sign up SIGN UP

LIFE

Benarkah Sakit Gigi Bisa Diatasi dengan Cengkeh?

Retno Wulandari | Kamis, 13 Feb 2020 11:00 WIB
Benarkah Sakit Gigi Bisa Diatasi dengan Cengkeh?
caption
Untuk meredakan sakit gigi, kebanyakan dari kita akan melakukan berbagai macam cara praktis, seperti memanfaatkan minyak cengkeh. Ya, rempah-rempah yang satu ini selain bermanfaat untuk bumbu dapur ternyata juga bisa untuk meredakan sakit gigi lho. Tapi, apakah minyak cengkeh aman digunakan untuk mengatasi sakit gigi? Simak artikel ini yuk!
Foto: Istimewa

Ladies, penyebab utama dari kerusakan gigi adalah sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Nah, sisa-sisa makanan ini jika dibiarkan akan menumpuk dan menimbulkan plak di gigi. Hal ini kemudian mengakibatkan kerusakan gigi yang biasanya ditandai dengan rasa sakit saat mengonsumsi makanan manis atau minuman panas dan dingin.
 


Kandungan Minyak Cengkeh


Foto: Istimewa

Untuk mengurangi rasa sakit, beberapa orang memanfaatkan salah satu rempah-rempah dapur, yakni cengkeh. Kandungan senyawa eugenol pada minyak cengkeh inilah yang memberi efek meringankan gejala sakit gigi. Senyawa eugenol memiliki sifat antiinflamasi yang berfungsi untuk meredakan peradangan pada gigi. Selain itu, diam-diam rempah dapur yang satu ini mengandung antibakteri, antijamur, dan antioksidan. Karena kandungan inilah yang membuat cengkeh bisa dimanfaatkan untuk meringankan gejala sakit gigi.

Tapi, dari segi medis membutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan manfaat dari cengkeh untuk mengatasi sakit gigi.  Meskipun begitu, kamu bisa memanfaatkan cengkeh sebagai penenangan sementara, Ladies. Ketika kamu mengalami sakit gigi, oleskanlah minyak cengkeh yang sudah dituangkan ke kapas atau cotton bud pada gusi atau gigi yang terasa sakit.

Meskipun cengkeh atau minyaknya masih tergolong aman untuk gigi, faktanya jika hal ini secara terus menerus kamu lakukan sebagai cara mengobati sakit gigi maka akan menimbulkan efek buruk, seperti gigi dan gusi menjadi rusak. Parahnya lagi, jika minyak cengkeh tidak sengaja tertelan akan menimbulkan efek samping, seperti iritasi sehingga menimbulkan rasa perih di hidung dan tenggorokan, sakit perut hingga menyebabkan diare, dan kesulitan bernapas.
 


Cara Lain untuk Mengatasi Sakit Gigi


Foto: Istimewa

Selain cengkeh, kamu masih bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi sakit gigi kamu, Ladies, seperti:

        
  • Berkumur menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam
  •     
  • Kompres gusi yang bengkak menggunakan es yang sudah dibalut menggunakan kain bersih
  •     
  • Minumlah obat penghilang rasa sakit
  •     
  • Oleskan obat antiseptik yang mengandung benzocaine pada gusi dan gigi. Untuk cara yang ini, sebaiknya jangan mengoleskan secara berlebihan, hindari juga memberikan obat antiseptik ini kepada anak-anak di bawah usia 2 tahun ya, Ladies.

Cara-cara di atas merupakan sebuah langkah awal, untuk penanganan selanjutnya kamu harus berkonsultasi dengan dokter gigi ya.


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id