sign up SIGN UP

LIFE

4 Manfaat Kecantikan Timun Suri, Buah Khas Bulan Ramadan

Hijria Khatimi | Rabu, 28 Apr 2021 18:15 WIB
4 Manfaat Kecantikan Timun Suri, Buah Khas Bulan Ramadan
caption

Siapa yang tak kenal timun suri? Buah dengan bentuk lonjong dan memiliki daging berwarna putih ini identik dengan datangnya bulan puasa. Sensasi menyegarkan yang diberikan timun suri, menjadikan buah ini salah satu buah favorit banyak orang untuk dijadikan hidangan berbuka puasa.

Dilansir dari Detikfood, buah yang masuk dalam keluarga cucubitceae atau labu-labuan ini mengandung vitamin C, vitamin A, hingga antioksidan. Kandungan-kandungan tersebut membuat timun suri tak hanya menyegarkan, tetapi juga baik untuk kecantikan.

manfaat Timun Suri untuk kecantikanmanfaat Timun Suri untuk kecantikan/ Foto: Detik Food

Ingin tahu apa saja kebaikan timun suri bagi kecantikan? Simak 4 manfaat timun suri bagi kecantikan kulit berikut ini.

1. Mendorong Produksi Kolagen

Kulit Elastis dan KencangKulit Elastis dan Kencang/ Foto: Freepk.com

Kandungan vitamin A pada timun suri bermanfaat untuk mendorong kelancaran produksi kolagen pada kulit kita. Kolagen sendiri merupakan salah satu zat yang penting bagi kecantikan kulit. Zat ini berperan terhadap elastisitas kulit, sehingga kulit senantiasa terjaga kekencangan dan kelenturannya.

Kolagen juga berperan dalam dalam proses regenerasi sel dan penyembuhan luka pada kulit. Kekurangan akan kolagen dapat membuat hilangnya elastisitas kulit, sehingga memicu munculnya kerutan dan garis halus.

2. Sebagai Sumber Antioksidan

Kulit Sehat
Kulit Sehat/freepik.com

Kulit sebagai organ terluar dalam tubuh kita seringkali terpapar oleh zat-zat berbahaya seperti polusi dan sinar UV yang menyebabkan radikal bebas. Radikal bebas berefek buruk bagi kulit karena dapat mempercepat terjadinya penuaan dini.

Oleh karenanya, kulit membutuhkan perlindungan. Salah satu perlindungan bagi kulit bisa didapatkan melalui antioksidan. Antioksidan akan membantu menangkal radikal bebas yang terlanjur masuk ke dalam tubuh dan memperlambat terjadinya penuaan dini.

3. Menghidrasi Kulit

Kulit Terhidrasi
Kulit Terhidrasi/freepik.com

Timun suri terkenal sebagai buah yang menyegarkan karena mengandung banyak air. Tingginya kandungan air membuat timun suri ampuh menghidrasi tubuh dan kulit. Terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan jika kulitmu dalam keadaan terhidrasi dengan baik. Beberapa di antaranya yaitu kulit akan terjaga kelembapannya, terlihat lebih cerah, dan terasa lebih kenyal.

[Gambas:Instagram]

4. Membantu Mencerahkan Kulit

Kulit Cerah
Kulit Cerah/freepik.com

Seringnya terpapar sinar matahari membuat kulit lama-kelamaan kian menggelap. Nah, merutinkan konsumsi timun suri bisa menjadi salah satu cara agar kulit menjadi lebih cerah, lho. Kandungan vitamin C yang terdapat pada timun suri akan bekerja dari dalam tubuh dan membantu mencerahkan kulit kamu.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id