sign up SIGN UP

LIFE

Agar Terhindar dari Obesitas, Jalani Pola Makan Sehat Berikut Ini

Ade Suryani | Senin, 04 Nov 2019 13:45 WIB
Agar Terhindar dari Obesitas, Jalani Pola Makan Sehat Berikut Ini
caption
Jika kamu ingin tetap sehat di masa mendatang, maka kemunculan obesitas adalah salah satu hal yang harus dihindari sedini mungkin. Untuk menghindarinya, kamu harus menjaga pola makan dengan baik dan rutin berolahraga. Di bawah ini adalah pola makan yang harus kamu lakukan agar terhindar dari obesitas.

Hindari Konsumsi Daging Merah


Foto: https://rancahpost.com

Sebaiknya kamu memang menghindari terlalu banyak mengonsumsi daging merah. Konsumsilah makanan yang lebih banyak mengandung protein rendah lemak, seperti dada ayam dan ikan salmon. Karena protein berperan penting untuk seseorang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.
 


Perbanyak Konsumsi Sayur


Foto: https://lagizi.com

Perbanyaklah mengonsumsi sayur, karena sayur juga penting dalam menurunkan berat badan. Hal ini karena sayur mengandung serat larut dan tidak larut. Begitu juga dengan vitamin, mineral dan antioksidan.
 


Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Trans


Foto: https://craigbailey.com

Hindarilah makanan-makanan yang mengandung lemak trans. Lemak trans ini banyak terkandung di makanan cepat saji, makanan instan, dan junk food. Karena jenis lemak seperti ini bisa menambah berat badan dengan cepat.
 


Batasi Asupan Gula Berlebihan


Foto: https://pinkkorset.com

Untuk asupan gula disarankan tidak lebih dari 10% total kalori harian. Wanita dengan berat badan normal, misalnya butuh sekitar 1900 Kcal per hari, sehingga asupan gula tak boleh lebih dari 10-11 sendok teh. Lebih bagus lagi kalau bisa menekannya di bawah 5%.
 


Sediakan Makanan atau Cemilan Sehat


Foto: https://sepulsa.com

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang disimpan di rumah atau yang di sekeliling kita sangat mempengaruhi berat badan dan perilaku makan kita. Oleh karena itu, sediakanlah makanan yang sehat untuk cemilan sehari-hari seperti buah dan sayuran yang kaya serat. Selain itu, ada banyak cemilan sehat dan alami yang mudah dibawa saat kamu bepergian, seperti yoghurt, buah potong, kacang-kacangan, dan telur rebus.
 


Foto: https://pinterest.com

Untuk mengetahui kategori obesitas, kamu dapat melakukan perhitungan dengan berdasarkan perhitungan Indeks Massa Tubuh. Cara menghitungnya dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat.

Jika nilainya dibawah 18,5 berarti berat badanmu kurang. 18,5 - 22,9= Berat Badan Normal, lebih dari 23= Berat Badan Berlebih, 23-27, 49= Pre Obesitas, dan lebih dari 27,5= Obesitas untuk klasifikasi orang Asia.
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id