sign up SIGN UP

LIFE

10 Kuliner Jepang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Josephin Tantono | Kamis, 02 Jul 2015 10:00 WIB
10 Kuliner Jepang yang Tidak Boleh Dilewatkan
caption
Saat ini, kuliner khas Jepang semakin mudah ditemukan di Indonesia. Mulai dari restoran fast food sampai restoran bintang lima banyak yang menyajikan menu asal Jepang. Bagi Minasan yang ingin mencoba makanan khas Jepang, jangan terpaku pada sushi dan ramen saja. Banyak makanan asal negeri sakura yang lezat dan wajib dicoba.

1. Okonomiyaki


Pancake ala Jepang berisi cacahan daging, gurita, udang, dan sayuran. Setiap daerah di Jepang punya okonomiyaki dengan isian yang berbeda. Di beberapa restoran Minasan diperbolehkan memasak okonomiyaki sendiri, namun lebih baik serahkan saja kepada sang ahli untuk mendapatkan hasil yang enak.
Foto: https://www.go-today.com/blog/taste-of-travel/10-foods-to-try-when-vacationing-in-japan/

2. Kaiseki


Kaiseki merupakan sajian full course yang menggambarkan 4 musim. Tidak hanya cantik, setiap jenis makanan yang ada di dalamnya juga sangat memuaskan lidah. Tidak ada menu pasti yang selalu hadir di Kaiseki, berbagai makanan dengan porsi kecil disajikan tergantung musim yang sedang berlangsung. Banyak orang menganggap Kaiseki merupakan bentuk seni dalam makanan.
Foto: https://www.tsuruga.com/en/dining/kaiseki.html

3. Soba


Mie yang terbuat dari gandum ini dihidangkan dalam berbagai bentuk. Soba bisa dimasak dengan saus kecap, dengan kuah panas atau disajikan terpisah dari kuahnya. Tekstur yang pas untuk dikunyah akan terasa enak disajikan dalam bentuk apa pun.
Foto: https://kampai.us/otafuku/

4. Yakitori


Yakitori mirip dengan sate yang ada di Indonesia. Yang membedakan adalah daging ayam yang digunakan bisa dari bagian apa saja. Kemudian daging ditusuk dan dipanggang di atas arang. Yakitori biasanya disajikan dengan saus asin atau saus manis sesuai selera kita.
Foto: https://www.go-today.com/blog/taste-of-travel/10-foods-to-try-when-vacationing-in-japan/

5. Japanese Curry Rice


Nasi kare Jepang memiliki cita rasa yang khas dan unik. Bumbunya kental dengan sedikit rasa pedas dan manis dari madu. Toppingnya beragam, bisa katsu (daging ayam, sapi, atau babi yang dilapisi tepung panir lalu digoreng), daging sapi, dan biasanya selalu ada apel. Nasi kare merupakan makanan favorit anak-anak hingga orang dewasa di Jepang.
Foto: https://missfits.wordpress.com/resep-masakan/resep-japanese-curry/

6. Kabayaki


Kabayaki adalah sajian fillet belut yang ditusuk seperti sate dan dipanggang diatas arang. Kabayaki dibumbui dengan saus kecap manis. Rasanya yang manis akan membuat Minasan ingin terus menambah.
Foto: https://lianhe0904.en.ec21.com/print_offer_detail.jsp?offer_id=OF0008348211

7. Sanuki Udon


Walaupun penampilan mienya terlihat tebal, namun teksturnya sangat pas untuk dikunyah. Rasa mie yang chewy dan lembut akan membuat Minasan ketagihan. Udon bisa dimasak dengan kuah ataupun disajikan kering. Telur merupakan teman yang biasanya hadir bersama dengan udon.
Foto: https://norecipes.com/no-recipes-vol-11/

8. Chirashi


Chirashi merupakan favorit penikmat sushi. Sajian nasi berbumbu dengan potongan ikan mentah dalam sebuah kotak bento atau mangkuk. Biasanya chirashi berisi potongan salmon, tuna, udang, dan telur.
Foto: https://www.huffingtonpost.com/charli-james/11-must-try-japanese-foods_b_5885816.html

9. Oden


Oden merupakan makanan yang paling disukai saat musim dingin. Kuah kaldu yang panas dicelupkan berbagai jenis fish cake dan pangsit dengan berbagai isi. Lobak, konyaku dan daging cincang juga biasanya dimasukan ke dalam kuah ini. Semua bahan dimasak sampai kaldu meresap dan tentu rasanya akan sangat lezat!
Foto: https://sushiandsake.net/special/food/detail_18

10. Taiyaki


Kue Jepang berbentuk ikan ini sangat cocok untuk dibuat cemilan saat lapar. Taiyaki biasanya berisi selai kacang merah, cokelat, keju atau sosis. Lebih enak bila dinikmati saat masih panas.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id