sign up SIGN UP

LIFE

8 gejala Anemia yang Tidak Boleh Kamu Abaikan, Salah Satunya Cepat Mengantuk!

Vindi Fitriana | Selasa, 28 May 2019 04:08 WIB
8 gejala Anemia yang Tidak Boleh Kamu Abaikan, Salah Satunya Cepat Mengantuk!
caption
Kita semua pasti sudah mengenal apa itu anemia secara umum. Sering merasa lelah adalah salah satu contoh gejalanya yang sering kita kenali di kehidupan sehari-hari. Tetapi apakah cuma itu? Apakah setiap orang yang merasa ngantuk dan kelelahan bisa dikatakan mengalami anemia?

1. Mudah Merasa Lelah


Sering merasa tiba-tiba mengantuk saat bekerja padahal sudah minum kopi? Jika perasaan mengantuk berat dan kelelahan itu terjadi hanya dalam 1-2 hari saja itu tentu tidak masalah, tetapi jika perasaan itu selalu muncul setiap hari selama berbulan-bulan ada kemungkinan kamu sedang mengalami anemia.

Seperti yang kamu tahu tubuh membutuhkan energi dari makanan yang dimakan setiap hari. Selain energi tubuh juga memerlukan suplai oksigen yang cukup ke otak untuk dapat tetap berkonsentrasi dan beraktifitas, yang sering disebut oksidasi dalam istilah sains.

Kedua kegiatan tersebut sangat tergantung pada jumlah sel darah merah dalam tubuh kamu. Seperti kamu tahu, darah adalah jembatan penghantar energi, oksigen, dan sari-sari makanan ke dalam tubuh kamu. Darahlah yang mengalirkan semua yang tubuh kamu butuhkan untuk beraktifitas. Saat jumlah sel darah merah kamu menurun, saat itulah pasokan oksigen dan energi menurun sehingga menyebabkan kamu mudah lelah dan mengantuk.


Foto: https://www.runtastic.com/

2. Bagian dalam Kelopak Mata Bawah Berwarna Pucat


Cara mendeteksi gejala anemia yang paling mudah untuk dilakukan di rumah dan tidak memerlukan banyak biaya adalah merenggangkan kelopak mata bagian bawah kamu dan lihatlah warna di bagian dalamnya. Jika warnanya merah daging maka kamu tidak mengalami anemia, tetapi jika warna kelopak mata bagian bawah-dalam itu pucat maka bisa dipastikan kamu sedang mengalami anemia.


Foto: https://www.mydr.com.au

3. Sakit Kepala yang Tidak Segera Sembuh


Sakit kepala bisa terjadi karena tidak normalnya peredaran darah di bagian kepala yang menyebabkan pembuluh darah di kepala menyempit atau melebar secara tiba-tiba, sehingga terasa sakit di kepala kamu.

Anemia juga menjadi salah satu alasan kenapa kepala kamu bisa terasa sakit karena kekurangan pasokan sel darah merah. Hal ini diperparah lagi dengan kurangnya jumlah oksigen yang masuk ke dalam bagian otak kamu.



Foto: https://www.achieveclinical.com/

4. Ujung Jari Menjadi Putih Jika Ditekan


Pernah mencoba menekkan ujung jari kamu atau pernah terjepit di ujung jari? Sudah pasti pernah mengalaminya. Jika tidak sampai terluka pasti bisa melihat ujung jari memerah bukan? Nah, tahukah kamu jika merahnya ujung jari itu dapat menandakan kamu sedang anemia atau tidak? Ya, jika kamu mencoba menjepit ujung jari kamu saat ini dan muncul warna kemerahan yang biasa ditemukan saat jari terjepit itu berarti kamu terbebas dari anemia.
 


Foto: https://www.medicalnewstoday.com/

5. Sesak Napas


Gejala yang satu ini masih ada hubungannya dengan gejala yang sebelumnya telah dijabarkan yaitu cepat lelah. Jika seseorang mengalami anemia, pasokan oksigen ke seluruh tubuhnya menjadi terhambat dan menyebabkan kita harus sering bernapas pendek-pendek. Karena itu, jika kamu mengalami anemia napas akan sering terengah-engah bahkan saat berjalan.


Foto: https://www.pennmedicine.org/

6. Palpitasi atau Jantung Berdebar-debar


Tahukah kamu, menurut penelitian, orang yang mengalami anemia dapat meningkatkan kemungkinan terserang penyakit jantung hingga 50 persen. Pasalnya, selama anemia jantung harus bekerja lebih keras memompa darah yang kaya akan oksigen ke jaringan dan organ tubuh lainnya.

Meningkatnya kerja jantung dalam memompa darah rupanya berdampak buruk. Sehingga, apabila kondisi seperti ini dibiarkan terus menerus, dapat mengakibatkan pembesaran jantung, denyut jantung cepat/tidak teratur, dan kegagalan jantung. 

Jadi jika kamu sering mengalami jantung berdebar, sebaiknya segera cari tahu penyebabnya dengan periksakan ke klinik atau puskesmas terdekat. Bisa jadi, kamu mengalami anemia.


Foto: https://www.medicalnewstoday.com/

7. Rambut Rontok


Jika kulit kepala kamu tidak cukup mendapatkan “makanan” dari tubuh karena darah yang tidak menyuplainya dengan baik maka kamu akan mengalami kerontokan rambut yang juga bisa menjadi indikasi anemia
 


Foto: https://www.medicalnewstoday.com/

8. Penurunan Kekebalan Tubuh


Anemia dapat dideteksi dengan seringnya kamu terserang penyakit. Adapun penyakit yang dimaksud adalah baik penyakit ringan seperti flu, batuk, dan penyakit-penyakit kronis lainnya seperti tuberkolosis, infeksi jantung, dan bahkan HIV/AIDS. Ya, kamu tidak salah baca, HIV/AIDS.

Mengapa demikian? Karena saat anemia, tubuh kamu tidak berenergi, lemas, sehingga penyakit pun menjadi lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Bahkan menurut beberapa penelitian, inflamasi dan infeksi kronis dapat memperburuk anemia kamu. Inflamasi atau infeksi menyebabkan sistem imun tubuh menghasilkan protein sitokin untuk mekanisme pertahanan. Namun, sitokin juga mempengaruhi respon tubuh terhadap produksi hormon EPO dan menghambat penyerapan zat besi dalam darah sehingga memperburuk kondisi anemia.


Foto: https://youaremom.com/

Itulah tadi 8 gejala anemia yang seringkali diabaikan orang karena menganggapnya sebagai penyakit ringan biasa yang sebenarnya dapat memicu penyakit lebih kronis lagi bagi tubuh. Maka dari itu, jagalah kesehatan ya Ladies. Jika sudah ada gejala tersebut, baiknya langsung periksan ke klinik atau rumah sakit terdekat.
 
 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id