sign up SIGN UP

LIFE

Tips Nongkrong Bebas Deg-degan dengan Cara Mengatur Budgeting Ini

Penny Fatikasari | Rabu, 09 Sep 2020 22:00 WIB
Tips Nongkrong Bebas Deg-degan dengan Cara Mengatur Budgeting Ini
caption
Jakarta -

Mau nongkrong juga ada triknya, lho!  Bahkan penghasilan yang kamu miliki tentunya harus dikelola dengan baik atau bisa kamu sisihkan untuk pos khusus biaya hiburan. Jangan sampai kamu tidak mengelola biaya hiburanmu sehingga kamu akan mengeluarkan biaya lebih besar dari perkiraanmu. Mau nongkrong pun jadi bebas deg-degan dengan cara mengatur budgeting  seperti berikut ini. Simak yuk!

Buat Dana Khusus Hiburan

buat dana khusus hiburan
Buat Dana Khusus Hiburan/Freepik.com

Yup! Setelah diburu deadline, saatnya memanjakan diri. Salah satunya dengan berkumpul bersama sahabat, kerabat maupun orang-orang yang kamu sayangi. Memanjakan diri memang sah-sah saja, akan tetapi juga tahu akan batasannya. Nggak mau dong, keuanganmu terkuras habis semua, alhasil kamu jadi lupa ingatan kemana uang-uangmu perginya. Nah, untuk meminimalisir hal tersebut, kamu pun bisa membuat dana khusus untuk hiburan atau playing. Dengan begitu, kamu akan lebih bijak menggunakan biaya khusus yang sudah kamu bagi sebelumnya dan tidak mengotak atik pos keuangan lainnya.


Buat Rencana Anggaran

buat rencana anggaran
Buat Rencana Anggaran/Freepik.com

Mau nongkrong bebas deg-degan karena uang pas-pasan, maka kamu pun tentunya bisa mengatasi hal itu dengan membuat rencana anggaran. Kamu pun bisa membuat perencanaan keuangan sebanyak 5% hingga 15% untuk bersenang-senang, baik untuk liburan maupun hiburan lainnya. Karena dirimu juga butuh hiburan dan merefreshkan pikiran bukan? Jadi, siapkan dana anggaranmu sebaik mungkin, yuk!

Mampu Mengendalikan Gaya Hidup

mengendalikan gaya hidup
Mampu Mengendalikan Gaya Hidup/Freepik.com

Jangan sampai demi diakui oleh sahabat-sahabatmu, maka kamu bergaya seperti sultan. Jika kamu tidak mampu memenuhi kebutuhan akan gaya hidup seperti orang lain, sebaiknya cukup pahami dirimu dan bergayalah sesuai dengan isi dompetmu. Maka dari itu, kondisikan kemampuan dengan gaya hidupmu jangan paksa dirimu untuk bergaya seperti orang lain demi mendapat pengakuan.

Ikutan Member Card

ikutan member card
Ikutan Member Card/Freepik.com

Jika kamu ingin nongkrong dan gaya tapi tetap ingin hemat, enggak ada salahnya dong kamu ikutan member card? Saat ini pun sudah banyak tempat-tempat nongkrong yang menyediakan diskon dan promo menarik untuk kamu si pemilik member card tertentu. Jika kamu ingin lebih hemat, maka kamu bisa ajak sahabat dan orang-orang terdekat untuk main ke rumahmu dan membuat mini gathering seru memanfaatkan bahan makanan dan minuman yang ada di kulkas untuk diolah menjadi lebih lezat dibanding kafe-kafe dan resto fancy di luaran sana. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih berhemat dan kebahagiaanmu pun akan semakin bertambah seru.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id