sign up SIGN UP

Sulit Nabung Rutin? Yuk Terapkan 5 Cara Nabung Unik Ini, Dijamin Bisa Konsisten!

Dian Aprilia | Minggu, 07 Feb 2021 22:00 WIB
Sulit Nabung Rutin? Yuk Terapkan 5 Cara Nabung Unik Ini, Dijamin Bisa Konsisten!
caption
Jakarta -

Menabung adalah salah satu kunci penting untuk mencapai kebebasan finansial, yakni kondisi saat sudah memiliki uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan utama dan gaya hidup hingga usia tua. Kondisi ini biasanya ditandai dengan memiliki pekerjaan yang mapan, aset dan investasi sehingga andaipun ia tidak bekerja, ia tetap mampu memenuhi kebutuhannya.

Tak hanya itu, menabung juga memiliki segudang manfaat. Diantaranya adalah kamu bisa belajar hidup hemat, adanya uang di saat mendesak, dan mencegah dari punya hutang. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 cara nabung unik yang bakal bikin kamu konsisten nabung.

Menabung receh

Ilustrasi receh
Ilustrasi receh/pexels.com

Siapa bilang menabung receh sudah gak jaman lagi. Buktinya beberapa kasus yang viral di media sosial membuktikan bahwa menabung receh bisa untuk beli sepeda motor, mobil bahkan bayar UKT. Jangan remehkan pepatah yang menyebut ‘Sedikit demi sedikit, lama-lama akan menjadi bukit’.

Kamu bisa mengumpulkan uang receh dari kembalian warung, kembalian grab, atau uang receh yang berserak di rumah. Daripada membuat rumah berantakan lebih baik dikumpulkan. Kamu bisa menabung di botol bekas, toples yang tak terpakai dan lainnya.

Menabung sesuai kalender

Kalender
Kalender/pexels.com

Cara menabung unik yang pertama adalah menabung sesuai dengan kalender. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menabung sesuai dengan tanggal hari itu. Misalnya saat ini tanggal 1, maka kamu bisa menabung 1.000. Selanjutnya di tanggal dua, kamu bisa menabung sebanyak 2.000 dan begitu seterusnya.

Untuk sebulan saja kamu bisa mengumpulkan uang sebanyak 465 ribu dalam waktu 30 hari. Kamu bisa tingkatkan nominalnya sebanyak yang kamu inginkan dan sesuaikan kemampuanmu. Misalnya tanggal 1 dikali dengan 5.000 dan begitu seterusnya.  

Menabung acak

Menabung acak
Menabung acak/pexel.com

Selanjutnya, kamu bisa menabung secara acak berpijak dari target menabung selama per bulan. Misalnya, kamu menarget tabungan sebanyak 10 juta per bulan. Maka di awal bulan coba pecah target tersebut dalam nominal kecil, seperti 100 ribu, 300 ribu, 50 ribu, 10 ribu dan seterusnya.

Setiap nominal tersebut akan disisihkan setiap harinya. Pastikan jumlah seluruhnya bisa mencapai target nominal tabungan yang kamu tetapkan. Kamu bisa membuat strategi agar di awal bulan kamu pilih nominal yang paling besar. Sedangkan di akhir bulan, pilih nominal kecil agar tidak sulit dipenuhi.

Menabung nominal tertentu

Apakah kamu punya nominal favorit? Misal bagi kamu yang suka warna hijau, kamu bisa pilih uang pecahan 20 ribu sebagai nominal favoritmu. Jadi setiap kamu punya uang 20 ribu di dompet, kamu akan berkomitmen untuk menabungnya.

Kumpulkan di celengan favoritmu dan tunggu hasilnya. Kamu akan terkejut saat membuka celengan, ternyata 20 ribu yang disisihkan dan seperti tidak terasa bisa menjadi hasil yang besar di kemudian hari.

Menabung otomatis

Menabung otomatis
Menabung otomatis/pexels.com

Nah bagi kamu yang sering tidak punya uang cash karena mengandalkan ATM, kamu tak perlu bingung. Kamu juga masih bisa menabung secara otomatis meski melalui rekening, lho. Pastikan kamu punya dua rekening di bank, atau punya platform mobil banking yang bisa memisahkan tabungan.

Lalu pilih salah satu fitur untuk memtong otomatis saldo rekening dan memindahkannya ke rekening lain. Atau tabungan yang lain di rekening yang sama.

Jangan banyak alasan agar tidak menabung ya. Sebab jika memang betul-betul niat dan komitmen, pasti akan ada jalan. Selamat menabung!  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id