sign up SIGN UP

LIFE

4 Masalah Menstruasi yang Sering Dialami, Jangan Diabaikan Ladies!

Siti Annisa | Senin, 03 Dec 2018 08:30 WIB
4 Masalah Menstruasi yang Sering Dialami, Jangan Diabaikan Ladies!
caption
Berbagai macam masalah menstruasi kerap mengganggu aktivitas kita sebagai wanita. Bukan cuma fisik tapi juga mental. Namun tetap saja, masalah menstruasi tetap menghampiri setiap wanita. Nah, untuk memahami masalah menstruasi yang mungkin pernah menghampirimu ini, kita intip yuk, apa saja yang menjadi penyebabnya.

1. Menstruasi Telat


Menstruasi datang terlambat bukan berarti kamu hamil. Kecuali, jika kamu sudah menikah atau
pernah melakukan hubungan badan dengan pasangan sebelum menstruasi datang dalam satu siklus yang kamu alami. Lagipula, siklus menstruasi setiap wanita itu pastilah berbeda. Normalnya, panjang siklus menstruasi adalah 21-35 hari dengan rumus dihitung dari hari pertama kamu datang bulan hingga hari pertama datangnya menstruasi di bulan berikutnya.

Sayangnya, informasi mengenai penyebab terlambatnya menstruasi yang dialami wanita ini kurang diekspos dan disebarluaskan kepada para remaja. Walhasil, masih banyak remaja hingga dewasa yang kurang memerhatikan kesehatan organ intimnya, maupun kesehatan fisiknya yang lain.
 


Foto: https://pinkycloud.com

Nah, sebagai pengetahuan dasar yang perlu kamu tahu, menstruasi yang datang terlambat itu
disebabkan oleh beban pikiran dan perasaan yang menumpuk dan mengakibatkan stres, obesitas atau berat badan yang berlebih, berat badan yang turun drastis dan mengalami anoreksia atau bulimia, hormon prolaktin yang berlebih, alat kontrasepsi yang digunakan seperti Pil KB, kelainan pada hormon dan sistem metabolisme yang mengganggu fungsi indung telur, penyakit kronis, masalahtiroid, menopause dini, serta kebiasaan merokok.
 


2. Darah Menstruasi Sedikit yang Keluar


Selain durasi atau siklus menstruasi yang berbeda antara satu wanita dengan wanita lainnya,
volume atau banyaknya darah menstruasi yang keluar juga pastilah berbeda. Biasanya, wanita
mengalami menstruasi selama 3-7 hari setiap bulannya, namun ada juga nih, yang pernah mengalami menstruasi hanya 3 hari atau kurang dari 3 hari.


Foto: https://selfcarer.com

Situasi tersebut menandakan bahwa darah yang keluar selama menstruasi itu hanya sedikit. Tapi, jangan keburu panik dulu ya, Beautynesian! Sebab, sedikitnya darah menstruasi yang keluar disebabkan oleh tipisnya lapisan endometrium (lapisan rahim) yang dibentuk oleh hormon esterogen yang tidak mampu diproduksi tubuh dalam jumlah yang memadai. Karena itulah, darah menstruasi yang diproduksi tubuh pun jadi sedikit. Dengan kata lain, volume darah menstruasi yang keluar setiap bulannya itu bergantung pada jumlah hormon esterogen yang mampu diproduksi tubuh.

Selain itu, darah menstruasi yang keluar sedikit ini juga disebabkan oleh faktor usia, alat
kontrasepsi yang digunakan yang bisa mengganggu kestabilan hormon dalam tubuh, obesitas dan penurunan berat badan yang tidak wajar, stres, dan penyakit dalam sistem reproduksi wanita. Nah, jika kamu merasa ragu atau ngeri berlebihan, ada baiknya sih, jika kamu mengonsultasikannya kepada dokter.


3. Mengalami Menstruasi yang Terlalu Lama


Normalnya, durasi menstruasi setiap bulannya adalah 5-7 hari, namun ada pula wanita yang
mengalami menstruasi lama hingga lebih dari 7 hari, istilah tersebut dinamakan
menorrhagia yang berarti hal tersebut tidaklah normal.

Penyebabnya adalah adanya masalah pada sistem reproduksi, seperti pendarahan uterus disfungsional, atau bisa jadi juga karena lapisan rahim yang menebal secara tak wajar. Kedua hal tersebut menyebabkan kondisi lapisan dinding rahim yang tidak stabil. Lapisan rahim tersebut merupakan tempat embrio menempel, jika lapisan rahim tidak stabil, maka embrio akan sulit menempel di dinding rahim dengan kuat dan menyebabkan embrio gagal untuk berkembang.


Foto: https://www.newszii.com

Penyebab lainnya bisa jadi karena penyakit tiroid yang akan memengaruhi kesulitan dan kemudahan untuk hamil, pertumbuhan sel tumor jinak seperti polip rahim, fibroid rahim, atau kista rahim, juga penyakit radang pinggul bisa memengaruhi lamanya durasi mensturasi ini, lho. Makanya, jika kamu merasa aneh dengan durasi waktu menstruasimu yang tak kunjung usai, sebaiknya kamu bertanya kepada dokter secara langsung.


4. Darah Menstruasi Tidak Lancar


Tidak lancarnya darah menstruasi yang keluar, seperti siklus menstruasi yang datang lebih cepat, lebih lambat, waktu datangnya yang tidak konsisten bahkan dalam hitungan bulan, bahkan ada yang tidak terjadi sama sekali, mungkin saja dialami oleh setiap wanita. Karena siklus normal menstruasi itu terjadi setiap 21-35 hari, maka jika kamu mengalami menstruasi dalam waktu kurang dari 21 hari atau bahkan lebih dari 35 hari, bisa dipastikan jika menstruasimu tidaklah lancar.


Foto: https://www.freepik.com

Ada 4 kategori menstruasi tidak lancar, yaitu Polymenorrhe dengan siklus menstruasi kurang dari 21 hari, lalu ada Oligomenorrhea di mana siklus menstruasi yang terjadi lebih dari 35 hari dan kurang dari 90 hari, ada pula Amenorrhea yang merupakan kondisi tidak datangnya menstruasi dalam 3 bulan secara berturut-turut, serta Metrorrhagia yaitu darah menstruasi yang keluar terlalu lama dengan volume darah yang juga terlalu banyak.

Penyebabnya hampir sama dengan ketiga masalah menstruasi lainnya, seperti menopause, kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi spiral atau pil KB, pola hidup sehari-hari yang tidak sehat, sindrom ovarium polikistik, masalah pada tiroid.

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri dan penyebab munculnya masalah pada proses menstruasimu,
manakah di antara 4 masalah di atas yang pernah atau kerap kamu alami? 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id