sign up SIGN UP

LIFE

12 Pose Yoga untuk Mengatasi Sakit Pundak dan Leher (Bagian 1)

Rizky Salsabil | Sabtu, 23 Jul 2016 05:00 WIB
12 Pose Yoga untuk Mengatasi Sakit Pundak dan Leher (Bagian 1)
caption
Bekerja seharian seringkali membuat kita lupa bahwa tubuh kita juga perlu dilemaskan agar tidak terus tegang. Sakit pundak dan leher mungkin menjadi masalah serius yang bisa mengganggu pekerjaan kita ke depannya. Untuk itu, luangkan beberapa waktu untuk melakukan beberapa pose yoga di bawah ini untuk mengatasi dan mencegah sakit pundak serta leher. Berikut 12 pose yoga yang dapat dicoba.

Easy Pose


Mulailah dengan Easy Pose. Duduk bersila dan buatlah dirimu senyaman mungkin dengan posisi tulang belakang yang tegak. Tarik napas dalam dan hembuskan perlahan. Pada saat menarik napas, rasakan udara mengalir dan perut yang mengempis. Ulangilah hingga 12 kali tarikan napas.


Foto: https://www.yogajournal.com/slideshow/healing-yoga-sequence-ease-neck-shoulder-pain/#0

Thunderbolt Pose: Asymmetrical Variation


Mulailah gerakan kedua dengan bertumpu pada kedua lutut. Angkat tangan kiri ke atas dengan jemari yang terbuka. Letakkan lengan kanan di belakang pinggul seperti posisi istirahat. Setelah itu, tariklah napas dan membungkuk kedepan, diikuti tangan kiri yang bergabung dengan tangan kanan dan letakkan wajah bagian kiri di lantai. Posisikan pantat lebih tinggi dari pada pinggul dengan berat badan yang bertumpu pada kedua kaki. Rileks dan biarkan tubuh senyaman mungkin. Setalah itu, angkat wajah, angkat lengan kanan seperti posisi saat bertumpu dengan kedua lutut. Ulangi kembali gerakkan seperti sebelumnya hingga beberapa kali.


Foto: https://www.yogajournal.com/slideshow/healing-yoga-sequence-ease-neck-shoulder-pain/#1

Cobra Pose: Variation


Berbaringlah dengan posisi perut menyentuh lantai. Letakkan kedua lengan di belakang dengan telapak tangan yang menghadap luar. Biarkan tubuh terasa rileks. Tarik napas dan letakkan telapak tangan bagian kiri di samping pelipis seakan memberi hormat. Lakukan gerakan yang sama pada lengan kanan. Ulangi selama beberapa kali.



Foto: https://www.yogajournal.com/slideshow/healing-yoga-sequence-ease-neck-shoulder-pain/#1

Extended Triangle Pose: Variation


Gerakkan berikutnya disebut Extended Triangle Pose, variation. Mulailah dengan menempatkan kedua kaki lebih lebar daripada bahu dengan telapak kaki yang mengarah 90 derajat.Tarik napas dan angkat kedua lengan sejajar dengan lantai lalu letakkan lengan kiri menempel sejajar di atas kaki kiri dengan tetap membuat kedua lengan berada pada sudut 180 derajat. Arahkan pandangan melihat kaki kirimu, lalu alihkan ke atas dan  perlahan angkat lengan kanan lebih mendekati wajah. Lakukan gerakkan ini beberapa kali bergantian dengan kaki kanan.
 


Foto: https://www.yogajournal.com/slideshow/healing-yoga-sequence-ease-neck-shoulder-pain/#1

Thunderbolt Pose


Gerakan selanjutnya adalah Thunderbolt Pose. Berlutut dan sejajarkan bagian tubuh atas dengan paha hingga dahi menyentuh lantai. Letakkan kedua tangan di belakang pinggul. Tarik napas, angkat tubuh dengan bertumpu pada kedua lutut, lalu rentangkan kedua tangan ke atas dengan punggung yang lurus lalu kembali ke posisi semula.
 


Foto: https://www.yogajournal.com/slideshow/healing-yoga-sequence-ease-neck-shoulder-pain/#1

Easy Seated Twist


Duduklah dengan kaki menyilang dan tulang belakang tegak. Tempatkan tangan kiri di lutut kanan, dan tangan kanan di atas lantai di belakangmu. Tarik napas dan putar bagian tubuh ke arah kanan. Lakukan gerakkan ini secara bergantian hingga beberapa kali.


Foto: https://www.yogajournal.com/slideshow/healing-yoga-sequence-ease-neck-shoulder-pain/#1
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id