sign up SIGN UP

LIFE

Berikut 5 Manfaat Berjemur saat Stay at Home

Priska Andini | Jumat, 10 Apr 2020 02:00 WIB
Berikut 5 Manfaat Berjemur saat Stay at Home
caption
Saat kita kecil dulu, orangtua kita biasanya menjemur kita di sinar matahari pagi, karena diketahui bahwa sinar matahari memiliki banyak manfaat. Namun, ternyata tidak hanya untuk bayi yang baru lahir saja, berjemur juga memiliki manfaat untuk orang dewasa, lho.

Sinar matahari pagi memang banyak dimanfaatkan oleh manusia, karena merupakan salah satu sumber daya yang memiliki banyak sekali kegunaan. Adanya sinar matahari dapat membantu aktivitas manusia, seperti sebagai salah satu sumber pembangkit listrik atau mengeringkan pakaian yang habis dicuci.


Foto: Istimewa

Namun, bukan hanya dapat membantu memudahkan aktivitas kita saja lho. Sinar matahari juga diketahui memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Maka tidak heran, banyak sekali orang yang suka berjemur. Ditambah, saat sedang masa karantina seperti ini, kegiatan berjemur mampu mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh kita. Berikut 5 manfaat berjemur saat stay at home, check it out!
 


1.    Menjaga Kesehatan Tulang


Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan saat berjemur adalah: menjaga kesehatan tulang. Mengapa demikian? Karena, sinar matahari pagi mengandung manfaat yang mampu merangsang produksi vitamin D, dan vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh dengan lebih baik.



Foto: Istimewa

Jika tubuh kita dapat menyerap kalsium dengan lebih baik, maka kalsium tersebut berguna untuk menjaga kesehatan tulangmu, sehingga tulangmu kuat dan tidak mudah keropos.
 


2.    Meningkatkan Imunitas


Tidak hanya mampu menjaga kesehatan tulang saja, ternyata vitamin D yang dihasilkan oleh sinar matahari juga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh kita lho! Ini terjadi karena vitamin D mampu mendukung kinerja sel yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh dari penyakit. Jika sistem kekebalan tubuh baik, maka kita akan lebih sehat dan tak rentan sakit.


Foto: Istimewa


 


3.    Membantu Metabolisme Tubuh


Berjemur ternyata membantu percepatan metabolisme tubuh. Paparan sinar matahari yang cukup dipercaya mampu menjaga nafsu makan kita serta membantu tubuh mempertahankan berat badan ideal. Apalagi jika kamu menambahkan aktivitas berjemur dengan olahraga ringan, seperti skipping atau streching dengan gerakan statis dan dinamis.


Foto: Istimewa


 


4.    Meningkatkan Fungsi Penglihatan pada Mata


Saat kita berjemur, terdapat pula vitamin D3 dari sinar matahari yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Vitamin D3 mampu memperlambat degenerasi makula yang merupakan penyebab utama kebutaan pada lansia. Tak hanya itu, vitamin D3 juga berperan dalam meningkatkan fungsi mata secara menyeluruh. Tapi, jangan sampai kamu melihat sinar matahari langsung tanpa menggunakan kacamata, ya!


Foto: Istimewa


 


5.    Membuat Bahagia


Tak hanya baik bagi tubuh, berjemur juga dapat menghilangkan stress, lho. Hal ini karena sinar matahari dapat meningkatkan kadar serotonin atau hormon ‘bahagia’ yang diproduksi oleh otak. Hormon ini dapat menstimulasi otak untuk mengirimkan sinyal ketenangan kepada tubuh, dan stress-mu pun dapat hilang secara berangsur-angsur. Jadi, bagus banget nih, kalau kamu lagi banyak pikiran, berjemur bisa jadi solusi penghilang suntukmu!


Foto: Istimewa

Nah, itulah 5 manfaat berjemur yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, waktu yang ideal untuk berjemur adalah di antara jam 8 sampai jam 10 pagi ya, Ladies, karena sinar matahari pada waktu-waktu tersebut paling bagus untuk tubuhmu. Jangan lupa mengenakan sunscreen dan berjemurlah dengan durasi 10 sampai 15 menit saja, okay?


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id