sign up SIGN UP

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Menurunkan Sistem Imunitas Tubuh

Raudiya Nurfadilah H | Senin, 12 Jul 2021 13:00 WIB
6 Makanan dan Minuman yang Dapat Menurunkan Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imunitas tubuh yang sehat berperan penting bagi tubuh karena dapat melindungi dari berbagai penyakit, terutama saat pandemi covid-19 yang sekarang sedang melanda. Untuk menjaga imun tubuh bisa dilakukan dengan berolahraga dan menjaga pola makan.

Namun kamu juga harus hati-hati Beauties, karena ada beberapa makanan dan minuman yang bisa menurunkan imunitas tubuh dan membuat tubuh gampang terserang penyakit.

Berikut ini 6 makanan dan minuman yang harus kamu dihindari karena dapat menurunkan sistem imunitas tubuh.

Garam

Makanan yang tinggi kandungan garam menjadi salah satu penyebab imunitas tubuh menjadi melemah
Garam bisa menyebabkan menurunkan sistem imun/ Foto: Pexels/ Castorly Stock

Makanan yang tinggi kandungan garam menjadi salah satu penyebab imunitas tubuh menjadi melemah, merusak fungsi kekebalan tubuh, memicu peradangan jaringan dan meningkatkan terjadinya risiko penyakit autoimun.

Dikutip dari Healthline, garam bisa menghambat fungsi kekebalan normal, menekan respon antiinflamasi, mengubah bakteri usus, dan 'mempromosikan' generasi sel-sel kekebalan yang terlibat dalam patogenesis penyakit autoimun. Satu lagi, salah satu makanan yang dapat menurunkan sistem imun yakni keripik.

Makanan yang Digoreng

makanan yang digoreng bisa menyebabkan terjadinya peradangan dan kerusakan sel, menguras mekanisme antioksidan tubuh, dan mempengaruhi bakteri usus secara negatif.
Kurangi makanan yang digoreng/ Foto: Freepik/ Freepik

Makanan yang digoreng termasuk ke dalam kelompok molekul yang disebut produk akhir glikasi lanjutan (AGEs). Hal ini dapat terbentuk ketika gula bereaksi dengan protein atau lemak selama memasak dengan suhu yang tinggi.

Jika suhu ketika menggoreng makanan terlalu tinggi, AGEs bisa menyebabkan terjadinya peradangan dan kerusakan sel, menguras mekanisme antioksidan tubuh, dan mempengaruhi bakteri usus secara negatif.

Untuk menghindarinya, kurangi makanan yang digoreng seperti ayam goreng, kentang goreng, gorengan, dan lainnya.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id