sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Ini Bikin Kue Kering Kamu Matang Sempurna, Apa Saja?

Dyah Na | Jumat, 22 May 2020 04:00 WIB
5 Tips Ini Bikin Kue Kering Kamu Matang Sempurna, Apa Saja?
caption
Membuat kue kering ternyata ada triknya supaya hasilnya enak dan tidak gosong, simak yuk!

Lebaran selalu identik dengan kue-kue kering seperti nastar dan kastengel. Meskipun saat ini kamu bisa mendapatkan kue kering dengan membelinya secara online, tetap saja membuat kue sendiri jauh lebih asik. Hanya saja, membuat kue kering sendiri enggak semudah yang dibayangkan. Kalau salah, bisa-bisa kue kering kamu tidak matang atau justru menjadi gosong. Perlu kamu tahu nih, ternyata gagalnya membuat kue kering bisa terjadi hanya karena kamu melewatkan hal-hal kecil seperti berikut ini, lho!
 


Menyaring Tepung


Foto: https://www.pexels.com/


Kue kering terbuat dari bahan utama tepung. Karena itu, kamu perlu memastikan jika kualitas tepung yang kamu pakai adalah yang terbaik. Tapi selain itu, jangan lupa untuk menyaring tepung yang akan kamu masukkan ke dalam adonan ya, Ladies. Tepung yang tdak disaring bisa lengkaet satu sama lain sehingg menghasilkan adonan yang menggerenjal. Tepung yang tidak disaring juga akan membuat adonan kue lebih susah diuleni sehingga hasilnya pun tidak enak.
 


Pakai Telur Segar


Foto: https://www.pexels.com/


Pernah enggak kamu menemukan kue kering yang masih berbau amis padahal sudah matang? Penyebab dari masalah ini adalah penggunaan telur yang tidak segar, Ladies. Telur memang memiliki masa kadaluarsa yang cepat. Maka dari itu, kamu perlu memastikan telur yang digunakan untuk membuat kue masih segar dan memiliki masa kadaluarsa yang masih lama. Dengan begitu, dijamin deh kue kering kamu enggak akan berbau amis.
 



Campur Bahan Sedikit Demi Sedikit


Foto: https://www.pexels.com/


Buat kamu yang tidak sabaran, mungkin akan langsung memasukkan semua bahan secara bersamaan. Tapi tahu enggak sih, cara ini justru hanya membuat adonan kamu jadi tidak rata, Ladies. Untuk membuat kue kering, kamu perlu mencampur bahan sedikit demi sedikit. Setelah mencampurkan sedikit bahan, aduk dan uleni, baru masukkan bahan lainnya. Dengan begitu, adonan kamu akan lebih merata dan lembut.
 


Suhu Oven yang Tepat


Foto: https://www.pexels.com/


Untuk mendapatkan kue kering yang matang namun tidak gosong, kamu perlu memperhatikan suhu oven sebelum memanggang. Pastikan, suhu yang kamu gunakan adalah 150-170 derajat celcius. Suhu di bawah 150 derajat celcius akan membuat kue sulit matang. Sementara suhu di atas 170 derajat celcius akan membuat kue kering kamu cepat gosong. 
 


Gunakan Alas Kertas Roti


Foto: https://www.pexels.com/


Agar kue kering kamu tidak lengket, jangan menaruh adonan langsung ke dalam loyang ya, Ladies. Pastikan kamu menggunakan alas kertas khusus roti saat roti dipanggang di dalam oven. Kertas khusus ini membuat adonan tidak lengket ke loyang, sehingga tidak hancur saat dipindahkan.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id