sign up SIGN UP

LIFE

4 Makanan Khas Betawi untuk Berbuka Puasa

Rima WK | Rabu, 14 Apr 2021 18:30 WIB
4 Makanan Khas Betawi untuk Berbuka Puasa
caption
Jakarta -

Makanan manis menjadi pilihan praktis bagi semua orang untuk menu buka puasa. Salah satunya adalah makanan tradisional. Nih, Beautynesia kenalin dengan makanan tradisional khas Betawi, DKI Jakarta, yang cocok buat menu buka puasa kamu di Ramadan kali ini. 

Tak hanya manis saja, makanan tradisional ini juga bisa disajikan hangat dan dingin. Enak banget buat mengisi perut kamu yang kosong setelah seharian puasa. Yuk intip pilihan makanan tradisional Betawi berikut ini.

1. Bubur Pacar Cina

Seperti namanya, Bubur Pacar Cina merupakan hasil perpaduan budaya Betawi dengan Tionghoa untuk kulinernya dahulunya. Makanan ini dibuat oleh pendatang Tionghoa di tanah Betawi, yang saat ini berada di wilayah Glodok, Jakarta Barat.

Bubur Pacar Cina terbuat dari campuran tepung sagu dan air yang didiamkan dan dipotong kecil-kecil (Pacar Cina), kemudian disajikan dengan siraman kuah gurih santan dan gula. Sajian ini bisa dinikmati dengan dingin-dingin dan cocok buat pelepas dahaga yang mengenanyangkan.

[Gambas:Youtube]

2. Setup Tape

Berbeda dari Tape Uli, yang menjadi ciri khas makanan Lebaran asal Betawi. Untuk di bulan Ramadan, Setup Tape menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Tapi, Setup Tape tidak menggunakan tape ketan hitam seperti Tape Uli, melainkan Singkong Tape. 

Setup Tape dibuat dengan bahan utama singkong tape, yang disajikan dengan kuah gurih dan manis dari rebusan santan, kayu manis, gula dan daun pandan. 

[Gambas:Youtube]


3. Bubur Jali

Bubur Jali kerap menjadi pilihan makanan untuk buka Puasa khas Betawi. Makanan ini memiliki bahan pokok biji jali. Namun, kini pohon jali tersebut sudah mulai langka di Jakarta, tetapi biji jali versi kemasan siap olah sudah dijual di pasaran. 

Bubur Jali ini diolah dari bahan biji jali yang direndam hingga mengembang menjadi bubur. Selain itu disajikan dengan kuah buatan dari gula merah cair, maizena laurt, gula pasir, air dan daun pandan. 

[Gambas:Youtube]

4. Kue Talam

Kue Talam masuk dalam jajaran kue tradisional asal Betawi dengan tekstur lembut dan rasa yang gurih dari santan. Kue ini tak hanya bisa dinikmati saat berbuka puasa tapi juga pilihan sajian saat berkumpul yang mudah didapatkan di jajanan pasar. 

Umumnya, Kue Talam ini terbentuk atas dua lapisan yang berbeda pada bagian bawah dan atas. Kue ini memiliki bahan dasar tepung beras yang diolah bersama santan, gula merah, santan, garam dan pandan. 

[Gambas:Youtube]


 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id