sign up SIGN UP

LIFE

Baik untuk Diet Maupun Penyembuhan, Yuk Cicipi Korean Food (Bagian 2)

Ika Dyah | Rabu, 14 Dec 2016 01:00 WIB
Baik untuk Diet Maupun Penyembuhan, Yuk Cicipi Korean Food (Bagian 2)
caption
Tak salah jika Korean Food memiliki banyak peminat. Sebab, selain menambah stamina, beberapa makanan berikut juga dapat menyembuhkan berbagai masalah pada tubuh manusia. Termasuk, baik untuk diet!

1. Samgyetang


 Samgyetang adalah makanan yang terbuat dari kaldu dengan ayam utuh yang diisi dengan beras ketan, ginseng, jujube (kurma Korea), kacang ginkgo dan bawang putih. Samgyetang dikonsumsi masyarakat Korea untuk meningkatkan energi atau memulihkan energi dan stamina.

Samgyetang sendiri justru dianjurkan dikonsumsi saat musim panas. Ada pepatah di Korea yang percaya bahwa untuk melawan panas kamu harus melawannya dengan panas juga. Jadi, ketika musim panas tiba kamu akan berkeringat banyak dan berakhir pada terkurasnya energi dari dalam tubuh. Jika kamu mengkonsumsi samgyetang, maka kamu seperti mengisi ulang energi panas di dalam tubuh yang hilang.


Foto: https://www.koreanbapsang.com/2014/08/samgyetang.html

2. Steamed Asian Pears and Honey


Steamed Asian Pears and Honey adalah Asian pear yang dikukus selama kurang lebih 15 menit dan ditambahkan madu. Kamu bisa memakannya dengan menyendoknya. Makanan ini dapat membantu menyembuhkan gejala batuk dan sakit tenggorokan. Agar lebih cepat pulih, konsumsi Steamed Asian Pears and Honey ini 2 sampai 3 kali sehari.


Foto: https://cookpad.com/us/recipes/341854-asian-pear-and-honey-for-cough-remedy

3. Maesil Cha


Jika kamu mengalami gangguan pencernaan, maka salah satu Korean food yang bisa kamu manfaatkan adalah Maesil cha yang berbahan dasar teh plum. Maesil cha dibuat melalui proses pengasinan plum dengan madu atau gula, kemudian diencerkan dengan air dingin. Maesil cha biasanya disajikan dingin selama musim panas dan sering disajikan setelah makan berat. Hebatnya, Maesil cha dapat mengatasi masalah sakit perut atau gangguan pencernaan. 



Foto: https://mykoreankitchen.com/korean-plum-tea-maesil-cha/

4. Ogokbap


Ogokbap adalah nasi yang dikukus dan mengandung 5 jenis biji-bijian yang sehat dan bergizi. Dahulu, ketika musim dingin, masyarakat Korea tidak banyak makan makanan yang bergizi karena tidak ada banyak makanan yang tersedia.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya mereka mempersiapkan biji-bijian kering sebelum musim dingin untuk meningkatkan gizi makanan yang mereka konsumsi. Selain bergizi tinggi, Ogokbap yang rendah kalori ini juga dimanfaatkan sebagai menu diet. Ogokbap juga bermanfaat untuk penderita diabetes serta mengurangi tekanan darah tinggi.


Foto: https://www.sempio.com/eng/recipencooking/recipe/view.asp?IDX=284

5. Juk


Juk atau bubur beras sangat populer di Korea. Jika kamu sudah bosan dengan makanan berat, bubur ini bisa menjadi pilihan. Juk biasanya juga diberikan untuk orang yang sedang sakit.

Rasa dari bubur ini bisa sangat hambar sehingga orang Korea sering menambahkan beberapa udang jeot (bumbu Korea) atau dimakan bersama dengan kimchi. Teksturnya yang lembut dan mudah dicerna membuat juk tidak hanya bisa dikonsumsi untuk orang yang sedang sakit, tetapi juga untuk bayi dan orang tua. Untuk menambahkan manfaatnya biasanya ditambahkan ginseng.


Foto: https://www.kimchiandme.com/rice-porridge-juk-죽/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id