sign up SIGN UP

LIFE

Tips Hidup Anti Boros Supaya Keuangan Nggak Kebobolan

Penny Fatikasari | Rabu, 22 Jul 2020 15:30 WIB
Tips Hidup Anti Boros Supaya Keuangan Nggak Kebobolan
caption
Jakarta -

Sudahkah kamu membuat pengeluaran keuangan dengan matang? Memang mengelola keuangan enggak semudah apa yang dikatakan, walaupun kamu sudah memiliki niat untuk menabung pun ujung-ujungnya akan mudah tergoda dan pada akhirnya bisa membuat dirimu menjadi boros. Namun, kamu enggak perlu merasa khawatir, kamu juga bisa menghindari sifat boros ini dengan melakukan tips berikut ini supaya keuanganmu enggak kebobolan. Simak artikel ini, yuk!

Bagi Jumlah Pendapatan dan Pengeluaran Rutin

bagi jumlah pendapatan dan pengeluaran
Bagi Jumlah Pendapatan dan Pengeluaran Rutin/Freepik.com

Salah satu hal yang membuat seseorang menjadi boros ialah tidak adanya perencanaan keuangan yang matang. Terkadang seseorang merasa malas untuk membuat daftar kebutuhan perihal keuangan, baik mencakup pendapatan maupun pengeluaran rutin yang ia lakukan. Padahal langah sederhana ini bisa membantu seseorang untuk membatasi pola hidup konsumtif agar tidak berdampak buruk bagi hidupnya. Mulai saat ini, cobalah membiasakan diri untuk membuat daftar kebutuhanmu. Dengan begitu, kamu pun akan lebih mudah untuk melihat perbandingan pemasukan dan pengeluaran yang kamu buat.


Buat Skala Prioritas

buat skala prioritas
Buat Skala Prioritas/Freepik.com

Biasanya akan ada saja godaan yang datang menghampiri walaupun kita sudah siap untuk lebih berhemat. Alangkah lebih baik kamu bisa membuat skala prioritas kebutuhan apa saja yang harus kamu beli. Dengan cara itu, kamu dapat mengetahui seberapa besar transaksi pengeluaran yang telah kamu lakukan. Kamu pun dapat melihat kembali kebutuhan pokok dan kebutuhan wajibmu yang harus segera dibayar tepat waktu. Dengan begitu kamu bisa mengidentifikasi hal-hal apa saja yang paling kamu butuhkan dan kebutuhan yang harus dicoret dari daftar prioritasmu.

Atur Target Keuangan

atur target keuangan
Atur Target Keuangan/Freepik.com

Kamu tentunya pasti memiliki kebutuhan impian yang ingin segera direalisasikan. Namun, butuh proses untuk mewujudkannya. Salah satunya dengan membuat tabungan impian dan berinvestasi. Maka dari itu, kamu harus mengatur target keuanganmu agar lebih disiplin dan terkontrol sesuai target yang kamu tentukan sendiri. Kamu pun harus konsisten menabung agar uangmu enggak kebobolan untuk digunakan ke hal yang lain.

Belanja Cerdas dan Hemat Budget

Belanja Cerdas
Belanja Cerdas dan Hemat Budget/Freepik.com

Siapa sih yang enggak pengen jajan kekinian, belanja, dan nongkrong cantik? Hal itu sepertinya sudah menjadi kebiasaan wajib yang dilakukan, alih-alih untuk menghilangkan stres justru malah kebobolan. Nah, kamu juga bisa mensiasatinya dengan mengganti kebiasaan lamamu menjadi kebiasaan yang lebih cerdas dan juga lebih hemat dalam mengelola keuangan. Coba gunakan kesempatan promo cashback belanja, promo free ongkir, bahkan voucher belanja yang ditawarkan. Dengan begitu kamu bisa meminimalisir arus keuangan berlebih namun tetap fokus supaya enggak boros dan kebobolan ya?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id