sign up SIGN UP

LIFE

7 Makanan Olahan Ikan Khas Nusantara yang Lezat dan Bergizi

Resti Agustiani | Jumat, 16 Aug 2019 04:45 WIB
7 Makanan Olahan Ikan Khas Nusantara yang Lezat dan Bergizi
caption
Ikan dikenal kaya akan kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh dan juga kecerdasan otak. Selain itu, ikan juga punya rasa yang sangat nikmat, apalagi jika diolah dengan cara yang tepat dan kreatif. Bicara soal kreativitas kuliner, bangsa kita memang juaranya, nih. Mau tahu 7 dari sekian banyak olahan ikan khas nusantara? Simak ulasannya berikut ini!

Pempek Palembang


Pempek yang berasal dari Sumatera Selatan bisa dibilang merupakan olahan ikan yang paling populer di Indonesia. Makanan ini terdiri atas beberapa jenis, yaitu pempek adaan, lenjer, kulit, dan lain-lain. Saat ini pempek bahkan bisa ditemukan di kota-kota besar di luar Sumatera Selatan. Gimana tidak, pempek punya rasa yang lezat, gurih dan tidak membosankan. Jadi, tidak heran kalau makanan ini dicari oleh masyarakat Indonesia secara umum. 


Foto: https://cdn2.tstatic.net/makassar/foto/bank/images/pempek-palembang.jpg

Mangut Lele Yogyakarta


Bagi kamu pecinta ikan sekaligus pecandu rasa pedas, mangut lele merupakan pilihan yang paling tepat. Mangut adalah masakan berkuah santan dengan bumbu kuning dan bumbu merah pedas. Cara memasaknya, lele dipanggang terlebih dahulu, lalu dimasukkan ke dalam kuah bumbu yang sedang dimasak. Kebayang nggak, tuh, bagaimana wanginya? Kalau sudah sesedap ini, cukup tambah nasi putih pun bisa makan berkali-kali, deh!


Foto: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2016/05/04/90b26586-431c-4222-a38b-e9619991b953.jpg?w=1772

Cakalang Fufu Pampis Manado


Cakalang fufu pampis bisa dibilang sudah cukup populer dan banyak digemari masyarakat Indonesia. Sebabnya, masakan ini cukup simpel dan bisa menjadi lauk makan jangka panjang karena bisa disimpan cukup lama. Saat memasaknya, ikan cakalang diasap terlebih dahulu kemudian disuwir dan dimasak dengan bumbu pedas hingga kering. Olahan ini bisa disimpan di dalam wadah atau toples. Wah, praktis banget, kan? Setiap mau makan, tinggal tambahkan cakalang pampis ke nasi putih hangatmu. Sedap!



Foto: https://i2.wp.com/resepkoki.id/wp-content/uploads/2017/04/Resep-Pampis-Cakalang-Fufu.jpg?fit=1920%2C1459&ssl=1

Ikan Woku Belanga Manado


Masih dari Manado, kali ini ada Ikan Woku Belanga. Kata "woku" mungkin sudah nggak asing lagi didengar di telinga, ya, karena inilah bumbu masakan khas Manado dengan cita rasa dan aroma yang kuat, yang kurang lebih terdiri dari daun kemangi, daun pandan, daun jeruk, daun kunyit, serai dan daun salam.

Bumbu ini biasanya digunakan juga untuk mengolah ayam. Sementara untuk olahan ikan, bumbu woku biasanya digunakan untuk memasak ikan tongkol atau ikan kakap. Sesuai dengan namanya, makanan ini dimasak di dalam belanga dan dimasak dengan cabai utuh untuk menggugah selera makan.


Foto: https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/b98d56a47ee5fc06/751x532cq70/ikan-woku-belanga-foto-resep-utama.jpg

Ikan Asam Padeh Padang


Selanjutnya, ada olahan Ikan Asam Padeh khas Padang, Sumatera Barat. Masakan dari daerah memang dikenal dengan bumbu yang mantap dari ramuan berbagai rempah-rempah. Sesuai namanya, ikan asam padeh sendiri punya rasa yang asam dan pedas, dari bumbu asam kandis yang cukup kuat. Masakan ini diolah tanpa santan, ya, jadi aman buat kamu yang tidak suka makanan bersantan.


Foto: https://i1.wp.com/resepkoki.id/wp-content/uploads/2017/11/Resep-Asam-Padeh-Ikan-Patin.jpg?fit=1276%2C1631&ssl=1

Sate Lilit Bali


Sate lilit merupakan makanan khas andalan dari Bali. Sate lilit bisa dibuat dari berbagai daging seperti kelinci dan ayam, dan bisa juga terbuat dari ikan. Untuk membuatnya, daging ikan terlebih dahulu dihaluskan lalu dicampur dengan parutan kelapa, bumbu halus kaya rempah dan bahan pelengkap lainnya. Adonan sate kemudian dililitkan ke batang serai untuk menambah aroma ketika dibakar.


Foto: https://content.shopback.com/id/wp-content/uploads/2017/09/28103521/sate-lilit-bali.jpg

Gohu Ikan Ternate


Beautynesian, ternyata Indonesia punya makanan sejenis sashimi dari Jepang, lho. Namanya Gohu Ikan dan berasal dari Ternate, Maluku Utara. Makanan ini diolah dari ikan mentah yang dipotong-potong kemudian dicampur dengan irisan bawang merah, cabai rawit serta bumbu-bumbu lainnya. Ikan yang sering digunakan untuk olahan ini adalah tuna. Kira-kira kamu suka enggak nih?


Foto: https://media.keepo.me/20181108090335/960x533--resep.jpg
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id