sign up SIGN UP

LIFE

Anak Milenial Perlu Tahu Penyebab & Pencegahan Kanker Serviks, Jangan Sampai Terlambat!

Dewi Hati | Minggu, 02 Dec 2018 16:44 WIB
Anak Milenial Perlu Tahu Penyebab & Pencegahan Kanker Serviks, Jangan Sampai Terlambat!
caption
Kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Salah satu kanker yang mengerikan dan bisa diidap oleh perempuan adalah kanker serviks. Kanker yang menyerang mulut rahim ini menjadi penyumbang angka kematian perempuan terbanyak di dunia. Apasih sebenarnya penyebab kanker serviks? Lalu apakah kanker ini bisa dicegah? Yuk cari tahu penyebab dan cara pencegahan kanker serviks selengkapnya.
Kanker serviks memang sebuah momok yang menakutkan untuk para perempuan. Bagaimana tidak, menurut data kanker serviks merupakan pembunuh nomer satu perempuan di Indonesia. Tetapi kanker serviks sendiri sebenarnya tak hadir begitu saja di dalam tubuh kita. Banyak faktor yang memicu terjadinya kanker serviks mulai dari pola makan hingga lingkungan sekitar.

Penyebab Kanker Serviks


Seperti yang sudah disinggung di atas, kanker serviks tak begitu saja bisa tumbuh di tubuh kita ladies. Meski semua perempuan bisa terkena kanker serviks, ada beberapa penyebab lain yang bisa menambah potensi munculnya kanker serviks di tubuh kita. Berikut adalah daftarnya:
Foto: https://familinia.com/
        
  • Pola hidup yang kurang sehat
Kurang mengonsumsi asupan serat dan vitamin yang cukup ternyata bisa menambah peluang terkena kanker serviks lho. Mulai sekarang jangan sepelekan makanan yang kamu makan ya, karena sangat berpengaruh ke tubuh kamu.
        
  • Merokok
Rokok memiliki zat yang memicu terjadinya kanker seperti kanker serviks. Kebiasaan merokok ini juga tidak baik lho untuk kesehatan tubuh kita.
        
  • Bergonta-ganti pasangan
Berhubungan intim dengan beberapa orang merupakan salah satu penyebab terbesar terjadinya kanker serviks. 
        
  • Hamil di usia dini
Larangan menikah di bawah usia 17 tahun bukan hanya sekedar formalitas saja lho. Larangan tersebut merupakan himbauan karena menurut penelitian yang ada, perempuan yang hamil di bawah usia 17 tahun rentan terserang kanker serviks.
        
  • Pil KB
Pemakaian pil KB yang tidak tepat juga ternyata mampu memicu terjadinya kanker serviks lho. Untuk kamu yang sedang program KB, pastikan semua obat dan alat KB aman dan terjamin.
        
  • Keturunan
Seorang perempuan yang keluarganya memiliki riwayat kanker ternyata beresiko tinggi terkena kanker juga lho. Baiknya mulai merawat diri dan rutin memeriksakan kesehatan agar terhindar dari kanker.

Pencegahan Kanker Serviks


Meski menjadi pembunuh nomer 1 perempuan di Indonesia, bukan berarti kanker serviks tak dapat dicegah lho. Banyak cara untuk mencegah atau mendeteksi dini kanker ini. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala untuk memastikan bahwa tubuh kita sehat dan terbebas dari sel kanker.
Foto: https://unsplash.com
Selain cek kesehatan, melaksanakan pola hidup sehat adalah kunci agar kita terhindar dari kanker serviks. Mulai sekarang jarang ragu untuk berolahraga, memakn makanan bergizi, serta menghindari hal-hal yang mampu meningkatkan risiko kanker seperti merokok. Jika sudah terkena, segera lakukan pengobatan kanker serviks!
Foto: https://unsplash.com
Jangan lupa selalu mencari info-info terkait kanker lainnya karena walaupun usia kita masih muda, kita berpeluang terkena kanker serviks. Sebagai milenial yang cerdas, jadikanlah pola hidup sehat sebagai landasan agar terhindar dari berbagai penyakit karena seperti kata pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id