sign up SIGN UP

LIFE

2 Rahasia Makanan & Minuman Korea untuk Kulit Youthful

Vivi Flyneza | Rabu, 18 Jan 2017 07:00 WIB
2 Rahasia Makanan & Minuman Korea untuk Kulit Youthful
caption
Selain skin care dan kosmetik Korea yang sangat luar biasa kualitasnya, makanan Korea juga merupakan rahasia kulit awet muda mereka lho. Ternyata, 2 makanan dan minuman berikut ini yang bisa memberikan mereka kulit flawless dan awet muda. Penasaran? Simak terus artikel ini, ya!

1. Kimchi


Kimchi adalah kubis yang dibumbui dengan bawang putih, gula, cabai merah dan garam kemudian difermentasi dengan menggunakan panci tanah liat selama berbulan-bulan. Saus tiram umumnya digunakan juga untuk menambah cita rasa. Ketika sudah jadi, rasanya akan sangat gurih dan pedas. Biasanya, makanan ini selalu ada sebagai side dish pada tiap waktu makan.
 


Foto: https://www.totalbeauty.com/content/slideshows/korean-diet-150413/page2


Makanan yang difermentasi selalu mengandung laktobasilus yang sangat baik untuk melawan bakteri patogen di dalam lambung. Jika lambung dalam keadaan baik, maka kulit pun akan tampak sehat. Makanan ini dipercaya dapat mengurangi jerawat bahkan keriput dengan cara menambah kelembapan kulit. Bakteri di dalamnya akan memproduksi hyaluronic acid alami yang dapat melembapkan kulit, sama seperti pada produk skin care lainnya. Dalam 4 minggu setelah rutin mengonsumsi kimchi biasanya perubahan akan terlihat dengan berkurangnya jerawat.
 


2. Sup Rumput Laut


Tentunya makanan ini sudah terkenal di mana-mana sebagai makanan yang sehat untuk metabolisme. Sup rumput laut telah menjadi makanan utama kesehatan di Korea Selatan. Cara membuatnya pun mudah, yaitu cukup merebus rumput laut ke dalam kuah kaldu. Tambahkan kecap asin, garam, bawang putih dan sesame oil untuk menambah cita rasa.
 


Foto: https://www.totalbeauty.com/content/slideshows/korean-diet-150413/page4


Sup rumput laut adalah makanan pertama yang wanita makan setelah melahirkan. Merupakan tradisi juga untuk memakan sup ini saat berulang tahun karena para ibu memakannya setelah melahirkan anaknya. Rumput laut mengandung banyak mineral yang dan omega-3 yang sangat penting untuk menutrisi kulit. Omega-3 dapat mengontrol minyak alami di dalam kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari yang terlalu terik sehingga produksi melanin penyebab penuaan dini dapat ditekan. 
 


3. Orboricha


Oboricha adalah barley tea yang telah dipanggang kemudian diseduh seperti teh pada umumnya. Barley tea mengandung antioksidan yang efektif untuk mencegah oksidan yang merusak tekstur kulit dan struktur DNA sehingga menciptakan keriput. Selain itu, teh ini dapat memperlambat pengeroposan gigi, lho! Teh ini seperti mouthwash yang dapat membunuh bakteri jahat di dalam mulut. Biasanya minuman ini selalu disajikan ketika makan untuk diminum setelah selesai makan. Selain aromanya yang merileksasi, minuman ini juga sangat baik untuk rutinitas dietmu.
 


Foto: https://www.totalbeauty.com/content/slideshows/korean-diet-150413/page5


 


4. Arak Makgeolli


Makgeolli adalah minuman alkohol yang terbuat dari nasi. Walaupun mengandung alkohol sekitar 6-8%, minuman ini memiliki kandungan gula sehingga rasanya akan sedikit manis. Cara membuatnya pun mudah, hanya perlu memfermentasikan nasi dan air dengan ragi. Rasanya akan seperti campuran minuman kombucha dan sake yang berwarna putih pucat.
 


Foto: https://www.totalbeauty.com/content/slideshows/korean-diet-150413/page3


Makgeolli mengandung agen probiotik yang setara dengan 100 gelas yogurt sehingga minuman ini sangat baik untuk kulit dan pencernaan. Orang Korea bahkan mengaplikasikan langsung air alkohol ini pada kulit untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Bahkan, salah satu brand ternama Tony Moly juga mengeluarkan sheet mask yang mengandung makgeolli. Produk ini mengandung asam amino dan vitamin B yang dapat mengencangkan dan mencerahkan kulit. 
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id