sign up SIGN UP

LIFE

8 Kuliner Bogor Legendaris di Jalan Surya Kencana, Wajib Banget Dicoba!

Loransjia Milazania | Rabu, 20 Mar 2019 09:45 WIB
8 Kuliner Bogor Legendaris di Jalan Surya Kencana, Wajib Banget Dicoba!
caption
Selain terkenal sebagai kota hujan, Bogor memiliki banyak sekali kuliner legendaris yang bisa kamu coba lho, beauties. Berbagai kuliner super sedap berjejer dan bisa kamu nikmati di ruas Jalan Surya Kencana. Ingin mencobanya? Segera cicip 8 kuliner legendaris Bogor yang wajib untuk dicoba ini ya!

1. Soto Kuning Pak Yusuf


Yang bisa menjadi menu utamamu saat menyisir kuliner daerah surya kencana bogor adalah mengunjungi Soto Kuning Pak Yusuf. Warung tenda kuliner ini memang sederhana dengan gerobak dorong dengan kursi yang melingkarinya. Tetapi tidak perlu diragukan lagi keunikan kuah kuning sotonya yang begitu sedap. Soto ini juga memiliki isi yang melimpah dari daging, kikil, paru goreng, hingga jeroan. Dengan harga Rp40 ribuan kamu bisa menikmati satu porsi soto kuning ini dengan nasi dan minuman sebagai pelengkap, beauties.


Foto: https://www.zomato.com/jakarta/soto-kuning-pak-m-yusuf-bogor-tengah

2. Martabak Ncek Suryakencana Bogor


Martabak Encek sudah berjualan sejak 1970 an dan tetap eksis sampai saat ini. Rasa martabak legendaris di Jalan Surya Kencana ini memang sudah terbukti dengan antrian panjang setiap harinya di gerai ini lho, beauties. Kuliner ini menjadi favorit karena keempukan dari bahannya yang membuat martabak bisa tahan lama sampai keesokan harinya. Harga martabak berkisar Rp40 - Rp60 ribuan tergantung dari isiannya, keju, kacang, dan cokelat yang dipadukan atau disajikan terpisah.


Foto: https://www.instagram.com/jktfoodead/

3. Laksa Gang Aut


Kuliner ini menjadi sasaran bagi setiap pengunjung Kota Bogor. Laksa Gang Aut merupakan salah satu kuliner legendaris yang resepnya diperoleh turun-temurun sampai sekarang dijalankan oleh generasi ketiganya. Laksa terdiri dari potongan ketupat ditambah bihun, taoge, dan potongan oncom, tahu, dan telur, kemudian disiram kuah kental kuning yang harum dan penuh rempah yang juga sudah dicampur dengan parutan kelapa. Untuk menikmati kuliner ini, kamu dapat mencicipinya dengan harga 1Rp5 ribuan saja.



Foto: https://www.instagram.com/eaterpreneur/

4. Bir Kotjok Bogor


Minuman tradisional ini telah ada sejak 1965 dan dikenal dengan nama Bir Kotjok Abah. Minuman ini ternyata tidak berasal dari bir, melainkan minuman yang dibuat dari rempah-rempah seperti jahe dan kayu manis. Rasa manis berasal dari gula aren, dan minuman ini cocok dinikmati baik hangat maupun dengan es. Kuliner yang satu ini merupakan kuliner bogor murah lho, untuk satu kantung atau gelasnya dijual dengan harga Rp5 ribu rupiah saja. Wajib deh dicobain!


Foto: https://www.instagram.com/terkenang.rasa/

5. Sate Sumsum Pak Oom


Nuansa sate yang berbeda ditawarkan kedai Sate Sumsum Pak Oom ini nih, beauties. Kuliner ini sudah ada sejak tahun 1950-an dan bertahan karena keunikannya. Bila biasanya sate sapi umumnya menggunakan daging, berbeda dari sajian sate di kedai ini yang menyajikan sate dari sumsum sapi sampai jeroan. Tak hanya itu, beauties juga bisa mencicipi sate usus dan ginjal sapi yang menjadi favorit. Untuk menikmati hidangan unik ini, satu porsi yang berisi 10 sate dibanderol dengan harga Rp30ribuan. 


Foto: https://www.instagram.com/miss.foodculinary/

6. Bakso Kikil Pak Jaka


Sudah berdiri sejak 1993, Bakso Kikil Pak Jaka dikenal sebagai kuliner bogor surya kencana yang sangat legendaris. Bakso Kikil Pak Jaka begitu spesial di kalangan warga dan wisatawan karena menggunakan kikil empuk yang mudah dikunyah. Kikil yang diambil berasal dari bagian betis sapi karena bebas dari lemak. Nggak penasaran lagi kan beauties kenapa kikilnya begitu empuk saat dinikmati? Segera cicip sendiri deh kelembutan kikil dan bakso Pak Jaka dengan harga Rp25ribuan ini di Bogor.


Foto: https://www.instagram.com/miss.foodculinary/

7. Asinan Jagung Bakar Pak Sabur


Di Gang Aut, Surya Kencana punya kuliner yang nggak kalah enak dan legendarisnya, beauties. Ada asinan jagung bakar yang sudah berdiri sejak 1968 oleh Pak Sabur. Hingga sekarang, kuliner ini telah dipegang oleh generasi keduanya. Asinan jagung sendiri terdiri dari potongan timun dan sisiran jagung yang disiram kuah asinan berwarna oranye. Rasanya segar dari asinan ini bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp12ribu - Rp15ribuan, termasuk dengan sajian kerupuknya. 


Foto: https://www.instagram.com/surgamakan/

8. Cungkring Pak Jumat


Melengkapi wisata kuliner bogor surya kencana, tepatnya di Gang Aut ini, ada kuliner terkenal yang wajib banget untuk dicoba. Kuliner populer ini mempunyai nama Cungkring Pak Jumat. Menu lezat ini sebenarnya sama dengan lontong kikil tetapi kenikmatan rasanya saat disajikan di daun pisang dengan tambahan gorengan semakin memperkaya rasa kuliner ini. Tak ketinggalan, beri tambahan bumbu kacang untuk menyempurnakan hidangan Cungkring yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp17 ribuan.


Foto: https://www.instagram.com/makanajadah/

Kira-kira kuliner legendaris mana yang mau kamu coba duluan nih beauties di Jalan Surya Kencana Bogor?


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id