sign up SIGN UP

5 Jenis Kopi Terenak Indonesia, Pecinta Kopi Wajib Cobain !

Soffya Ranti | Minggu, 31 Jan 2021 14:30 WIB
5 Jenis Kopi Terenak Indonesia, Pecinta Kopi Wajib Cobain !
caption
Jakarta -

Jika kamu salah satu pecinta kopi atau coffee addict gak lengkap rasanya kalau belum mencoba berbagai jenis kopi di Indonesia. Indonesia merupakan produsen ketiga paling besar biji robusta maka dari itu Indonesia juga memiliki berbagai jenis kopi dari berbagai daerah memiliki ciri khasnya masing-masing.

Untuk kamu yang tertarik dengan berbagai cita rasa dan jenis kopi Indonesia, berikut ini terdapat 5 jenis kopi terenak dari Indonesia yang wajib kamu cobain.

Kopi Luwak

jenis kopi paling enak di Indonesia yaitu kopi luwak/freepik.com
kopi luwak/freepik.com

Jenis kopi ini sudah pasti gak asing bagi kamu walaupun bukan pecinta kopi. Kopi yang juga diunggulkan karena cita rasa dan proses yang unik ini menjadi salah satu yang termasuk kopi paling enak dan termahal. Ini karena proses biji kopi yang terlebih dahulu melalui proses fermentasi luwak dan dihasilkan melalui kotorannya membuat kopi luwak memiliki cita rasa dan proses yang khas dan menjadi primadona para coffee addict.

Kopi Toraja

jenis kopi paling enak di Indonesia yaitu kopi toraja/blibli.com
kopi toraja/blibli.com

Kopi toraja memiliki cita rasa yang khas yaitu tidak meninggalkan rasa asam di mulut. Kopi jenis ini memang memiliki tingkat keasaman yang rendah dan memiliki sedikit cita rasa kayu dan rasa tanah. Aroma kopi toraja yang khas didapat dari petani kopi yang masih menggunakan teknik tradisional. Kopi ini merupakan salah satu yang favorit dan berasal dari Sulawesi Selatan.

Kopi Kintamani

jenis kopi paling enak di Indonesia yaitu kopi kintamani/kintamani.idkopi kintamani/kintamani.id

Kopi jenis ini berasal dari Bali. Memiliki aroma yang unik yaitu aroma jeruk citrus. Kopi ini memiliki kesegaran tersendiri bagi peminumnya. Ini karena kopi kintamani memiliki metode tradisional dengan menggunakan sistem air di Bali. Kopi ini cocok sekali untuk kamu yang kurang menyukai rasa pahit atau sepat.

Kopi Gayo

jenis kopi paling enak di Indonesia yaitu kopi gayo/visitbandaaceh.com
kopi gayo/visitbandaaceh.com

Kopi ini berasal dari dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Kopi Gayo menjadi salah satu kopi paling enak di Indonesia bahkan dunia. Memiliki rasa yang sangat seimbang tidak terlalu kuat maupun pahit. Kopi ini bahkan pernah dinominasikan menjadi kopi terenak di dunia yang pernah diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of America. Wah… patut dicoba banget ya Ladies.

Kopi Wamena

jenis kopi paling enak di Indonesia yaitu kopi wamena/tokopedia.com
kopi wamena/tokopedia.com

Kopi ini memiliki cita rasa yang cukup ringan dan tidak asam. Bagi kalian yang tidak seberapa kuat untuk minum kopi, kopi ini sangat cocok untuk kamu. Kopi ini ditanam dengan ketinggan minimal 2000 mdpl dan diproduksi secara tradisional dan organic oleh para petani Papua. Kopi Wamena juga menjadi salah satu kopi premium dan terenak di Indonesia.

Itulah beberapa jenis kopi terenak di Indonesia yang berasal dari berbagai daerah dan memiliki cita rasa yang berbagai macam.  Pecinta kopi jangan sampai ketinggalan untuk mencobanya ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id