sign up SIGN UP

LIFE

5 Mitos dan Fakta Tentang Kecantikan yang Perlu Kamu Ketahui

Mustika Jati | Kamis, 04 Jul 2019 02:05 WIB
5 Mitos dan Fakta Tentang Kecantikan yang Perlu Kamu Ketahui
caption
Sebagai wanita yang tinggal di negara berdasar pada kepercayaan, banyak mitos-mitos yang beredar setiap daerahnya. Sejak kecil, kita hidup dalam aturan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan. Bahkan timbul mitos-mitos kecantikan wajah hingga bentuk tubuh. Faktanya, banyak hal yang ternyata merupakan mitos kecantikan dan masih dipercaya oleh banyak orang.

Mencukur Rambut akan Membuatnya Tumbuh Semakin Tebal


Foto: https://i.ytimg.com/vi/Tgmri82o6Ss/maxresdefault.jpg
Mungkin kamu sering sekali mendengar mitos satu ini. Katanya, dengan rajin-rajin memotong rambut akan membuatnya lebih tebal dan cepat panjang. Padahal pernyataan ini hanyalah mitos semata. Rambut yang belum dipotong tumbuh menuju ke satu titik, dan lebih tebal di akar dibandingkan ujungnya. Ketika kamu mencukur rambut dan memotong akarnya, bagian yang tebal akan tumbuh dan rambut akan terlihat lebih tebal. Namun mencukur rambut tidak akan mengubah warna dan kepadatan rambut.
 

Waktu Tidur Terbaik Adalah 8 Jam


Foto: https://img.freepik.com/free-photo/beautiful-woman-waking-up-her-bed-lazy-morning_1150-4887.jpg?size=626&ext=jpg
Pernyataan ini memang tidak salah, namun kamu juga perlu memperhatikan waktu tidur di malam hari. Jika kamu tidur pada waktu yang sangat larut, hal tersebut juga akan berefek pada kondisi kulitmu nantinya.

Malam hari adalah waktu yang sangat diperlukan oleh seluruh sel tubuhmu untuk beregenerasi. Ketika proses ini tersendat, maka proses ini pun terganggu. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa kondisi kulitmu kusam ketika tidur terlalu larut walaupun sudah menghabiskan waktu hingga 8 jam. 


Terlalu Banyak Makeup akan Membuat Kulitmu Berjerawat


Foto: https://dy6g3i6a1660s.cloudfront.net/6McfpEbQiWzaaFupL_7KpAPUAoo/orig.jpg
Ini pernyataan yang kurang benar, Ladies. Kulit yang berjerawat tidak hanya berasal dari makeup saja, namun juga jenis kulit serta bakteri atau kuman yang berada pada wajahmu. Ketika kamu menggunakan makeup, terkadang banyak wanita yang tidak membersihkannya hingga 100 persen. Itulah yang kemudian menyebabkan penumpukan residu pada pori-pori kulit sehingga mengakibatkan timbulnya jerawat.

Tak hanya makeup saja, ada beberapa faktor yang menyebabkan wajahmu penuh jerawat. Misalnya saja hormon, kulit wajah yang terlalu banyak memproduksi sebum dan juga terlalu banyak memegang wajah.

Makin Tinggi SPF, Makin Tinggi Proteksi yang Diperoleh Kulit


Foto: https://www.myonat.ch/4146-large_default/sunscreen-mineral-ecocert-spf15-50ml-eq-love-eq-love-home.jpg
Pernyataan ini sebenarnya salah, Ladies. Jumlah SPF yang tertera pada sunscreen hanya menunjukkan berapa lama seseorang akan terlindungi dari terpaan sinar matahari sebelum kulitnya terbakar. Jika hanya sekadar bepergian keluar, cukup kenakan sunscreen yang mengandung setidaknya SPF 15 dan aplikasikan kembali setelah kurang lebih 6 jam.

Minum Air untuk Melembapkan Wajah


Foto: https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/10/Inilah-Alasan-Mengapa-Anda-Harus-Minum-Air-Sebelum-Mengemudi.jpg

Minum air sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Rutinitas ini bisa menghilangkan toksin dan membuat wajah segar. 

Tapi, minum air tidak cukup memenuhi kebutuhan kelembaban wajah. Kulit kering yang disebabkan oleh genetik, tidak bisa ditangani dengan rutin minum air. Kamu masih perlu beberapa perawatan lainnya, seperti menggunakan pelembab, serum, dan juga nutrisi kulit lainnya.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id