sign up SIGN UP

LIFE

6 Cara Jitu Agar Daging Kambing atau Sapi Tidak Berbau Amis

Susana Handoyo | Sabtu, 02 Sep 2017 02:00 WIB
6 Cara Jitu Agar Daging Kambing atau Sapi Tidak Berbau Amis
caption
Salah satu tantangan mengolah daging kambing adalah aroma amis dan prengus yang menempel pada daging. Padahal olahan daging kambing dapat dinikmati dengan cita rasa yang lezat. Terlebih untuk sajian Idul Adha 2017 kali ini. Yuk lihat 6 cara jitu mengolah daging kambing atau sapi agar tidak berbau amis. Dijamin kamu dapat membuat aneka masakan dengan tenang dan enak!

Jangan Mencuci Daging


Kebiasaan mencuci daging adalah kebiasaan yang wajib dilakukan ketika mengolah daging. Agar daging tidak berbau amis, sebaiknya daging kambing tidak dicuci terlebih dahulu. Dengan mencuci daging, bau akan semakin menyengat dan menjadikan daging kambingpun akan lebih alot. Lebih baik membuang air rebusan daging kambing yang pertama dan menggantinya dengan air baru ketika akan mengolah kembali. Jangan sampai Idul Adha 2017 tidak berkesan hanya karena ini ya, ladies.


Foto: https://www.wajibbaca.com


 


Membuang Lemak


Bagi sebagian orang, mengkonsumsi lemak merupakan suatu yang lezat. Namun ternyata selain tidak baik bagi kesehatan, lemak daging kambing ini juga menyebabkan bau amis, ketika diolah menjadi makanan. Jadi sebaiknya buanglah lemak yang menempel pada daging dengan cara mengirisnya. Agar lebih mudah, masukkan daging ke dalam lemari es dan bekukan. Jika lapisan lemak sudah membeku, kamu dapat mengiris dan membuang lemaknya dengan mudah.



Foto: https://www.wajibbaca.com


 


Baluri dengan Parutan Nanas


Nanas adalah buah yang berbau wangi dan sedikit asam. Dengan aromanya yang khas, buah yang berwarna kuning ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau amis yang menempel pada daging kambing atau sapi. Selain menyamarkan bau amis, parutan nanas juga ternyata dapat membantumu melunakkan daging kambing yang alot. Jadi kamu tidak perlu memasak terlalu lama ya, ladies. Kamu dapat memarut sebutir nanas dan membalurkan pada seluruh daging kambing atau sapi yang akan diolah. Diamkan selama 30 menit agar parutan nanas meresap. Setelah itu kamu dapat mengolahnya seperti biasa.


Foto: https://4.bp.blogspot.com


 


Baluri dengan Parutan Pir


Buah pir yang enak dinikmati ini juga berfungsi hampir sama dengan nanas. Buah pir dengan aromanya yang khas dapat kamu gunakan sebagai pencegah bau amis pada daging kambing ataupun sapi. Buah yang mudah didapat ini dapat kamu manfaatkan sebagai pelumur daging. Kamu dapat memarut buah pir dan lumuri pada daging kambing atau sapi. Diamkan sejenak dan olah daging seperti biasa. Dijamin menu olahanmu saat Idul Adha 2017 kali ini bebas dari bau amis.


Foto: https://www.merdeka.com


 


Rendam dalam Air Jeruk Nipis


Jeruk nipis termasuk salah satu buah yang mengandung asam dan vitamin C. Buah yang mengandung asam laktat ini sangat baik untuk mengurangi bau amis pada daging. Rasanya yang segar akan membantumu mengurangi bau tak sedap, yang akan mempengaruhi hasil akhir pada masakan. Air jeruk nipis yang asam dapat membunuh bakteri yang tertinggal dan menempel pada daging.

Caranya juga cukup mudah untuk diterapkan. Pilihlah 3 buah jeruk nipis yang matang dan peraslah. Kamu dapat membalurkan perasan jeruk nipis ke seluruh permukaan daging atau dapat kamu gunakan dengan merendam daging ke dalam perasan air jeruk nipis. Diamkan selama 1 jam dan olah seperti biasa.


Foto: https://www.wajibbaca.com


 


Tabur dengan Rempah-Rempah


Garam, lada bubuk, kapulaga dan merica merupakan bumbu dapur yang dapat berguna sebagai penyedap rasa. Makanan tanpa rempah-rempah akan terasa hambar. Rempah-rempah ternyata dapat menjadikan daging kambing tidak berbau amis. Aneka bumbu dapur ini juga akan membantu menetralisir darah, yang menyebabkan aroma tak sedap yang menempel pada daging. Campurkan garam, lada, kapulaga dan merica ke dapam satu wadah. Aduk hingga rata dan balurkan pada seluruh permukaan daging dan diamkan selama 1 jam. Cuci daging dan olah seperti biasa.


Foto: https://www.vemale.com


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id