sign up SIGN UP

LIFE

4 Kuliner Khas Betawi yang Selalu Diburu dari Waktu ke Waktu

Annisa Aprilia | Sabtu, 13 May 2017 02:00 WIB
4 Kuliner Khas Betawi yang Selalu Diburu dari Waktu ke Waktu
caption
Bicara soal Jakarta pasti tidak jauh-jauh dari macet, panas, dan sibuk. Tapi, tahukah Kamu, untuk sebagian turis domestik atau mancanegara, kota metropolitan ini bisa juga dijadikan alternatif destinasi wisata budaya, sejarah, bahkan kuliner. Nah, ini dia 4 makanan nikmat dari Jakarta, beberapa bahkan bisa dijadikan oleh-oleh khas Jakarta lho!


 


Es Selendang Mayang


Bagi kamu yang bukan berasal dari Betawi, pasti asing sekali saat mendengar nama es selendang mayang ini. Es selendang mayang adalah es tradisional khas Betawi yang segar dan menyejukkan kerongkongan, apalagi jika dinikmati ketika cuaca sedang panas, sehingga kamu yang sedang melancong ke Jakarta, tidak ada salahnya untuk membeli es tradisional khas betawi ini.


Foto: https://travelingyuk.com/kuliner-jakarta-legendaris/28752/

 

Bir Pletok yang Tidak Memabukkan


Bir ini bukanlah minuman yang memabukkan. Sebaliknya, bir yang satu ini justru memiliki khasiat bagi peminumnya. Ya, bir Pletok merupakan minuman tradisional asal Jakarta yang sama sekali tidak mengandung alkohol, lho Beautynesian. Terbuat dari jahe, serai, pandan wangi dan kayu secang, membuat minuman bir tradisional ini memiliki beragam khasiat seperti menghangatkan badan, mengobati masuk angin, meningkatkan nafsu makan dan lain-lain.


Foto: https://perjuanganpenciptalagu.blogspot.co.id/2014/07/keripik-singkong-balado-murah-jaktim.html


 


Dodol Betawi


Bicara soal dodol pasti kamu langsung teringat kota Garut, bukan? Padahal, tidak hanya Garut yang punya dodol, tapi Jakarta pun merupakan salah satu kota yang terkenal pula dengan olahan dodolnya yang khas.

Panganan berwarna cokelat mengkilat legit nan manis ini pastinya sangat nikmat. Beautynesian bisa menemukan dan membeli dodol asli Betawi dibeberapa tempat pembelian toko oleh-oleh di Jakarta.


Foto: https://imamazhari.blogspot.co.id/2013/09/dodol.html


 


Laksa Betawi Asli


Ada banyak jenis laksa yang bisa kamu coba dari daerah lain, tapi laksa yang satu ini pasti memiliki kelezatan yang berbeda dengan yang lainnya. Penasaran bagaimana rasanya makanan tradisional khas betawi ini? Kamu bisa menikmatinya pasar tradisional yang bisa dengan mudah kamu temui atau bahkan di restoran modern juga sudah banyak yang menyediakan menu ini. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencicipi semangkuk laksa yang hangat dan menggiurkan ini?


Foto: https://nulis.co.id/?p=30011
Wah, banyak juga ya makanan khas Jakarta yang bisa kamu coba! Atau ada yang ingin kamu beli sebagai oleh-oleh untuk kerabat di luar Jakarta?


 
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id