sign up SIGN UP

LIFE

4 Gerakan Sederhana Kencangkan Otot Perut

Danik Prasiska | Rabu, 12 Oct 2016 03:00 WIB
4 Gerakan Sederhana Kencangkan Otot Perut
caption
Bentuk tubuh yang ramping adalah idaman bagi setiap wanita. Salah satu bagian tubuh yang sangat diperhatikan oleh wanita adalah bentuk perut. Perut yang ramping dengan otot yang kencang merupakan bentuk perut ideal yang diburu oleh wanita. Berikut ini adalah gerakan yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan otot perut yang kecang dan bentuk perut yang rata.

Posisi Boat


Untuk melakukan gerakan boat sangat sederhana. Ikuti cara berikut

        
  1. Posisikan tubuh dan tangan berbaring lurus pada pada matras.
  2.     
  3. Angkat kedua kaki sebanyak 5 derajat dan tahan.
  4.     
  5. Angkat punggung dan kepala sebanyak 5 derajat dan posisikan tangan lurus ke arah kaki.
  6.     
  7. Bernafaslah secara perlahan, tarik nafas yang dalam selama 5 detik kemudian hembuskan.
  8.     
  9. Tahan tubuh Anda pada posisi ini sekitar 5 menit

Foto: https://www.satyaliveyoga.com.au/2012/11/06/boat-pose/

Saat melakukan gerakan ini, perut menjadi tumpuan tubuh. Anda akan merasakan perut seperti bergetar dan terasa panas. Ini adalah hal yang wajar dan merupakan bagian dari latihan pengencangan pada otot perut.
Dengan melakukan gerakan ini setiap hari selama lima menit dapat menjadikan otot perut kencang dan perut tampak rata tanpa menimbulkan gelambir atau buncit.


Posisi Kaki Terkunci


Posisi kaki terkunci adalah salah satu gerakan yoga yang dapat mengecilkan perut buncit dan mengencangkan otot perut.


        
  1. Berbaringlah pada matras dengan posisi tubuh lurus.
  2.     
  3. Angkat kepala ke atas sekitar 5 derajat.
  4.     
  5. Tekuk kaki kiri ke atas, hingga lutut berada diatas dada, hampir mengenai dagu.
  6.     
  7. Tekuk kaki kanan ketas, sejajar dengan kaki kiri.
  8.     
  9. Tahan kedua kaki dengan tangan dan bernafaslah dengan pelan.
  10.     
  11. Pertahankan posisi ini selama 3 menit.
  12.     
  13. Turunkan kepala hingga menempel pada matras kemudian lepaskan kaki kiri dan kanan kembali pada posisi berbaring lurus.

Foto: https://www.natural-cure.org/yoga-for-obesity/

Dengan gerakan ini, perut mendapatkan tegangan karena tertekuk. Gerakan ini dapat mengencangkan otot perut sekaligus menguatkan otot di sekitar tulang belakang.


Posisi "V"


Posisi V tidak jauh berbeda dengan posisi boat, bedanya adalah pada ketinggian kaki dan punggung yang diangkat. 
 

        
  1. Posisikan tubuh dan tangan berbaring lurus pada pada matras.
  2.     
  3. Angkat kedua kaki sebanyak 15 derajat dan tahan.
  4.     
  5. Angkat punggung dan kepala sebanyak 15 derajat dan posisikan tangan lurus ke arah kaki.
  6.     
  7. Bernafaslah secara perlahan, tarik nafas yang dalam selama 5 detik kemudian hembuskan.
  8.     
  9. Tahan tubuh Anda pada posisi ini sekitar 5 menit

Foto: https://www.rosmeinwonderland.com/2015/07/naukasana-boat-po.html

Posisi Mini Boat


Posisi mini boat merupakan salah satu posisi yoga yang dapat mengencangkan perut dan menghilangkan perut buncit. Selain itu, posisi ini dapat mengencangkan otot paha dan mengecilkan paha.

        
  1. Posisikan tubuh berbaring lurus diatas matras.
  2.     
  3. Tekuk lutut sehingga tubuh separuh berbaring.
  4.     
  5. Angkat kepala sekitar 5 derajat dan tangan menyentuh lutut.
  6.     
  7. Tahan posisi tersebut selama beberapa menit dan bernafaslah secara perlahan.
  8.     
  9. Letakkan kepala menempel matras dan luruskan kaki.
  10.     
  11. Ulangi posisi tersebut beberapa kali.

Foto: https://mobileyogaworkout.wordpress.com/2010/06/09/cool-down-postures/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id