sign up SIGN UP

LIFE

Tips Mudah Menabung untuk Modal Nikah, Mulai dari Sekarang Yuk!

Ade Irma Suryani | Senin, 27 Jul 2020 11:30 WIB
Tips Mudah Menabung untuk Modal Nikah, Mulai dari Sekarang Yuk!
caption

Untuk menikah tentunya memerlukan banyak persiapan, termasuk dalam hal biaya. Ya, biaya yang harus dikeluarkan untuk persiapan menikah tidaklah main-main, karena membutuhkan pengeluaran yang banyak. Mulai dari perintilan sepreti cetak undangan, sewa baju pengantin hingga acara resepsi.

Nah, buat kamu dan pasangan yang mantap hubungan ke jenjang pernikahan harus mulai menyiapkan segala persiapan pernikahan dari sekarang. Termasuk menabung untuk modal menikah. Berikut tipsnya di bawah ini 

Menyusun Rincian Anggaran Pernikahan 

Dengan menyusun rincian anggaran menikah, maka dapat mengetahui berapa target tabungan yang perlu disimpan.
Menyusun Rincian Anggaran Pernikahan/Foto: Pexels.com

Sebelum mulai menabung untuk menikah, kamu dan pasangan perlu mengetahui berapa target tabungan yang dibutuhkan. Mulailah untuk menyusun segala kebutuhan pernikahan dengan rincian anggarannya sedetail mungkin.


Hitung pengeluaran dari terkecil, seperti mencetak undangan hingga yang terbesar seperti sewa gedung dan katering. Hal ini akan sangat membantumu dan pasangan untuk menyiapkan jumlah target menabung yang lebih terarah.

Membuat Rekening Tabungan Khusus Pernikahan

Membuang Rekening Tabungan khusus pernikahan akan sangat membantu untuk modal menikah.
Membuat Rekening Tabungan Khusus Pernikahan/Foto: Pexels.com

Tahap selanjutnya, membuat tabungan khusus bersama pasangan untuk pernikahan. Jadi, setelah gajian atau income masuk langsung pisahkan hasil penghasilan dengan jumlah uang yang akan ditabung.

Tabungan khusus sangat penting. Selain membantu memudahkan jalan menuju pernikahan, hal ini juga membuatmu dan pasangan semakin kuat dan semangat dengan komitmen kalian di awal.  

Memulai Kebiasaan Hidup Hemat

Memulai kebiasaan hidup hemat dapat membantu untuk mengumpulkan lebih banyak uang.
Memulai Kebiasaan Hidup Hemat/Foto: Pexels.com.   

Hidup hemat bukan berarti hidup serba irit dan pelit terhadap diri sendiri juga, lho. Hidup dengan hemat artinya kamu dapat mengelola keuangan dengan cara yang bijak dan cermat. Mulailah untuk menghemat pada biaya hidup sehari-hari, seperti biaya makan, listrik, air, transportasi, paket internet, dan lain-lain sebagainya.

Meski tidak mudah, cobalah untuk mulai melatih sedikit demi sedikit. Ingatlah, bahwa tujuan kalian untuk berhemat dari sekarang adalah agar bisa menyegerakan pernikahan. Dengan membiasakan diri belajar hidup hemat dari sekarang, maka hal ini akan sangat membantumu dan pasangan untuk terbiasa berhemat juga setelah menikah.

Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Tetap catat pemasukan dan pengeluaran agar dapat mengetahui jika ada pengeluaran yang konsumtif.
Catat Pemasukan dan Pengeluaran/Foto: Pexels.com

Jangan lupa juga untuk tetap mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan yang terjadi setiap bulannya. Pencatatan ini sendiri juga sangat penting, karena dapat menunjukkan kepadamu apakah selama ini ada pengeluaran yang berlebihan, sehingga dapat ditekan. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id