sign up SIGN UP

5 Makanan Kaya Sumber Vitamin D Ini Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Raudiya Nurfadilah H | Minggu, 18 Jul 2021 17:00 WIB
5 Makanan Kaya Sumber Vitamin D Ini Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Saat pandemi covid-19 seperti saat ini, penting bagi kita untuk selalu menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi suplemen, makanan sehat, olahraga, dan berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari, yang dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, ketika berjemur, tubuh akan membuat vitamin D, paparan sinar matahari akan langsung mengubah bahan kimia di kulit menjadi bentuk aktif vitamin (kalsiferol) yang berfungsi untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang.

Bukan hanya dari sinar matahari, vitamin D pun ada pada makanan yang juga bisa membantu meningkatkan imun tubuh. Berikut ini makanan sehat yang kaya sumber vitamin D.

Kuning Telur

lemak, vitamin, dan mineral bisa ditemukan di bagian kuning telur
Kuning telur menjadi sumber vitamin D/ Foto: Freepik/ 4045

Banyak makanan yang menjadi sumber vitamin D, salah satunya kuning telur. Dikutip dari Healthline, sebagian besar protein dalam telur berada di bagian putih, sedangkan lemak, vitamin, dan mineral bisa ditemukan di bagian kuning. Kuning telur mengandung 37 IU vitamin D atau 5 persen dari nilai harian yang disarankan (DV).

Namun, kadar vitamin D kuning telur bergantung pada paparan sinar matahari dan kandungan vitamin D pakan ayam. Semakin sering ayam berkeliaran di bawah sinar matahari akan menghasilkan telur dengan kandungan vitamin D 3-4 kali lebih tinggi.

Tuna Kaleng

Kandungan vitamin D yang ada dalam tuna kaleng bisa mencapai 268 IU per 100 gram yang merupakan 34 persen dari DV
Kandungan vitamin d pada tuna kaleng/ Foto: Freepik/ Azerbaijan _stock

Makanan tersebut pastinya sudah tidak asing dikonsumsi, rasa yang enak dan praktis dalam penyimpanan biasanya banyak diburu orang sebagai persediaan makanan. Kandungan vitamin D yang ada dalam tuna kaleng bisa mencapai 268 IU per 100 gram yang merupakan 34 persen dari DV.

Selain vitamin D, tuna kaleng menjadi sumber niasin dan vitamin K, tetapi disarankan untuk tidak mengonsumsi tuna kalengan terlalu banyak karena biasanya mengandung methylmercury atau racun yang dapat ditemukan di banyak jenis ikan, yang jika menumpuk dalam tubuh maka bisa menyebabkan masalah serius.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id