sign up SIGN UP

LIFE

6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Arthritis

Intan Dwi | Jumat, 09 Oct 2020 08:00 WIB
6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Arthritis
caption

Arthritis adalah kondisi kesehatan yang melibatkan peradangan kronis pada persendian kamu. Nantinya, ini menyebabkan rasa sakit bahkan kerusakan pada persendian, tulang dan bagian tubuh lainnya tergantung pada jenisnya.

Arthritis ini memiliki dua jenis yang paling umum ditemui, yaitu osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA). Berikut ini adalah makanan dan minuman yang enggak boleh dikonsumsi oleh penderita arthritis.

Makanan Olahan Tinggi

Makanan yang diproses secara ultra seperti makanan cepat saji, sereal sarapan, dan makanan yang dipanggang biasanya mengandung gula dan pengawet.
Makanan Olahan Tinggi/freepik.com

Makanan yang diproses secara ultra seperti makanan cepat saji, sereal sarapan, dan makanan yang dipanggang biasanya mengandung gula dan pengawet. Dimana bahan-bahan itu berpotensi menyebabkan peradangan yang dapat memperburuk gejala radang sendi. Ada sebuah penelitian yang mengatakan jika makanan olahan meningkatkan risiko RA.


Mereka yang makan-makanan olahan dalam jumlah yang tinggi juga akan menunjukkan peningkatan faktor risiko penyakit jantung. Dengan demikian, makanan olahan tinggi memperburuk kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan risiko penyakit lain.

Makanan Asin

Mengurangi garam mungkin jadi satu pilihan yang baik bagi penderita radang sendi.
Makanan Asin/freepik.com

Mengurangi garam mungkin jadi satu pilihan yang baik bagi penderita radang sendi. Banyak makanan yang kandungan garamnya tinggi, seperti pizza, daging olahan, sup kaleng dan makanan lainnya. Jika orang-orang yang menderita arthritis mengkonsumsi garam secara berlebihan itu dapat memperburuk rasa sakit. Karena itu, lebih baik membatas jumlah konsumsi garam atau makan-makanan yang asin.

Daging

Beberapa penelitian mengaitkan daging merah dan daging olahan dapat meningkatkan gejala radang sendi.
Daging/freepik.com

Beberapa penelitian mengaitkan daging merah dan daging olahan dapat meningkatkan gejala radang sendi. Sebuah studi juga menunjukkan jika daging merah biasanya memperburuk gejala RA dan menimbulkan risiko radang sendi. Sebaliknya, jika seseorang yang mengonsumsi asupan dari nabati (tumbuhan) dapat memperbaiki gejala radang sendi.

Minyak Nabati Tertentu

Kandungan lemak omega-6 dan omega-3 dalam minyak nabati memang saangat penting untuk kesehatan.
Minyak Nabati Tertentu/freepik.com

Kandungan lemak omega-6 dan omega-3 dalam minyak nabati memang saangat penting untuk kesehatan. Tapi rasio omega-6 dan omega-3 yang tidak seimbang di sebagian besar makanan itu dapat meningkatkan peradangan. Karena itu, kurangi asupan makanan tinggi lemak omega-6, seperti minyak nabati dan tingkatkan asupan makanan kaya omega-3 seperti ikan untuk memperbaiki gejala sendi.

Gula

cola salah satu minuman yang mengandung banyak gula
Gula/freepik.com

Bagi penderita radang sendi haru membatasi asupan gula, terutama makanan yang memiliki kandungan gula tinggi. Misalnya, permen, soda, es krim bahkan saus barbecue juga harus kamu hindari. Karena minuman yang dimaniskan seperti soda dan makanan penutup, menjadi penyebab yang paling sering memperburuk gejala RA. Terlebih lagi minuman soda dapat meningkatkan risiko radang sendi secara signifikan.

Alkohol

Karena alkohol dapat memperburuk gejala radang sendi, siapa pun penderita radang sendi harus membatasi atau menghindarinya.
Alkohol/freepik.com

Karena alkohol dapat memperburuk gejala radang sendi, siapa pun penderita radang sendi harus membatasi atau menghindarinya. Sebuah studi mengaitkan asupan alkohol dapat meningkatkan kerusakan struktural tulang belakang. Tak hanya itu, alkohol juga bisa meningkatkan serangan asam urat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id