sign up SIGN UP

LIFE

Uangmu Selalu Habis Sebelum Akhir Bulan? Coba Siasati dengan Tips Ini

Penny Fatikasari | Jumat, 24 Apr 2020 09:00 WIB
Uangmu Selalu Habis Sebelum Akhir Bulan? Coba Siasati dengan Tips Ini
caption
Mendapat gaji setiap bulannya harus pandai-pandai mengelola keuangan supaya enggak cepat habis sebelum akhir bulan. Namun nyatanya, kebutuhan yang sudah di rencanakan sedemikian rupa bisa habis sebelum saatnya. Nah, daripada uangmu selalu habis sebelum akhir bulan, coba siasati dengan tips ini, yuk!

Rutin Membuat Jurnal Keuangan


Foto: Istimewa

Jangan biasakan dirimu malas untuk membuat catatan mengenai jurnal keuangan setiap harinya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui hal-hal apa saja yang membuat uangmu selalu habis sebelum akhir bulan. Kamu pun akan belajar dari hal tersebut dan merencanakan kembali pengeluaranmu untuk kembali lebih baik.
 


Pangkas Kebutuhan yang Tidak Kamu Perlukan


Foto: Istimewa

Coba cek kembali pengeluaranmu dalam sebulan ini, ada nggak kebutuhan yang sebenarnya enggak kamu perlukan atau hal-hal yang membuatmu semakin boros akhir-akhir ini. Misalnya selalu pesan makanan dan minuman lewat ojek online, boros untuk membeli paket data kuota internet, skincare rutin dengan budget mahal supaya wajah tetap glowing atau boros untuk biaya langganan TV kabel.

Nah, mungkin kamu bisa pangkas dulu kebutuhan yang nggak kamu perlukan, daripada kamu beli makanan dan minuman via ojek online melulu, coba biasakan membawa bekal makanan dan membuatnya sendiri di rumah. Selain sehat kamu pun akan bisa belajar sedikit lebih hemat bukan?
 


Sisihkan Sebagian Gaji Bulanan


Foto: Istimewa

Kebutuhan pokok seperti makanan, bahan bakar kendaraan, hunian baik sewa kos, kontrakan bahkan cicilan rumah merupakan kebutuhan yang harus kamu penuhi. Belum lagi jika kamu memiliki tagihan kartu kredit bahkan hutang di perbankan yang wajib kamu cicil dengan bijak.

Jangan sampai membuat dirimu tergoda akan kebutuhan lainnya seperti diskon besar-besaran pada aplikasi belanja online sehingga membuatmu menjadi kalap dan lupa akan kebutuhan wajibmu. Maka dari itu, kamu bisa mensiasatinya dengan menyisihkan sebagian gaji bulanan pada dana daruratmu untuk berjaga-jaga ketika menghadapi kebutuhan mendesak.
 



Rancang Anggaran Sesuai Kebutuhanmu


Foto: Istimewa

Sesuaikan pendapatanmu dengan kebutuhan dan gaya hidupmu, dengan begini kamu akan terselamatkan. Jangan mencoba merancang anggaranmu dengan anggaran orang lain  karena setiap kebutuhan dan penghasilan orang lain tentunya berbeda-beda dan nggak bisa di sama ratakan. Oleh karena itu, kamu harus memahami betul mengenai keadaan dan keuanganmu. Jangan mudah terpengaruh orang lain sehingga kamu akan terjebak dalam keadaan yang nggak diinginkan nantinya.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id