sign up SIGN UP

LIFE

Tips Hemat Antimainstream yang Efektif Kurangi Pengeluaran Bulanan

Dian Aprilia | Selasa, 16 Feb 2021 19:00 WIB
Tips Hemat Antimainstream yang Efektif Kurangi Pengeluaran Bulanan
caption
Jakarta -

Tak sama dengan pelit, hemat adalah sikap hati-hati dalam menggunakan uang, barang atau berbagai sumber daya lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidup. Sementara pelit, cenderung negatif karena menahan penggunaan uang atau barang meski untuk hal-hal yang penting.

Jadi jangan pelit tapi harus hemat ya. Lantas bagaimana cara untuk hemat? Sebenarnya banyak sekali cara untuk membiasakan hidup hemat. Mulai dari aktivitas dalam rumah seperti mematikan lampu, AC, TV saat tak digunakan dan lainnya. Namun, berikut beautynesia.id telah merangkum tips hemat antimainstream yang efektif yang bisa mengurangi pengeluaran bulanan:    

Tidak Liburan Saat Tanggal Merah

Liburan
Liburan/pexels.com

Biasanya tanggal merah jadi momen keluarga dan pasangan untuk menikmati liburan. Namun agar lebih hemat, sebaiknya kamu pilih liburan di tanggal biasa saja. Sebab, umumnya harga tiket transportasi dan hotel saat tanggal merah jauh lebih mahal dibandingkan hari biasanya. Mengingat tingginya permintaan di tanggal merah.

Salah satu keuntungan saat libur di hari biasa adalah pengeluaran jadi lebih hemat. Tempat wisata yang akan kamu kunjungi cenderung tidak terlalu ramai sehingga jadi lebih nyaman saat jalan-jalan dengan keluarga.

Jangan Belanja Saat Lapar

Belanja
Belanja/pexels.com

Pernahkah kamu belanja saat sedang lapar? Menurut penjelasan dari psikolog keluarga dan anak, Anna Surti Ariani mengungkapkan bahwa belanja saat lapar bisa membuat keinginan jadi tak terkontrol.

Saat lapar, sistem otak yang berperan mengambil keputusan jadi melemah. Hal ini membuat seseorang cenderung tidak berpikir saat akan bertindak. Hal ini rentan mengakibatkan kita membeli barang yang tidak dibutuhkan, atau merasa lebih impulsif. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum belanja, kamu makan dulu dan pastikan perut dalam keadaan kenyang ya!

Menikah dengan Orang Hemat

Menikah
Menikah/pexels.com

Lingkungan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam memutuskan perilaku. Untuk itu, kita sebaiknya memilih lingkungan pertemanan, kerja, dan pasangan yang baik agar pengaruh yang diberikan juga baik pula. Seperti halnya saat ingin berhemat.

Agar terbiasa hemat, kamu bisa memilih pasangan yang hemat pula, supaya kamu terbiasa terpengaruh untuk mengerem keinginan belanja atau boros dan punya ‘alarm hidup’ yang selalu bisa mengingatkan. Kamu juga bisa bikin perencanaan keuangan bersama, agar cashflow lebih terkontrol.

Ajak Teman Berbelanja

Belanja dengan teman
Belanja dengan teman/pexels.com

Cara ini memang terbilang fifty-fifty, sebab teman bisa bikin rencana hematmu gagal total atau malah lancar jaya. Oleh sebab itu, jangan asal pilih teman saat berbelanja. Pilih mereka yang sefrekuensi denganmu dan punya berbagai kesamaan minat.

Misalnya memilih teman yang sama-sama punya sense fashion yang sama, jadi saat nemu promo beli satu gratis satu, kamu bisa patungan dengan teman. Kamu juga bisa bikin kesepakatan budget di awal sebelum berbelanja, agar bisa lebih terkontrol.

Itulah 4 tips hemat antimainstrem yang manjur dan bisa kamu praktekkan sehari-hari. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id