sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Ampuh Agar Dietmu Tetap Berjalan dan Berat Badan Tidak Membengkak Selama Liburan

Intan Kumala | Minggu, 12 Mar 2017 01:00 WIB
5 Tips Ampuh Agar Dietmu Tetap Berjalan dan Berat Badan Tidak Membengkak Selama Liburan
caption
Banyak wanita gagal menjalankan diet saat liburan. Keinginan untuk mencoba makanan baru dan tidak menemukan makanan sehat seringkali menjadi penyebab kegagalan diet. Tidak hanya itu saja, kecenderungan untuk menikmati makanan dalam porsi besar juga seringkali terjadi saat liburan. Mencoba sekali dua kali tidak masalah. Hanya saja terkadang kita tidak mampu mengontrol diri sendiri sehingga mengabaikan kesehatan. Kamu hanya perlu melakukan beberapa hal berikut agar diet tetap berjalan dengan baik dan berat badan tidak membengkak selama liburan!

1. Membawa Bekal Sendiri


Menyiapkan bekal sendiri saat liburan tentunya memungkinkan kamu untuk mengonsumsi makanan sehat. Membawa bekal sendiri akan berguna saat kamu tidak menemukan restoran terdekat. Hal ini juga mencegah kamu merasakan lapar dalam waktu lama. Bawa bekal seperti roti gandum ataupun buah-buahan yang sehat dan mudah dibawa. 
 


Foto: https://food.detik.com/ramadan/read/2016/07/03/113342/3247714/900/perhatikan-7-hal-ini-saat-perjalanan-mudik-agar-tak-alami-diare-karena-makanan?d993303284


 


2. Memilih Sarapan Sehat


Biasanya beberapa hotel menyediakan sarapan dengan beberapa pilihan sebagai salah satu fasilitasnya. Kalau memang hotelmu sudah menyediakan menu sarapan, kamu boleh mengonsumsi makanan berat untuk menyimpan energi selama perjalanan. Hal ini juga menghindarkan kamu untuk mengonsumsi fast food pada siang hari. Eits, tapi jangan lupa ya untuk memilih makanan yang sehat seperti roti, telur, dan juga buah-buahan yang bisa memberikan energi yang cukup tanpa kalori yang tinggi.
 



Foto: https://www.pat-patterson.info/eating-well-while-traveling/

3. Pilih Makanan


Mencoba menu makanan lokal yang kamu kunjungi tentunya sah-sah saja. Namun, kamu harus pintar dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi agar tidak terlalu menyimpang jauh dari healthy lifestyle yang sudah kamu jalankan selama ini. Misalnya pilih makanan yang banyak menyajikan sayuran atau sedikit lemak. Bila kamu memang ingin mencoba pizza, pilih saja toping yang menyajikan sayuran tanpa banyak keju. 
 


Foto: https://kaltim.prokal.co/read/news/259606-pizza-sehat-dengan-tepung-gandum

4. Pilih Air Putih


Selama perjalanan kemungkinan akan lebih banyak minum karena tubuh lebih rentan dehidrasi di perjalanan. Untuk itu, sebaiknya pilih air putih daripada harus minum minuman bersoda atau minuman manis lainnya. Sebab, minuman bersoda dan minuman manis justru mengandung sekitar 40 gram gula lho. Tapi kalau kamu memang sedang ingin minum minuman yang segar, sebaiknya pilih jus buah yang lebih sehat. 
 


Foto: https://lifestyle.bisnis.com/read/20160222/106/521388/5-cara-untuk-tetap-berenergi-sepanjang-hari


 


5. Porsi Makan Tidak Berlebihan


Hanya karena baru mencoba makanan baru bukan berarti kamu harus memesan makanan berlebihan. Atau, jangan sampai kamu kalap saat tersedia makanan prasmanan yang memungkinkan kamu untuk mengambil porsi dalam jumlah yang lebih besar. Kamu tetap harus memerhatikan porsi makanmu ya kalau tidak mau tubuhmu semakin membengkak ketika lebaran. Jangan sampai porsi makanan yang berlebihan ini merusak diet yang selama ini kamu lakukan dan semua effort yang telah kamu lakukan sia-sia. 
 


Foto: https://lifestyle.okezone.com/read/2015/08/11/298/1194357/jangan-lakukan-ini-saat-makan-prasmanan


 


Pengaturan makanan yang tepat tentunya tidak hanya berlaku bagi wanita yang sedang diet saja, tapi juga buat kamu yang tidak ingin badannya lebih gemuk setelah liburan. . Terkadang setelah liburab, berat badan cenderung lebih mudah naik karena tidak bisa mengontrol makanan. Untuk itu, sebaiknya pilih makanan yang tepat dan hindari mengonsumsi makanan dengan porsi yang berlebihan.
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id