sign up SIGN UP

LIFE

5 Cara Diet Sehat Untuk Mencegah Kanker

Ratri | Jumat, 25 Sep 2015 05:00 WIB
5 Cara Diet Sehat Untuk Mencegah Kanker
caption
Untuk mendapatkan berat badan ideal Minasan bisa melakukan berbagai macam cara diet, mulai dari diet mayo, diet karbo, hingga diet air putih. Namun, sayangnya masih sedikit sekali orang yang mau mencoba diet yang sekaligus mencegah penyakit kanker. Mungkin bukan mereka tidak tertarik untuk mencoba, lebih tepatnya karena belum banyak tahu tentang cara diet sehat yang sekaligus dapat mencegah penyakit kanker. Minasan mau mencobanya?
Jika Minasan mau mencoba diet sekaligus mencegah kanker, Minasan bisa memulainya dari sekarang. Berikut beautynesia.id memiliki beberapa aturan makan setiap hari dalam diet yang dapat sekaligus membantu mencegah penyakit kanker. Mau tau caranya? Ikuti, ya.

Makanan Anti Kanker


Ada banyak makanan sehat yang dapat membantu mencegah naiknya berat badan dan mencegah tumbuhnya bibit kanker. Kira-kira makanan apa saja yang bisa Minasan manfaatkan untuk mencegah kanker?
Foto: https://www.javanonyshop.com/makanan-anti-kanker/

Makan Buah, Sayur & Biji-bijian


Buah, sayur, dan biji-bijian banyak sekali mengandung mikronutrien seperti flavonoid dan karotenoid yang berperan penting sebagai antioksidan. Nah, antioksidan yang dihasilkan ini yang dapat membantu tubuh melawan reaksi oksidasi yang dapat membunuh sel-sel tubuh, mencegah munculnya sel kanker, dan membunuh sel kanker. Karena itu, diet yang satu ini sebenarnya sangat dianjurkan namun sayangnya tidak terlalu diperkenalkan.
Foto: https://www.deherba.com/makanan-dan-minuman-sehat-anti-kanker.html

Mengonsumsi Banyak Serat


Mengonsumsi makan yang memiliki banyak serat bermanfaat sekali dalam membantu proses pencernaan makanan sekaligus membuang racun pemicu karsinogen dan mencegah tumbuhnya kanker payudara.
Foto: https://kesehatan.ilmci.com/read/2014/11/harapan-untuk-pasien-kanker-kolorektal.aspx

Mengonsumsi Kedelai Asli


Mengonsumsi kedelai dengan porsi yang cukup dapat efektif membantu mencegah kanker, lho Minasan. Namun yang perlu diketahui adalah bahwa susu kedelai asli dengan susu kedelai dalam kemasan yang dijual di supermarket itu berbeda. Untuk mendapat nutrisi dari kedelai yang asli, Minasan dapat mengonsumsi tempe, tahu, edamame, dan susu kedelai asli tanpa campuran pengawet atau pewarna. Dengan begitu, Minasan akan mendapat manfaat kedelai yang baik untuk kesehatan.
Foto: https://duniafitnes.com/news/kandungan-kedelai-yang-bebaskan-orang-dari-serangan-jantung.html

Kurangi Konsumsi Daging, Alkohol & Susu


Bukan berarti Minasan sama sekali tidak diperbolehkan mengonsumsi daging ataupun susu. Dalam sebuah penelitian, konsumsi susu dan risiko kanker prostat itu memiliki hubungan yang sangat erat. Sedangkan konsumsi alkohol memperbesar risiko kanker hati, kanker payudara, dan kanker saluran pencernaan. Konsumsi daging secara berlebihan dapat mengakibatkan kolesterol dan meningkatkan risiko kanker usus. Selain menyebabkan kanker, konsumsi daging dan susu dengan kandungan lemak berlebih dapat mengakibatkan kegemukan, dan kedua hal tersebut rentan sekali terhadap risiko kanker.

Berjemur di Bawah Sinar Matahari


Saat terkena sinar matahari pagi, tubuh Minasan akan mengaktifkan vitamin D dan hal tersebut akan membantu jaringan payudara menyerap kalsium, sehingga risiko kanker menurun. Minasan bisa mencoba berjemur selama 20 menit setiap hari ketika pagi atau bisa juga berjemur sambil jalan-jalan pagi. Selain sehat, kalori dalam tubuh juga terbakar, lho.
Foto: https://www.idbaca.com/2015/07/manfaat-berjemur-di-bawah-sinar-matahari-pagi.html
Ada baiknya mulai dari sekarang Minasan menjaga asupan makanan Minasan setiap hari. Tidak saja hanya karena ingin diet dan memiliki badan yang langsing dan ramping, tapi juga karena kesehatan yang begitu berharga untuk dijaga.
Selamat mencoba cara diet sehat tadi, ya Minasan.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id