sign up SIGN UP

LIFE

4 Makanan yang Bikin Kulit Putih dari dalam ala Dokter Richard

Budi Rahmah Panjaitan | Selasa, 22 Dec 2020 12:15 WIB
4 Makanan yang Bikin Kulit Putih dari dalam ala Dokter Richard
caption

Tidak bisa dipungkiri, memiliki kulit putih alami yang terpancar dari dalam memang menjadi impian banyak orang terlebih lagi kaum hawa. Hal ini kemudian berbuntut pada laris manisnya berbagai treatment di klinik kecantikan maupun produk yang diklaim dapat memutihkan. Namun di samping itu, cara alami juga tidak bisa sembarang dilupakan. 

Ya, tanpa perlu treatment ataupun produk khusus, terdapat beberapa makanan yang bisa memutihkan kulit dari dalam. Hal ini dikutip dari penjelasan dr. Richard Lee di Channel Youtube Yulia Baltschun. Apa saja makanan tersebut? simak selengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tetang Zat yang Bisa Memutihkan

Makanan memutihkan kulit bisa didapatkan dari beberapa buah, sayur dan minuman/youtube.com/Yulia Baltschun
Makanan memutihkan kulit/youtube.com/Yulia Baltschun

Sebelum membahas lebih lanjut tentang makanan apa saja yang bisa dikonsumsi untuk memutihkan kulit dari dalam, sebaiknya diketahui terlebih dahulu penjelasan pengantar dari dr. Rihard Lee tentang zat yang bisa memutihkan kulit. Dalam sesi tanya jawab yang dihadirkan pada channel Youtube Yulia Baltschum, dr. Richard Lee menjelaskan bahwa ada 3 zat yang bisa membuat kulit menjadi putih. Ketiga zat yang dimaksud adalah Alpha Arbutin, vitamin C dan Glutathione.

Alpha Arbutin sendiri merupakan zat pemutih yang tidak untuk dikonsumsi melainkan hanya dioles saja. Oleh sebab itu, banyak produk skincare yang menggunakan kandungan ini sebagai bahan pemutih utama. Selanjutnya, vitamin C sebagaimana yang diketahui merupakan antioksidan terbaik yang ampuh mencerahkan sehingga efektif untuk memberikan hasil kulit putih alami dari dalam.

Tidak ketinggalan, Glutathione selaku antioksidan juga dapat menjadi zat pemutih. Glutathione ini bisa diproduksi sendiri oleh tubuh melalui organ hati. Sedikit banyaknya produksi Glutathione ini dipengaruhi oleh asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh sebab itu, salah satu upaya untuk mendapatkan kulit putih alami dari dalam adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu proses pembentukan Glutathione. Adapun beberapa makanan yang dapat membantu proses tersebut adalah sebagai berikut.

Biji-Bijian

Biji-bijian seperti chia seed, biji bunga matahari dan wijen bisa memutihkan /freepik.com
Biji-bijian/freepik.com

Makanan pertama yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan kulit putih alami dari adalan adalah biji-bijian. Ya, biji-bijian ini dapat meningkatkan produksi Glutahione dalam tubuh. sebagaimana yang diketahui, Glutathione ini berperan penting untuk mendapatkan kulit putih alami dari dalam.

Selain menambah produksinya, kandungan biji-bijian juga membuat Glutathione yang dihasilkan menjadi lebih bagus dan aktif. Hal ini tentu semakin mempercepat proses pemutihan dari dalam. Adapun biji-bijian yang disarankan oleh dr. Richard Lee untuk dikonsumsi ialah biji bunga matahari, biji wijen dan juga biji chia.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung sulfur dan selenium untuk membantu produksi glutathione/freepik.com
Sayuran hijau/freepik.com

Selanjutnya ada sayuran hijau yang juga dapat membantu kulit agar lebih putih dari dalam. Sebagaimana penjelasan dr. Richard Lee, sayuran hijau mengandung sulfur dan selenium yang tidak lain merupakan bahan aktif pembentuk Glutathione.

Semakin rajin mengkonsumsi sayuran hijau, tentu saja produksi Glutathione akan terbantu sehingga kulit putih alami dari dalam bisa didapatkan. Hal ini akan berjalan semakin baik saat penerapannya dibarengi dengan pola hidup sehat.

Buah Berwarna Merah dan Oranye

Buah warna merah dan oranye menghasilkan bahan aktif untuk pembentukan glutathione/freepik.com
Buah warna merah dan oranye/freepik.com

Tidak hanya sayur, buah juga bisa menjadi makanan yang memutihkan kulit dari dalam lho. Buah yang disarankan oleh dr. Richard Lee adalah buah yang berwarna merah dan oranye. Dia menyebutkan bahwa buah seperti tomat dan wortel merupakan dua yang sangat direkomendasikan.

Ya, hal tersebut bukan tanpa alasan karena sejatinya tomat dan wortel mengandung sulfur dan selenium yang dapat membantu produksi Glutathione dalam tubuh. semakin rutin dan teratur mengonsumsinya, tentu hasilnya akan semakin baik.

Susu Kedelai

Susu kedelai membuat kulit lebih putih, mulus dan juga halus/freepik.com
Susu kedelai/freepik.com

Nah, yang terakhir adalah susu kedelai atau soya. Minuman berwarna putih mirip susu ini juga efektif memutihkan kulit alami dari dalam karena mengandung phito estrogen. Bagusnya lagi, kulit tidak sekadar putih melainkan juga halus dan mulus. Untuk itu, bagi kamu yang menginginkan kulit putih alami, mulus dan halus, susu kedelai ini wajib masuk list minuman yang kamu konsumsi secara rutin ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id