah terkuras dengan sendirinya. Padahal sadar akan finansial bisa membantumu menyongsong masa depan cemerlang. Mengelola finansial pun perlu ketekunan dan kesabaran yang terarah, karena akan ada banyak godaan bahkan rintangan yang kamu hadapi di dalamnya. Jika kamu menyadari bahwa kamu adalah orang yang boros, coba hindari kebiasaan ini supaya keuanganmu aman terkendali!

Tidak Menyusun Anggaran Finansial

Merasa acuh dan tidak menyusun anggaran finansial
Tidak Menyusun Anggaran Finansial/Freepik.com

Kamu yang merasa acuh tak acuh karena tidak menyusun anggaran finansial tentunya akan membuat keuangan harianmu kebablasan, lho! Tanpa kamu sadari, dengan menyusun anggaran finansial justru akan membuat keuanganmu jauh lebih terkontrol. Selain itu, hal ini tentunya akan memudahkanmu untuk membagi budgeting pengeluaran rutin baik harian bahkan hingga jauh ke depan. Dengan begitu, kamu pun akan mengetahui dimana letak pengeluaran yang membuat dirimu menjadi lebih boros.


Tidak Membiasakan Diri untuk Menabung

Tidak Membiasakan Diri untuk Menabung
Tidak Menabung/Freepik.com

Dengan menabung akan membuat dirimu lebih bertanggung jawab akan kebutuhan hidupmu. Kamu tentunya memiliki impian masa depan untuk mewujudkan apa yang kamu inginkan bukan? Misalnya rencana pernikahan impian, memilki rumah idaman, melanjutkan S2, liburan ke luar negeri bahkan menghadiahkan orang tuamu sesuatu yang spesial itu semua bisa kamu wujudkan dari hasil tabunganmu sendiri.

Jangan sampai uang kerja kerasmu dihabiskan hanya untuk foya-foya bahkan memenuhi lifestye. Nggak kebayang kebiasaan buruk ini akan membuatmu menjadi miris nantinya karena kamu tak memilki tabungan baik untuk dana darurat bahkan tabungan masa depan. Yuk, mulai sekarang biasakan dirimu untuk menyisihkan uang jajan sehari-hari untuk ditabung!

Tidak Memiliki Rencana Finansial

Tidak Adanya Rencana Finansial yang Matang
Tidak Memiliki Rencana Finansial/Freepik.com

Setelah gajian sebaiknya kamu sisihkan pendapatanmu untuk ditabung dan dipisahkan sesuai pos-pos keuangan yang telah kamu tentukan. Misalnya pos-pos keuangan saving, playing dan living, tak hanya itu kamu pun dapat membagi keuanganmu lebih bijak untuk berinvestasi. Jangan sampai saat menerima gaji justru kamu menghabiskannya untuk berbelanja online bahkan membeli kebutuhan yang tidak diperlukan. Jelas kebiasaan ini akan menjadikanmu pribadi yang impulsif dan hedon.

Selalu Mengandalkan Kartu Kredit

Selalu Implusif dan Mengandalkan Kartu Kredit
Selalu Mengandalkan Kartu Kredit/Freepik.com

Kebiasaan terakhir yang sebaiknya kamu hindari adalah coba hentikan penggunaan kartu kredit untuk memuaskan dirimu. Jangan sampai dirimu terlena  dengan kartu kredit yang bisa menambah hutang baru bagi dirimu. Berbelanjalah seperlunya dan jangan buat dirimu semakin boros dan tak bisa mengerem laju pengeluaran yang lebih besar daripada pendapatanmu.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id