sign up SIGN UP

LIFE

Ada Wabah Listeria di Jamur Enoki, Penyakit Apa Itu?

utty tuti | Jumat, 26 Jun 2020 08:40 WIB
Ada Wabah Listeria di Jamur Enoki, Penyakit Apa Itu?
caption

Sudah pernah coba jamur enoki? Biasanya jamur enoki dibuat tumis, digoreng dengan tepung, atau dibumbui merah yang pedas ala Korea.

Namun mendadak jamur enoki menjadi perhatian banyak orang karena dikaitkan dengan wabah listeria. Jamur yang diimpor oleh salah satu perusahaan Korea Selatan ini disebut terdapat bakteri listeria.

Jamur Enoki ada penyakit listeria
Jamur Enoki/Freepik.com

Apa Itu Bakteri Listeria?

Listeria monocytogenes (L. monocytogenes) adalah spesies bakteri patogen penyebab penyakit yang bisa ditemukan di lingkungan lembap, seperti tanah, air, vegetasi yang membusuk, dan hewan. Bahkan bakteri ini bisa hidup di suhu dingin dan tindakan pengawetan makanan lainnya.


Saat seseorang mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi L. monocytogenes, bisa menyebabkan penyakit yang disebut listeria atau listeriosis. Dikutip dari Health.detik.com, yang dilansir dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, ada berbagai gejala listeriosis yang muncul, tergantung pada keparahan penyakitnya.

Untuk gejala ringannya akan muncul, demam, nyeri otot, mual, muntah, dan diare. Gejala ini bisa berkembang, seperti sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, dan kejang-kejang.

Jamur Enoki ada penyakit listeria
Jamur Enoki/Freepik.com

Parahnya penyakit ini juga bisa mengakibatkan kematian pada orang muda, lanjut usia, dan orang dengan imunitas yang lemah.

Saat seseorang terkontaminasi, gejala-gejala itu bisa muncul dalam waktu beberapa jam atau 2-3 hari setelah mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri. Kondisi itu bisa berkembang semakin parah dalam waktu tiga hari hingga tiga bulan.

Gimana Pencegahannya?

bahaya penyakit listeria untuk ibu hamil
Ibu hamil/Freepik.com
  • Untuk mencegah dan memperlambat pertumbuhan bakteri tersebut dengan mengatur kulkas hingga 4 derajat Celcius dan freezer hingga -18 derajat Celcius.
  • Selain itu, bersihkan kulkas, peralatan dapur seperti talenan atau pisah yang bisa terkontaminasi makanan. Caranya, bersihkan dengan larutan kaporit pada air hangat. Setelah itu, keringkan dengan kain atau tisu bersih.
  • Jangan lupa bersihkan noda dan kotoran yang ada di dalam kulkas agar bakteri tidak bertumbuh.
  • Cuci tangan dengan air hangat dan sabun setidaknya selama 20 detik, sebelum dan sesudah menangani makanan, atau setelah membersihkan peralatan seperti kulkas.
  • Untuk kamu yang sedang mengandung, orang tua, dan orang dengan imunitas lemah harus menghindari makanan tertentu, seperti susu dan keju yang tidak dipasteurisasi, kecambah mentah, ikan mentah, dan beberapa makanan mentah lainnya yang berisiko tinggi terkontaminasi L. monocytogenes.
  • Untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang dari hewan ke manusia, jaga kebersihan alat-alat yang digunakan untuk memberi makan binatang peliharaan.

Jadi, hati-hati ya semuanya! Tetap jaga kebersihan di rumah dan peralatan yang digunakan. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id