sign up SIGN UP

LIFE

5 Manfaat Timun Suri, Buah Khas Bulan Puasa

Ersa Monica | Kamis, 29 Apr 2021 09:30 WIB
5 Manfaat Timun Suri, Buah Khas Bulan Puasa
caption
Jakarta -

Di bulan puasa, timun suri banyak dicari untuk diolah menjadi minuman yang biasa dihidangkan saat berbuka puasa. Buah yang termasuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae) ini memiliki karakteristik yang mirip dengan timun dan melon. Timun suri berbentuk lonjong dengan warna hijau kekuningan dengan tekstur daging yang lembut dan banyak mengandung air.

Buah ini mengandung banyak nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin C, kalium, kalsium, fosfor, flavonoid, dan saponin. Banyaknya nutrisi yang dikandungnya membuat buah ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi timun suri bagi tubuh:

Menghidrasi Tubuh

Timun suri memiliki kandungan air dan serat yang cukup tinggi. Kandungan air yang terdapat dalam buah ini dapat menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang jika dikonsumsi setelah seharian berpuasa. Selain itu, banyaknya kandungan air dan serat dalam timun suri juga dapat memperlancar sistem pencernaan.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Timun SuriTimun Suri/ Foto: Steemit

Vitamin C yang terkandung dalam timun suri diduga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin ini bekerja mendorong produksi sel darah putih yang berperan melindungi tubuh dari infeksi. Sifat antioksidan yang dimiliki vitamin C membuatnya dapat melindungi sel-sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas.

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat timun suri kali ini berasal dari adanya kandungan kalsium dan fosfor. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sering mengonsumsi timun suri akan membuat tulang sehat dan meminimalisir terjadinya keretakan tulang di masa mendatang.

Menyehatkan Sistem Kardiovaskular

Penumpukan kolesterol dapat dicegah dengan sering mengonsumsi timun suri karena kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan cucubirbitacins dalam timun suri juga dapat menurunkan risiko terbentuknya plak di dinding pembuluh arteri jantung atau bisa disebut aterosklerosis.

Mencegah Diabetes

Kandungan Cucurbita ficifolia pada timun suri memiliki peranan untuk mencegah kenaikan gula darah dalam tubuh secara drastis. Buah ini baik dikonsumsi karena dapat menjadi sumber energi di dalam tubuh meskipun tidak mengandung karbohidrat atau zat lain yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id